TIps Perawatan & Makanan Burung Blackthroat Agar Jago Gacor

Makanan Burung Blackthroat – Selain banyak dikenal oleh para kalangan pecinta burung sebagai burung dengan suara gacoran merdu, Blacktrhoat juga memiliki mental yang tangguh sebagai burung kompetisi. Bahkan, untuk sekelas burung jenis ini yang sudah terlatih dengan baik, mereka akan gacor seharian penuh tanpa kenal lelah.

Untuk mendapat burung Blackthroat dengan performa kicau seperti itu haruslah diimbangi dengan pola perawatan dan juga makanan burung Blackthroat yang tepat.

Makanan Burung Blackthroat via Pecintahewan
Makanan Burung Blackthroat via Pecintahewan

Perawatan & Makanan Burung Blackthroat

Jika kurang tepat, bukan tak mungkin burung endemik Afrika ini malah menjadi burung yang malas dan enggan berkicau.

Tips Perawatan Burung Blackthroat

Dalam hal perawatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sangkar

Pertama, ukuran sangkar atau kandang yang anda gunakan untuk Blackthroat haruslah sesuai yakni dengan ukuran kurang lebih 30 x 30, dimana kerapatan ruji samping diatur sekitar 5 mm. Sangkar dengan ukuran yang cukup luas ini akan memungkinkan Blackthroat bisa leluasa dalam hal pergerakannya.

Tangkringan

Selain itu, ketersediaan tangkringan juga hal yang wajib ada di dalam sangkarnya. Untuk pemilihan kayunya, anda bisa menggunakan batang pohon asem dengan ukuran diameter sekitar 1 cm.

Kayu asem sengaja dipilih karena memiliki tekstur serat kulit yang kasar tapi tetap lembut dan lumayan rata untuk dicengkram. Pasang tangkringan dengan model trap sejajar agar membuat burung lebih tenang dan nyaman sehingga bisa memaksimalkan gacorannya pada saat bertengger.

Kebersihan Burung

Setelah sangkar terpenuhi dengan baik, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan pada kebersihan tubuh burung. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara memandikannya menggunakan semprotan atau bisa juga menggunakan wadah yang berisi air dan di taruh di kandang.

Menjemur Burung

Setelah burung dimandikan, hal selanjutnya memastikan burung ini untuk dijemur agar tubuhnya hangat dan bulunya kering. Penjemuran ini baik dilakukan selama 1 hingga 2 jam saja pada jam-jam di pagi hari, sekitar jam 07.00 hingga 10.00.

Hindari menjemur burung jika telah lewat jam 10 di siang harinya karena terlalu panas. Penjemuran di pagi hari ini ditujukan untuk meberikan suplai vitamin D yang cukup pada burung dan juga membersihkan kutu-kutu yang mungkin ada pada bulunya.

Makanan Burung Blackthroat dan Minumannya

Pada umumnya, para penghobi burung Blackthoart ini mengkategorikan makanan burung ini pada saat masih anakan dan sudah dewasa. Saat usia anakan atau saat burung masih dalam tahap pertumbuhan, asupan gizi dan vitamin yang diberikan haruslah seimbang dan maksimal agar menghasilakan kualitas burung yang bermutu.

Untuk kombinasi makanan burung Blackthroat anakan, anda bisa meberikan campuran berupa jewawut (80%), canary seed (10%), milet putih (5%), dan niger seed (5%). Campur semua dalam wadah dan sajikan. Racikan pakan ini berfungsi untuk meningkatkan performa burung, membantu kelancaran proses burung saat mabung, dan membuat kesehatan pencernaannya terjaga.

Sebagai selingan pakan, anda bisa memberikan telur puyuh ½ butir tiap pemberian pakan. Beberapa pakan tambahan juga bagus diberikan berupa sayuran sawi, timun, selada air, oyong, serta gambas.

Sedangkan untuk makanan burung Blackthroat yang sudah berusia dewasa perlu dilakukan penyesuaian kembali. Pada umumnya, pemberian pakan tak jauh berbeda, hanya saja pemberian pakan tambahan berupa telur puyuh dikurangi porsinya sekitar 2 atau 3 hari sekali.

Untuk pakan tambahan seperti sayuran, pakan ini tetap bagus diberikan tiap harinya untuk menghindari kegemukan yang bisa berakibat pada penurunan performa dan burung cenderung malas untuk berkicau.

Ciri Gangguan Kesehatan Burung Blackthroat

 

Beberapa gangguan kesehatan yang biasa dialami blackthroat dan membuat burung ini tidak fit antara lain:

  • Burung cenderung diam dan tidak lincah.
  • Kurang gacor atau jarang bunyi panjang.
  • Badang mengkorok dan nyekukruk.
  • Ada bulu halus yang mencuat keluar, namun bukan karena mabung.
  • Lubang hidung (nostril) berlendir, sehingga burung menjadi serak.
  • Mata bengkak, sehingga seperti sedang mengantuk.
  • Perubahan warna feces (kotoran) yang seperti mencret.
  • Stres akibat faktor eksternal, perjalanan jauh, nyaris diterkam predator, kaget dengan mendengar suara ledakan/mercon.
  • Salah satu anggota tubuhnya sulit digerakkan.

Jika hal tersebut terjadi pada blackthroat Anda, sebaiknya segera ditangani secara tepat dan intensif. Cocokan gejala dengan peta penyakit yang sudah disusun Om Kicau. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya gunakan BirdVit dan BirdMineral secara rutin dalam perawatan harian. Bukankah mencegah tetap lebih baik daripada mengobati?

Artikel terkait: Harga burung Blackthroat Terbaru Berbagai Jenis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *