Rahasia Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman Buah

Ajinomoto untuk Tanaman Buah – Vetsin atau Monosodium Glutamat merupakan salah satu jenis bahan penyedap bagi masakan. Vetsin ini telah ada sejak tahun 1908.

Terbuat dari asam glutamate yang juga penyusun protein, vetsin ini memiliki bentuk fisik seperti sebuah kristal putih yang masuk ke dalam jenis sodium atau garam natrium. Monosodium diperoleh dari adanya proses fermentasi tetesan tebu.

Banyak yang menganggap apabila monosodium ini berbahaya.namun tanpa disadari di dalam setiap jenis makanan terdapat glutamat. Bahkan, secara ilmiah glutamat ini dapat Anda temukan seperti Jamur, tomat, keju, kol, daging, ikan laut dan bahkan pada asi.

Hal ini tentu memberikan fakta yang cukup mengejutkan bagi sebagian orang yang menganggap monosodium ini berbahaya. Namun bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi monosodium sesuka hati.

Salah satu merek dagang dari monosodium glutamat ialah Ajinomoto. Ajinomoto telah ada sejak tahun 1909. Mampu membantu masakan agar lebih sedap, lezat dan juga gurih, Ajinomoto ini juga memiliki khasiat lain bagi dunia pertanian.

Nah Anda penasaran bukan apa si sebetulnya kandungan dari Ajinomoto ini hingga dapat digunakan sebagai zat penyubur oleh para petani. Berikut ulasan lengkap mengenai Ajinomoto untuk Anda.

Ajinomoto untuk Tanaman Buah via Youtube
Ajinomoto untuk Tanaman Buah via Youtube

Kandungan Ajinomoto

Dalam setiap kemasannya, Ajinomoto memiliki kandungan yang terbilang cukup baik bagi tanaman. Ajinomoto memiliki kandungan berikut ini:

  • Natrium sebanyak 12%
  • Glutamate sebanyak 78%
  • Air sebanyak 10%

Manfaat Penggunaan Ajinomoto

Kira-kira apa saja manfaat ajinomoto untuk tanaman? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menyuburkan Tanaman

Penggunaan Ajinomotobagi tanaman mampu menambah kesuburan tanaman.hal tersebut disebabkan Ajinomoto ini memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Ajinomoto akan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi kesuburan tanah dan tanaman apabila Anda mengapliaksikan Ajinomoto secara teratur.

2. Membantu Pertumbuhan Tanaman

Penggunaan Ajinomoto bagi tanaman dipercaya mampu membantu proses pertumbuhan tanaman. tanaman nantinya akan tumbuh dengan sangat optimal. Tumbuhan akan lebih cepat terangsang untuk tumbuh, baik pada bagian akar, batang, dan juga daun.

3. Membantu Proses Pembentukan Nutrisi

Penggunaan Ajinomoto bagi tanaman mampu membantu proses pembentukan nutrisi seperti protein maupun lemak. Pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman tentu sangat penting.apabila tanaman kekurangan nutrisi tentu pertumbuhannya akan terhambat. Artinya Anda akan cukup kesulitan memanen hasil panen yang melimpah.

4. Mempercepat Pertumbuhan

Natrium dalam kandungan Ajinomoto mampu membantu tanaman agar lebih cepat tumbuh. Selain itu tumbuhan yang dihasilkan juga akan terlihat lebih hijau dan sehat.

5. Membantu Proses Pembungaan

Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman Buah
Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman Buah

Selain mampu mempercepat pertumbuhan tanaman, kandungan Ajinomoto juga diyakini mampu membantu tanaman agar lebih cepat berbunga.Anda tidak perlu khawatir jika penggunaan Ajinomoto akan mengubah warna bunga maupun ukurannya, meskipun proses pembungaan akan lebih cepat terjadi.

Banyak dari kalangan petani yang enggan menggunakan Ajinomoto dalam proses pemupukannya. Beberapa petani khawatir apabila menggunakan Ajinomoto sebagai pupuk nantinya akan mengubah rasa asli dari buah yang dihasilkan. Pendapat tersebut tentu keliru.

Penggunaan Ajinomoto sebagai pupuk justru akan membantu tanaman buah yang mungkin awalnya sangat masam menjadi manis.Hanya saja,Anda perlu mengurangi dosis penggunaan Ajinomoto ketika tanaman buah Anda mulai berbunga, dan menambahkan nutrisi pemacu tambahan dengan dosis yang cukup tinggi.

6. Meningkatkan Kadar Air Ketika Musim Panas

Manfaat ajinomoto untuk tanaman buah selanjutnya adalah dapat meningkatkan kadar air ketika sedang musim panas. Manfaat ini tentu sangat luar biasa, apalagi kalau kita termasuk orang yang cukup sibuk sehingga tanaman kita sering tidak disiram.

Cara Mengplikasikan Ajinomoto

Bagi Anda para petani buah yang berniat untuk menggunakan Ajinomoto sebagai pupuknya, Anda dapat memulainya dengan mengkocoratau menabur Ajinomoto pada sekitar area akar tanaman.

Penggunaan Ajinomoto untuk jenis tanaman buah tentunya akan berbeda kebutuhan, apabila dibandingkan jenis tumbuhan lain. Hal tersebut dikarenakan bentuk fisik tanaman buah yang besar sehingga berpengaruh terhadap kebutuhan energinya.Berikut contoh dosis pengaplikasianAjinomoto pada tanaman cabe.

  1. Siapkan Ajinomoto yang berukuran besar sebanyak 5 bungkus.
  2. Larutkan 5 bungkus Ajinomoto ke dalam air bersih sebanyak 10 liter.
  3. Aduk rata hingga benar-benar tercampur merata.
  4. Siramlah Ajinomoto yang telah dilarutkan pada tanaman cabe yang umurnya lebih dari 20 hst atau hari setelah tanam.
  5. Berikanlah 100 ml atau setara dengan setengah gelas larutan Ajinomoto untuk setiap tanaman cabe.
  6. Berikanlah larutan Ajinomoto dengan jarak 1 minggu sekali.

Bahaya Pupuk Kimia

Seperti yang telah kita ketahui Ajinomoto merupakan salah satu zat yang dimasukan ke dalam masakan dan masakan tersebut akanmasuk ke dalam tubuh manusia.

Artinya Ajinomoto juga tidak akan membahayakan bagi tanaman Anda. Penggunaan Ajinomoto justru akan membantu tanaman Anda terhindar dari bahaya jenis-jenis pupuk kimia yang tidak ramah lingkungan.

Nah apakah Anda sudah mengetahui apa saja bahaya penggunaan dari pupuk kimia? Berikut kami rangkum beberapa efek penggunaan berbahaya dari pupuk kimia bagi tanaman dan lahan pertanian.

1. Tanah Mengeras

Dampak buruk pertama yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk kimia ialah tanah pada lahan pertanian yang mengeras.Hal tersebut dikarenakan sisa residu yang tertinggal di dalam tanah.

Sisa residu tersebut apabila tersiram air akan membuat tanah menjadi sangat lengket seperti terkena lem, dan apabila telah kering akan membuat tanah menjadi sangat keras.

Tanah merupakan media penanaman tumbuhan yang amat penting. Apabila tanah mengeras dan kemudian kehilangan kesuburannya, lantas bagaimana tumbuhan dapat tumbuh subur dan menghasilkan hasil yang melimpah?

2. Membunuh Mikroorganisme Baik

Penggunaan pupuk kimia secara tidak langsung akan membunuh mikroorganisme baik yang berperan untuk membantu proses penguraian unsur hara dalam tanah.

Salah satu contohnya adalah terbunuhnya cacing tanah yang amat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.selain itu cacing tanah juga tidak dapat hidup pada jenis tanah yang mengandung banyak zat kimia.

3. Terganggunya Penyerapan Unsur Hara

Penggunaan pupuk kimia pada tanah akan memberikan efek yang cukup fatal, yakni terhambatnya penyerapan unsur hara yang terdapat di dalam tanah.

Kebutuhan unsur hara bagi tanaman tentu sangat penting.apabila tanaman kekurangan unsur hara, maka bukan tidak mungkin jika tanaman dapat mengalami kematian.

4. Menurunnya Kadar Oksigen Tanah

Meski telah menggunakan pupuk kimia sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan, namun penggunaan pupuk kimia secara terus menerus akan membuat kadar oksigen dalam tanah menurun. Hal tersebut dikarenakan tanah mengalami eutrofikasi karena penggunaan pupuk kimia secara berkelanjutan.

5. Menjadi Racun Untuk Tanaman

Pupuk kimia yang digunakan selama proses pemupukan dapat berubah menjadi racun yang mematikan untuk tanaman. Hal tersebut dapat terjadi apabila Anda menggunakan dosis pupuk kimia secara berlebihan. Selain itu penggunaan pupuk kimia juga akan mencemari sumber air yang ada di dekat lahan pertanian.

6. Lebih Boros

Pupuk kimia merupakan jenis pupuk yang dibuat oleh sebuah pabrik industri, maka tak heran apabila jenis pupuk kimia memiliki harga yang relatif tinggi.Penggunaan dari pupuk kimia yang Anda berikan, sebetulnya tidak selalu terserap dengan baik oleh tanaman.

Terlebih jika cara pengaplikasiannya salah. Selain beresiko, Anda juga akan lebih boros karena harus mengeluarkan uang untuk pupuk kimia yang tidak murah.

****

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Ajinomoto yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tanaman. Selain tanaman buah, Anda juga dapat mengaplikasikan Ajinomoto bagi tanaman sayur. Selamat mencoba!

Baca juga: Fungsi & Manfaat POC Fertifort untuk Tanaman

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *