Jenis Pupuk Tanaman Hias

Pupuk Tanaman Hias – Bagi para pecinta tanaman hias, khususnya jenis tanaman yang berbunga, tentunya sangat ingin tanaman hiasnya memiliki banyak bunga yang tidak mudah rontok atau layu.

Sayangnya, hal tersebut masih menjadi sebuah mimpi indah bagi mereka yang belum tau bagaimana tips-tips merawat tanaman hias, sehingga seringkali tanaman hias yang ditanam tidak bisa menghasilkan banyak bunga.

Tanaman hias sendiri memiliki jenis-jenis yang berbeda.Mulai dari warna, bentuk bunga, hingga aromanya. Beberapa jenis tanaman bahkan tidak memiliki aroma semerbak seperti jenis bunga lainnya.

Hal inilah yang menentukan harga masing-masing bunga yang ditawarkan. Anda dapat menemui jenis bunga yang begitu terjangkau sampai jenis bunga yang memiliki harga fantastis.

Tanaman hias banyak memiliki penggemar, entah karena benar-benar menyukainya sebagai hobi atau sebagai pengisi waktu luang semata. Penggemar tanaman hias dapat ditemui mulai dari remaja hingga orang tua, hanya saja kebanyakan penggemar tanaman hias biasanya adalah seorang wanita.

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman hias dengan bunganya yang terus bermekaran dan juga tak mudah rontok.Anda wajib mengikuti ulasan berikut ini sampai selesai.

Tanaman Hias via Monitor
Tanaman Hias via Monitor

Kenali Syarat Pertumbuhan Tanaman Bunga

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam jenis hortikultura atau disebut juga sebagai kelompok florikutura. Jenis tanaman hias ini dapat dijumpai baik di daerah dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Hanya saja bunga akan dapat tumbuh lebih sempurna apabila ditempatkan pada habitat aslinya. Umumnya, jenis tanaman bunga yang biasanya tumbuh pada dataran tinggi tentu tidak akan semaksimal pertumbuhannya ketika ditempatkan di daerah rendah, begitupun sebaliknya.

Kondisi dari tanah yang bagus tentu ditandai dengan pH yang netral. Jenis tanah yang gembur tentu dapat dipastikan memiliki kandungan unsur hara yang pas agar dapat membantu pertumbuhan pada tanaman hias.

Media Tanam Tanaman Hias

Setelah mengetahui bagaimana syarat tanaman hias agar tumbuh dengan baik, langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara menentukan media penanaman pada tanaman hias.

Hal pertama yang harus ditentukan agar bunga Anda dapat berkembang dengan optimal adalah pemilihan media tanam yang cocok.Umumnya, jenis media penanaman tanaman hias yang banyak disukai oleh jenis tanaman hias berbunga adalah tanah yang gembur, memiliki poros, aeratif, dan juga tersedianya rainese yang baik.

Kandungan unsur hara yang terdapat di dalam tanah sejak proses awal penanaman nantinya akan berpengaruh terhadap prose vegetatif dan juga generatif. Kesimpulannya, apabila Anda menginginkan tanaman hias Anda sering berbunga, maka tentukanlah media tanaman yang baik dan pastikan kandungan unsur haranya selalu tercukupi.

Tips Memilih Pupuk Tanaman Hias

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih jenis pupuk tanaman hias, pastikan Anda memperhatikan komponen utama pada pupuk tersebut. Pada sebuah pupuk yang baik haruslah memiliki tiga komponen utama, yaitu Nitrogen, Phospor, dan Kalium.

Nitrogen merupakan salah satu jenis zat yang sangat penting dalam membantu proses pertumbuhan tanaman, khususnya pada bagian daun dan batang tanaman. Selain itu Phospor dan juga Kalium juga tak kalah pentingnya untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias Anda agar lebih maksimal tumbuh kembangnya.

Setelah Anda merasa sebuah pupuk memiliki kandungan N, P, dan K yang sesuai. Langkah selanjutnya adalah membedakan jenis dan kebutuhan pupuk yang akan Anda gunakan.

Penggunaan pupuk organik dan juga pupuk kimia akan menjadi sebuah perpaduan sempurna dalam membatu tumbuh kembang tanaman hias Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan penggunaan pupuk dengan tingkat pertumbuhan tanaman dan juga kondisi saat tanaman akan diberikan sebuah pupuk.

Jenis-Jenis Pupuk Terbaik Untuk Tanaman Hias

Berikut adalah beberapa jenis pupuk tanaman hias terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

1. Pure Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk yang begitu cocok digunakan untuk tanaman hias Anda.Beberapa jenis bunga yang dapat diaplikasikan menggunakan pupuk ini misalnya saja mawar atau anggrek.Pupuk ini merupakan pupuk yang sifatnya begitu mudah larut jika dicampur dengan air. Artinya, pupuk ini akan sangat mudah diserap oleh tanaman Anda.

Pure Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga merupakan jenis pupuk yang memiliki banyak kandungan unsur hara baik mikro maupun makro, sehingga pupuk ini tentu akan membuat tanaman Anda lebih terpenuhi nutrisinya.

Selain dapat digunakan untuk jenis tanaman hias, pupuk ini juga dapat Anda gunakan untuk tanaman sayur buah, seperti tomat, paprika, sayuran hijau, dan beberapa lainnya.

Baca juga: Pupuk AB Mix

2. Pupuk Growmore

Growmore 10 55 10
Growmore 10 55 10

Pupuk Growmore merupakan pupuk yang memiliki bentuk fisik padat. Kebanyakan para penggunanya terlebih dahulu melarutkannya kedalam air agar lebih mudah ketika akan disemprotkan atau disiramkan langsung di atas tanah.

Growmore memiliki kandungan Fosfat yang tinggi, sehingga dapat membantu pada masa awal pertumbuhan tanaman.selain itu pupuk growmore akan membuta tanaman Anda memiliki akar yang kuat sehingga pertumbuhan tanaman akan lebih stabil dan juga tidak akan mudah rusak atau mati.

Baca selengkapnya: Pupuk Growmore: Jenis, Manfaat dan Cara Aplikasi

3. Pupuk NPK Mutiara 16 16 16

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk NPK Mutiara

Jenis pupuk ini tentu sudah tidak asing lagi namanya di telinga Anda. Jenis pupuk NPK mutiara memiliki keunggulan yang begitu mudah larut dalam air.Hal tersebut tentunya dibarengi dengan kandungan unsur hara yang tinggi,sehingga mampu membantu pertumbuhan tanaman.

Salah satu jenis kandungan unsur hara yang terdapat dalam pupuk ini adalah kalium.Kalium begitu berperan besar dalam membantu tanaman agar memiliki akar yang kuat.Kalium juga berperan dalam melindungi tanaman dari adanya serangan hama atau penyakit yang dapat datang sewaktu-waktu.

Selain itu, pupuk NPK mutiara juga memiliki sebuah kandungan kombinasi antara nitrat dan nitrogen, serta amonium dan nitrogen. Kedua kandungan kombinasi tersebut terdapat dalam pupuk NPK mutiara yang dapat berperan sebagai pemercepat proses pertumbuhan, sehingga tanaman hias akan lebih sering berbunga.

Baca selengkapnya: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

4. Hyponex

Hyponex
Hyponex via Lazada

Hyponex merupakan salah satu jenis pupuk yang memiliki unsur-unsur seimbang, sehingga jenis pupuk ini akan  sangat cocok untuk semua fase pertumbuhan pada tanaman. Pupuk hyponex didukung dengan kandungan yang begitu lengkap mulai dari kandungan N,P, K hingga unsur mikro maupun makro dan vitamin.

Banyak dari kalangan pecinta tanaman hias, seperti jenis anggrek menggunakan pupuk hyponex agar tanaman anggrek memiliki bunga dan daun yang bagus. Jenis pupuk ini akan membuat tanaman memiliki pertambahan volume pada daun.

5. GDM Pupuk Organik Cair

GDM Pupuk Organik Cair
GDM Pupuk Organik Cair

Salah satu jenis pupuk yang dikhususkan untuk tanaman hias ini mempunyai berbagai manfaat bagi tanaman Anda, seperti membantu memberikan warna bunga yang indah dan cerah agar terlihat lebih mempesona.

Penggunaan pupuk ini akan membuat tanaman Anda memiliki perkembangan akar yang baik hingga mampu membuat tanah menjadi lebih subur.

Jenis pupuk ini umumnya banyak digunakan oleh para pecinta tanaman hias, seperti anggrek, mawar, lily, dan beberapa jenis lainnya.Bagi penggemar tanaman bonsai atau kaktus, tak perlu khawatir, pupuk ini juga dapat diaplikasikan pada tanaman tersebut.

6. Herbafarm Pupuk Cair Bio Organik

Pupuk Herbafarm
Pupuk Herbafarm

Pupuk tanaman hias berikutnya adalah pupuk herbafarm yang mengandung mikrobia (cair). Dengan melalui proses biological complex process (BCP).

Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman hias anda, mengandung unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman hias, ada juga asam humat, asam fulvat, dan hormon tanaman.

Yang lebih luar biasanya lagi adalah, pupuk ini memiliki kandungan mikroba biofertilizer yang sangat berperan untuk penyerapan hara oleh tanaman.

Baca selengkapnya: Herbafarm: Manfaat dan Panduan Cara Menggunakan

7. Pupuk PLP

Pupuk PLP
Pupuk PLP via Bukalapak

BUat kamu yang sibuk dan butuh pupuk tanaman hias instant maka pupuk PLP ini bisa menjadi pilihannya. Pupuk ini bisa langsung anda aplikasikan dengan cara menyenprotkannya ke tanaman hias anda.

Pupuk yang sangat baik untuk tanaman hias ini selain bermanfaat untuk memberikan nutrisi untuk tanaman juga akan membuat penampilan daun pada tanaman hias lebih mengilap.

Wow, keren sekali bukan. Jadi dapa dua manfaat sekaligus.

***

Nah, seperti itulah jenis-jenis pupuk terbaik untuk tanaman hias.Dengan melakukan pemupukan secara tepat pada tanaman hias, maka daun dan bunganya akan tumbuh dengan semakin baik dan cantik. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Baca juga: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *