Tips Perawatan & Makanan Burung Sikatan Londo Lebih Gacor

Makanan Burung Sikatan Londo – Burung Sikatan merupakan jenis burung yang memiliki ciri mengembangkan ekornya saat menghasilkan bunyi-bunyian, dan Sikatan Londo termasuk salah satu burung Sikatan yang lumayan banyak diincar dan dicari oleh para kicau mania.

Makanan Burung Sikatan Londo
Makanan Burung Sikatan Londo via jalaksuren.net

Daya tarik tentu tak hanya hadir dari tampilan fisik yang cantik ketika gacor namun juga suaranya yang indah dan juga merdu. Burung yang memiliki banyak pesona ini telah masuk dalam salah satu burung dengan status darurat konservari sehingga perlu pelestarian yang lebih.

Jadi, jika anda memeliharanya pastikan untuk memelihara dengan baik dan memberikan makanan burung Sikatan Londo yang tepat.

Burung Sikatan Londo juga dikenal dengan Nightingale oleh para pecinta burung internasional. Penamaan Nightingale tentu bukan sembarangan melainkan sebagai cerminan jika burung ini memang aktif ketika malam telah tiba. Mereka akan cenderung berkicau dengan volume yang cukup keras namun sangat merdu di dengar dan juga hadir dengan suara-suara yang bervariasi.

Mengingat burung ini akan lebih aktif saat malam  hingga menjelang fajar, burung Sikatan Londo tentulah memiliki perawatan yang lumayan berbeda dengan burung kicau kebanyakan yang aktif saat siang harinya. Pemilik harus paham akan hal ini dan menyesuaikan dengan kebiasaan burung tersebut sehingga suara yang dihasilkan lebih ngeplong.

Tips Perawatan Burung Sikatan Londo

Sebaiknya pemilik perlu mengeluarkan burung Sikatan Londo ini tiap pagi untuk diembunkan agar suaranya makin lantang. Setelah matahari terbit, pemandian bisa dilakukan dengan menyemprotkan spray untuk selanjutnya dijemur di bawah hangatnya matahari pagi.

Batasi durasi penjemuran agar tak terlalu lama dan sesuaikan dengan karakter si burung. Dan yang pasti jangan melakukan penjemuran jika terlihat matahari sudah terik karena malah akan berdampak buruk bagi burung.

Tempatkan juga burung ini di tempat yang sulit dijangkau predator seperti kucing dan berbagai hewan lain yang bisa mempengaruhi mental atau bisa memicu stress. Selain perlakuan dalam merawat, anda juga perlu memperhatikan asupan makanan burung Sikatan Londo.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini step by step perawatan burung sikatan londo yang bisa anda jadikan referensi untuk merawatnya:

  • Peratawan bisa anda mulai jam 6 pagi, yaitu dengan mengangin-anginkan, sehingga burung mendapatkan udara yang sejuk dan segar dipagi hari.
  • Mandikan burung sekitar jam 7 pagi, bisa dengan disemprot maupun masuk karamba, jika anda malas cukup menyediakan wadah minum yang agak besar biar burung bisa mandi sendiri.
  • Bersihkan sangkar dari kotoran dan sisa pakan.
  • Sebaiknya anda mengganti pakan dan minum.
  • Jemur burung sekitar 1-2 jam, karena burung Sikatan tidak begitu suka terik matahari.
  • Begitu bulu sudah kering selanjutnya burung diteduhkan.
  • Usahakan juga sob agar anda selalu menyediakan ulat kandang dan Voer agar burung selalu sehat meskipun burung sudah makan voer.
  • Sore hari, sekitar jam 3.30 mandikan kembali burung anda.
  • Begitu malam hari simpan burung, sebaiknya burung dikerodong.

Makanan Burung Sikatan Londo

Burung Sikatan Londo ini termasuk salah satu burung kicau yang menjadikan serangga sebagai asupan utamanya. Hal ini bisa dilihat dari bentuk paruhnya yang lancip dan meruncing khas untuk berburu serangga. Beberapa jenis serangga yang bisa anda berikan diantaranya jangkrik, ulat, dan juga kroto.

Untuk pemberian jangkrik, copot dulu sepasang kaki belakang tajam jangkrik agar aman untuk dikonsumsi burung ini. Jangkrik juga memiliki kadar protein dan lemak yang sangat membantu menjaga tubuh burung tetap sehat. Sementara itu, ulat dan kroto juga bisa diberikan pada burung ini layaknya jangkrik.

Jenis makanan burung Sikatan Londo ini juga memiliki kandungan protein yang baik bagi perkembangan kicauan dan juga meningkatkan intensitas kicauan burung ini.

Untuk pola pemberian makanannya, jangkrik bisa diberikan setiap hari guna menunjang kebutuhan harian di tiap pagi dan sore sebelum burung mulai aktifitas kicauannya pada malam hari. Sementara untuk ulat dan kroto, pemberian pakan ini bisa disajikan sebagai makanan pendamping yang memberikan energi ekstra dengan dosis dua kali seminggu saja.

Vitamin Tambahan

Karena burung Sikatan Londo ini termasuk burung yang hiperaktif, tentu untuk membuatnya kehabisan energi dan prima anda perlu memberikan vitamin burung sebagai suplemen tambahan. Vitamin ini biasanya diberikan dengan cara dicampur bersama minuman dari burung ini.

Pemberian vitamin yang dibarengi dengan asupan makanan burung Sikatan Londo yang tepat tentu akan menjadikan vitalitas burung ini berada dalam kondisi top.

****

Demikianlah ulasan mengenai tips perawatan dan jenis makanan burung sikatan londo yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Jenis & Harga Burung Sikatan Londo Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *