Tips Perawatan dan Makanan Burung Robin

Makanan Burung Robin – Bagi pecinta burung yang belum terlalu lama berkecimpung dalam dunia kicau, burung Robin mungkin terdengar agak sedikit asing di telinga. Tapi untuk para pecinta burung di tahun 1990’an, burung ini menjadi primadona karena di tahun-tahun tersebutlah kepopuleran burung Robin berada.

Meski tak setenar dulu, burung ini tetap layak jadi koleksi peliharaan karena memiliki bulu cantik dan suara yang lumayan merdu. Dari segi perawatan dan makanan burung Robin yang diperlukan, burung ini cukup mudah dan ramah pemula.

Burung yang memiliki asal dari Tiongkok ini bisa menyebar ke berbagai negara, salah satunya Indonesia melalui perdagangan. Banyak masyarakat Tionghoa yang menganggap jika burung satu ini bisa membawa hoki bagi pemiliknya.

Anggapan seperti itulah yang membuat banyak orang Tionghoa yang merantau turut membawa burungnya ikut serta atau mebelinya lagi di perantauan.

Burung yang mudah dipelihara ini memang memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru lumayan cepat dan baik, sehingga bisa dikembangbiakkan di Indonesia. tak ada perawatan khusus yang ribet selain rutin memandikannya dengan sprayer di pagi dan sore, serta melakukan penjemuran di bawah matahari saat pagi hari.

Latihan yang bertahap juga perlu dilakukan agar burung bisa ngoceh dengan lantang dan bervariasi. Meski dari segi karakter burung ini tak terlalu memiliki variasi yang banyak, namun lumayan merdu dan bisa jadi jagoan kicau anda.

Makanan Burung Robin via Burungperkicau
Makanan Burung Robin via Burungperkicau

Jenis Makanan Burung Robin

Sementara untuk pemenuhan dari segi nutrisi dan vitamin yang sehat dan seimbang, ada beberapa jenis makanan burung Robin yang perlu diberikan dengan kombinasi yang tepat. Untuk lebih jelasnya, simak pakannya berikut ini:

Buah-buahan Masak dan Segar

Burung Robin sendiri dikenal sebagai burung omnivora alias pemakan segala. Saat hidup di alam bebas, pakan yang biasa dikonsumsi burung ini adalah beragam jenis buah-buahan yang telah masak. Beberapa jenis buah yang cocok untuk dijadikan makanan burung Robin diantaranya buah pisang, apel, dan juga buah pepaya.

Jika anda mendapatkan buah dengan cara membeli dari kios ataupun pasar, sebaiknya lakukan dulu pembilasan pada kulit buah dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontaminasi berbagai zat kimia yang kemungkinan menempel pada kulit sehingga berakibat kurang baik bagi kesehatan ataupun perkembangan burung.

Pemberian buah-buahan yang kaya nutrisi, vitamin, dan seratnya ini ditujukan agar kesehatan burung tetap dalam keadaan prima, terhindar dari gangguan pencernaan, dan juga membuat bulu-bulu cantik pada burung bertubuh mungil ini tetap terjaga.

Serangga

Selain vitamin, tentu burung Robin juga membutuhkan asupan nutrisi lain seperti protein. Untuk memenuhinya, anda bisa memberikan pakan berbagai macam serangga kecil sebagai makanan pelengkap atau ekstra fooding. Beberapa jenis serangga yang jadi kegemaran burung Robin diantaranya jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto dan berbagai jenis serangga lain.

Pemberian pakan yang kaya asupan protein ini bisa diberikan secara kombinasi misal jangkrik plus ulat hongkong yang diberikan secara bersamaan pada pagi dan sore hari dengan perbandingan 4:5 atau tergantung kebutuhan pakannya. Hal yang perlu diingat untuk pemberian serangga berkaki kasar seperti jangkrik, orong-orong, dan belalang perlu dipotong dahulu kaki belakang kasarnya agar tak membuat tenggorokan burung terluka dan mudah ditelan.

Sekedar informasi saja, selain pemberian makanan burung Robing tersebut, penempatan sangkar burung Robin jangan sampai diletakkan dekat burung yang memiliki suara keras dengan karakter membentak, hal ini bisa membuat burung Robin anda jatuh mentalnya untuk bisa berkicau.

Karakter Burung Robin

Untuk bisa memelihara burung ini dengan baik, sebaiknya kamu memahami karakter burung ini. Perlu anda ketahui bahwa burung robin ini termasuk burung yang bisa bersosial dengan baik, anda bisa menyatukan burung dengan burung lain dalam satu sarang.

Kamu bisa menggunakan kandang aviary yang berisi campuran beberapa jenis burung lainnya seperti finch dan kenari.

Jika kita hendak memasterkan burung robin ini, burung robin muda belajar bernyanyi dengan suara burung sejenis. Jadi burung ini tidak bisa dimaster dengan suara burung yang berbeda jenis.

Meskipun burung robin hanya bisa dimasterkan dengan burung sejenis, namun burung ini dapat vokal berbeda yang digunakannya untuk mempertahankan wilayah, mencari pasangan, atau mengancam musuhnya.

Kicau burung robin ini juga menjadi salah satu cara untuk memikat burung robin betina. Pada waktu musim kawin tiba, burung robin akan bersifat lebih agresif sehingga bisa menyerang burung lain yang mendekati sarangnya.

Tips Perawatan Burung Robin

Sebagai burung pemakan buah, burung robin ini di alam liar biasanya hidup berdampingan pada malam hari dan akan berpisah pada siang hari dan sembunyi di semak belukar.

Untuk pakan tambahan (extra fooding) burung ini adalah serangga, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa memberikan buah di dalam sangkar burung robin secara bervariasi agar burung tidak bosan. Selain memberikan buah saja, anda juga bisa mengkombinasikan buah dan serangga sekaligus.

Selain pemberian pakan, sebaiknya anda juga bisa memberikan BirdVit agar burung memiliki daya tahan tubuh lebih kuat, apalagi pada masa pancaroba.

Cara Menjinakkan Robin

Jika anda baru saja membeli burung robin, maka anda perlu melakukan treatment khusus agar burung robin anda bisa jinak. Berikut ini beberapa tips menjinakkan burung robin yang mesti anda lakukan:

Memandikan Burung Robin Secara Rutin

Cara menjinakkan burung robin yang pertama adalah dengan cara memandikannya. Anda bisa memandikan burung robin dengan cara memasukkannya ke dalam karamba untuk waktu yang agak lama.

Jika burung ini tidak mau mandi sendiri, maka anda bisa menggunakan sprayer untuk membuat burung basah kuyup. Biasanya saat burung ini dimandikan dengan semprotan akan terbang sana-sini, hal ini lumrah dan hal yang wajar.

Jika burung robin masih giras maka terus aja semprotkan sampai basah kuyup agar tidak kelabakan lagi. Selanjutnya, biarkan saja burung tersebut di karamba, sampai bulunya kering.

Silahkan mandikan burung pada pagi dan sore hari, terutama untuk anda yang memiliki waktu luang.

Aktivitas memandikan burung robin sampai basah kuyup ini bertujuan agar burung cepat lapar sehingga selanjutnya anda bisa memberikan pakan sehingga burung akan bergantung kepada kita.

Nah, kita akan sangat berjasa bagi burung robin karena kita sudah berjasa memberikan mereka makan.

Menggantung Sangkar Robin di Tempat Ramai

Selain memandikan, menggantungkan burung robin di tempat yang ramai juga bisa menjadi treatment untuk menjinakkan burung ini. Usahakan untuk menempatkan pada area yang banyak orang berlalu lalang.

Penggunaan Ukuran Sangkar Robin

Tips menjinakkan burung robin selanjutnya adalah dengan memberikan sangkar burung yang kecil pada tahap awal. Karena jika sangkar besar akan membuat burung selalu aktif sehingga sulit untuk dijinakkan.

Tangkringan / Tenggeran Burung Robin

Oh ya sobat breeder, tangkringan burung robin juga mesti anda perhatikan lo, jangan memberikan tangkringan lebih dari 1 pada tahap awal, karena jika terlalu banyak tangkringan justru akan membuat burung semakin lincah geraknya.

Waktu Penjemuran Robin yang Ideal

Burung robin sebaiknya juga anda jemur secara rutin, tapi tidak boleh terlalu lama ya. Anda cukup menjemur burung robin ini 30 menit atau 1 jam saja, terutama setelah mandi.

Perhatikan Karakter Robin dengan Baik

Sama seperti manusia, burung robin juga butuh kasih sayang dan kelembutan dari breeder. Usahakan untuk mengembun-embunkan sambil diangin-anginkan pada pagi hari.

Dengan treatment terakhir ini mudah-mudahan bisa memancing burung robin untuk berbunyi dan mudah jinak. Karena di hutan burung biasanya burung akan aktif gacor dan berbunyi pada saat subuh sampai menjelang matahari terbit.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung robin dan tipe perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Robin Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *