Sifat Pupuk NPK Phonska, Manfaat dan Keunggulan

Pupuk NPK Phonska merupakan salah satu jenis pupuk NPK majemuk yang diproduksi oleh PT. Petrokimia Gresik. Pupuk ini memiliki kandungan hara yang bermanfaat bagi tanaman dengan harga yang relatif murah dan terjangkau petani, karena merupakan pupuk yang pemasarannya disubsidi oleh pemerintah. Oleh karena itu, pupuk NPK Phonska tentunya banyak diminati oleh para petani.

Adapun kandungan pupuk NPK Phonska sendiri ialah berbagai unsur makro seperti Nitrogen (N), Phospor (P), Kalium (K), dan Sulfur (S).

Pupuk Phonska dianggap sangat membantu petani karena kandungan yang cukup lengkap dan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, pupuk ini tentu dapat meningkatkan produktivitas tanaman budidaya Anda.

Pada umumnya, para petani mengaplikasikan jenis pupuk ini untuk tanaman padi, dan terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil panen yang mereka dapatkan. Dengan menggunakan pupuk NPK Phonska, tanaman padi akan memberikan hasil bulir yang lebih berisi.

Biasanya, pupuk Phonska dikemas dengan menggunakan karung dengan berat bersih 20 kg dan 50 kg. Perlu Anda ketahui, karena pupuk Phonska merupakan pupuk subsidi pemerintah maka pemasarannya juga tidak tersedia bebas di pasaran.

Akan tetapi, dipasarkan secara tertutup dan hanya para petani yang sudah terdaftar dalam kelompok tani yang bisa mendapatkannya. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat dari pupuk NPK Phonska? Berikut ini adalah ulasannya.

Pupuk NPK Phonska via Tokopedia
Pupuk NPK Phonska via Tokopedia

Kandungan dan Sifat Pupuk NPK Phonska

Seperti ulasan di atas, bahwa pupuk NPK Phonska memiliki beberapa kandungan unsur makro, adapun persentase masing-masing unsurnya ialah:

  • Kandungan Nitrogen (N) sebanyak 15%
  • Kandungan Phospat (P) sebanyak 15%
  • Kandungan Kalium (K) sebanyak 15%
  • Kandungan Sulfur (S) sebanyak 10%
  • Zinc (Zn) sebanyak 0,1%
  • Dan kadar air yang terkandung dengan kadar maksimal 2%.

Adapun sifat-sifat dari pupuk NPK Phonska ialah sebagai berikut:

  1. Pupuk NPK Phonska merupakan pupuk yang berwarna pink atau merah muda dan berbentuk granul atau butiran.
  2. Jenis pupuk dengan kandungan yang merata pada tiap butirnya dan mudah diserap oleh tanaman, sehingga dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan baik.
  3. Pupuk berbentuk granul yang mudah larut dengan air atau memiliki sifat higroskopis.
  4. Pupuk NPK Phonska merupakan jenis pupuk anorganik atau kimia yang sesuai untuk diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman.
  5. Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara yang lengkap dan sangat dibutuhkan oleh tanaman, yaitu N, P, K, S, dan Zn. 

Simak juga: Pupuk NPK 16 16 16

Manfaat Pupuk NPK Phonska bagi Tanaman

Pupuk Phonska mengandung nutrisi majemuk, yaitu terdiri dari berbagai unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Adapun berbagai unsur tersebut tentu memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Oleh sebab itu, dengan mengaplikasikan pupuk Phonska pada tanaman, maka akan diperoleh berbagai manfaat yang mendukung proses tumbuh kembang tanaman. Adapun manfaatnya antara lain:

  1. Membantu memperkuat batang tanaman, sehingga batang tanaman akan tumbuh tegak dan tanaman tidak akan mudah roboh atau tumbang.
  2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman baik pada saat fase vegetatif ataupun fase generatif.
  3. Menunjang tanaman agar dapat memperlancar proses pembuatan gula dan pati.
  4. Kandungan unsur haranya juga dapat membantu tanaman terlihat lebih sehat dan hijau.
  5. Daya tahan tanaman semakin meningkat, terutama saat musim kemarau atau terhadap kekeringan.
  6. Daya tahan tanaman terhadap berbagai hama dan serangan penyakit meningkat.
  7. Merangsang tanaman dalam membentuk akar tanaman dan sistem perakaran yang baik.
  8. Membantu perkembangan pada fase generatif, terutama pada proses pembentukan bunga dan buah.
  9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen, seperti memperbesar ukuran biji, buah, dan umbi.
  10. Meningkatkan ketahanan hasil panen pada saat proses pengangkutan dan penyimpanan.
  11. Meningkatkan kandungan protein yang terdapat pada tanaman dan hasil panen.

Nah, itulah beragam manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengaplikasikan pupuk NPK Phonska pada tanaman budidaya.

Baca juga: Pupuk NPK Grower

Keunggulan Produk Pupuk NPK Phonska

Di bawah ini adalah berbagai keunggulan dari produk Pupuk NPK Phonska, yaitu:

1. Memudahkan proses pemupukan

Menggunakan pupuk majemuk jenis ini, tentu membantu proses pemupukan menjadi lebih sederhana. Hal ini karena dalam satu pupuk Phonska sudah terdapat beragam unsur yang dibutuhkan oleh tanaman.

Berbeda dengan menggunakan pupuk tunggal yang mengharuskan Anda untuk dapat membedakan kandungan dan manfaatnya bagi bagian tanaman. Apakah untuk akar, daun, biji, atau batang. Tentu akan lebih rumit bukan?

Selain itu, jika menggunakan pupuk tunggal, maka dapat mendorong terjadinya overdosis dalam pengaplikasiannya.

Hal ini tentu tidak baik untuk tanaman karena pemupukan yang berlebih dapat merusak unsur hara alami yang terdapat dalam tanah dan merusak lahan dalam penggunaan jangka panjang.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan pupuk majemuk NPK Phonska agar lebih efektif dan unsure yang diberikan pada tanaman seimbang.

2. Meningkatkan taraf hidup petani

Dengan menggunakan pupuk Phonska maka tanaman Anda akan tumbuh dengan lebih kuat baik pada batang, akar, dan daun. Selain itu, kualitas hasil juga ikut meningkat. Dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil panen, maka taraf hidup petani pun ikut meningkat.

3. Meningkatnya daya simpan hasil panen

Dengan menggunakan pupuk ini, Anda tidak perlu khawatir hasil panen Anda mengalami kerusakan buah atau daun saat proses pengangkutan hasil panen berlangsung. Karena, kekuatan hasil panen cukup teruji dengan pengaplikasian pupuk jenis ini.

Selain itu, dengan daya tahan hasil panen yang lebih lama akan memungkinkan proses pengeksporan hasil panen dapat dilakukan. Dengan demikian, berbagai produk pertanian Indonesia pun dapat lebih dikenal secara internasional.

4. Meningkatkan kualitas pangan

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa salah satu manfaat penggunaan pupuk Phonska ialah dapat membantu meningkatkan proses pembentukan gula dan pati. Dengan meningkatnya kadar gula dan pati, maka hal tersebut dapat bermanfaat sebagai tambahan gizi bagi masyarakat Indonesia.

5. Meminimalisir kerusakan tanah

Kandungan hara yang terdapat dalam pupuk ini cukup merata dan seimbang atau tidak berlebihan. Oleh karena itu, pengapliksiannya pada tanaman dapat meminimalisir kerusakan tanah meskipun tidak dapat dihindari karena pupuk Phonska tetaplah pupuk kimia. Namun, jika penggunaan dilakukan secara tidak berlebihan kerusakan dapat dikurangi dan tanaman Anda pun akan memperoleh manfaatnya.

6. Menghemat biaya petani

Dengan menggunakan pupuk majemuk, Anda tidak perlu menggunakan pupuk khusus untuk setiap bagian tanaman atau untuk pemenuhan unsur hara tertentu pada tanaman.

Oleh karena itu, Anda dapat menghemat pengeluaran dengan hanya menggunakan pupuk NPK Phonska. Selain itu, harga pupuk NPK Phonska di pasaran juga cukup terjangkau oleh para petani karena merupakan pupuk subsidi pemerintah.

***

Nah, itulah ulasan mengenai kandungan, manfaat, dan keunggulan dari pupuk NPK Phonska. Karena termasuk jenis pupuk kimia, maka pastikan Anda tidak mengaplikasikannya secara berlebihan.

Mengapa? Tentu saja karena dapat membahayakan kondisi tanaman. Selain itu, penggunaan secara berlebihan dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat merusak kandungan unsur hara yang terdapat dalam tanah.

Oleh karena itu, Anda dapat mengimbangi penggunaan pupuk Phonska dengan menggunakan pupuk organik atau alami. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi tanaman dapat terpenuhi dan kesehatan lahan pun dapat terjaga.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Pupuk NPK Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *