Usaha Ternak Ayam Potong Skala Kecil

Ternak Ayam Potong – Ayam potong merupakan salah satu komoditas pangan yang tinggi peminatnya. Selain karena mudah didapat, ayam potong harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan ayam kampung atau daging sapi yang harganya kita naik.

Ayam potong menjadi salah satu pilihan konsumen saat ini. Permintaannya pun terus meningkat. Sehingga terkadang stok di pasar menjadi kendala. Usaha ternak ayam potong bisa menjadi salah satu peluang usaha menjanjikan yang bisa anda jalankan.

Ternak ayam potong untuk skala menengah memang membutuhkan modal yang cukup besar. Salah satu modal besarnya adalah penyedian tempat dan pangan serta perawatan. Lokasi ternak ayam potong tidak bisa di perumahan atau berdekatan denga keramaian karena pastinya ayam akan stress, mati dan warga juga akan terganggun dengan bau serta lalau yang berterbangan.

Ternak Ayak Potong

Ternak Ayak Potong

Panduan Ternak Ayam Potong untuk Pemula

Kali ini SentraBudidaya akan berbagi tips ternak ayam potong khusus untuk pemula, silahkan simak step by step berikut ini:

  • Tips yang pertama adalah tempat untuk ternak. Buatlah kandayng yang ideal bisa menyeuaikan pencahayaan matahari masuk dan kebutuhan angin ayam potong. Serta juga harus juga dijaga suhu runagan ayam agar selalu tetap hangat, suhu berperan penting agar ayam potong dapat bertahan hidup.
  • Jangan sampai terlewatkan sumberdaya listrik dan sumber airnya.
  • Setelah kira-kria kandang ready, pasang peralatan untuk menyambut DOC ayam potong, yang utama seperti penghangat, sekat dan litter. Siapkan juga peralatan makan dan minumnya.
  • Dalam waktu 14 hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena masa ini sangat penting untuk kesuksesan usaha anda. Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini, jika anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas.
  • Usahakan untuk vaksinasi ayam potong tepat pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21.
  • Setelah melewati masa 14 hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, hal ini terus dilakukan hingga masa panen tiba.
  • Pemberian antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen. Khusus vitamin dapat diberi hingga masa panen.

Analisa Usaha Ternak Ayam Potong

Berikut ini analisa sederhana ternak ayam potong dalam skala kecil yang bisa anda jadikan sebagai referensi sebelum memulaui usaha ternak ayam potong sendiri:

Analisa Usaha Ternak Ayam Potong

Analisa Usaha Ternak Ayam Potong

Bagaimana? Anda tertarik untuk memulai usaha ternak ayam potong sendiri? Memang, analisa di atas merupakan analisa untuk usaha kecil yang tidak membutuhkan banyak modal, jika anda memiliki cukup modal dan pengalaman tidak ada salahnya untuk memelihara ayam potong dalam jumlah yang lebih besar lagi.
Kedepannya, usaha ayam potong akan semakin berkembang, karena angka permintaanya semakin meningkat, apalagi ditengah tingginya harga daging sapi seperti sekarang ini. Baca juga Ternak Lele Kolam Terpal untuk Pemula
Usaha Ternak Ayam Potong Skala Kecil | Nanda | 4.5