Pupuk ZK: Kandungan, Manfaat dan Cara Membuat Pupuk Kalium Sendiri di Rumah

Pupuk ZK – Salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak bagi tanaman, atau sering disebut unsur makro adalah Kalium.

Unsur Kalium memiliki banyak peran penting pada tanaman, terutama pada saat tanaman berada di fase generatif atau masa pembungaan dan pembuahan. Hal ini karena Kalium dapat mempercepat proses pembungaan dan pembuahan pada tanaman.

Adapun berbagai manfaat lainnya dari Kalium, yaitu dapat memperkuat bagian tanaman, seperti bunga, buah, dan daun untuk mencegah kerontokan, meningkatkan kualitas dan bobot hasil panen, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap berbagai penyakit dan hama, dan memperpanjang daya simpan hasil panen.

Pupuk ZK Petro
Pupuk ZK Petro

Mengenal Pupuk ZK, Pupuk Bermanfaat untuk Tanaman

Lalu, bagaimana cara yang dapat Anda tempuh untuk memenuhi kebutuhan Kalium pada tanaman? Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan pupuk yang mengandung Kalium di dalamnya, seperti pupuk ZK.

Pupuk ZK atau yang merupakan kepanjangan dari Zwavelzure Kali yang memiliki arti belerang kalium, yaitu salah satu pupuk anorganik dengan kandungan Kalium di dalamnya yang cukup tinggi sebesar 50% K2O.

Pupuk ZK merupakan salah satu jenis pupuk yang diproduksi oleh pabrik pupuk ternama yaitu PT. Petrokimia Gresik. Pupuk ini terbuat dari bahan baku berupa kalium sulfat (K2SO4) dengan bentuk cair dan asam belerang (H2S) dalam bentuk padat.

Pupuk ZK sering disebut sebagai saudara dari pupuk KCL. Karena, jika kandungan K2O pada pupuk ZK sebesar 50% maka kandungan K2O yang ada dalam pupuk KCL mencapai 60%.

Kandungan Pupuk ZK

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam pupuk ini ialah sebesar:

  • 50% K2O
  • 17% Sulfur (S)
  • Klorida (Cl) maksimal sebanyak 2,5%, dan
  • kadar air sekitar 1%.

Pupuk ZK berbentuk serbuk atau butiran kecil dan berwarna putih serta biasanya dikemas dalam kantong dengan cap kerbau emas dengan berat bersih sebesar 50 kg.

Sifat Pupuk Zwavelzure Kali

Selain itu, pupuk ini memiliki kelarutan terhadap air sebesar 9,205 gram/100 ml air. Adapun beberapa sifat dari pupuk ini antara lain:

  1. Mudah diserap tanaman, dan mudah larut dalam air.
  2. Tidak bersifat higroskopis atau mudah menyerap air sehingga bisa tahan lebih lama.
  3. Merupakan sumber kandungan nutrisi Kalium dan Belerang atau Sulfur yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan tanaman.
  4. Aman untuk diaplikasikan ke semua jenis tanaman.
  5. Saat mengaplikasikan pupuk ini, Anda dapat mencampurkannya dengan jenis pupuk lain.
  6. Memiliki fungsi yang mampu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap berbagai serangan hama dan penyakit.

Pupuk ZK dapat Anda gunakan sebagai alternatif penggunaan pupuk Kalium selain pupuk KCL karena kandungannya dan manfaat yang hampir sama.

Simak juga:

Manfaat Pupuk ZK untuk Tanaman

Manfaat Pupuk ZK untuk Tanaman
Manfaat Pupuk ZK untuk Tanaman

Pada umumnya, pupuk ini memiliki banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan saat mengaplikasikannya. Karena pupuk ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tanaman, maka manfaatnya pun beragam pada tanaman tertentu seperti pada tanaman tembakau, kentang, melon, nanas, dan tanaman lainnya. Berikut ini merupakan berbagai manfaat pupuk ZK, antara lain:

  1. Pada tanaman semangka, nanas, melon, dan kentang: membantu meningkatkan pembentukan pati dan gula pada buah, meningkatkan kualitas aroma, warna, dan rasa lebih kesat pada buah, meminimalisir penyusutan buah, serta meningkatkan kandungan protein atau asam amino dan vitamin.
  2. Pada tanaman tembakau: memperlambat kecepatan pemasakan daun tembakau, memperbaiki daya bakar tembakau, meningkatkan kualitas aroma, rasa, dan warna pada daun tembakau, serta dapat meningkatkan indeks tanaman dan indeks mutu.
  3. Pada semua jenis tanaman: membantu tanaman tetap berdiri tegak dan kokoh, membantu meningkatkan proses penyerapan unsur hara, khususnya Fosfor dan Nitrogen, membantu melancarkan proses metabolisme makanan di dalam tanah, memperbaiki kualitas buah atau hasil panen, serta meningkatkan ketahanan tanaman terhadap berbagai jenis hama dan serangan penyakit.

Selain berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan pupuk ZK, sayangnya ada beberapa kekurangan yang wajib menjadi perhatian Anda.Diantaranya adalah harganya yang cukup mahal dan reaksinya yang asam.

Pada saat Anda mengaplikasikannya pada lahan yang bersifat asam, maka pH dari tanah tersebut akan semakin meningkat sehingga keasamannya pun meningkat.

Meskipun demikian, jika Anda menggunakannya dengan seimbang dan tepat, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang penting untuk tanaman.

Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikannya, pastikan Anda mengetahui jenis lahan Anda, serta gunakan dengan jumlah yang sesuai kebutuhan tanaman atau tidak berlebihan.Agar dampak yang Anda dapatkan berupa peningkatan kualitas pada hasil panen tanaman Anda.

Selain itu, Anda dapat mengaplikasikan pupuk ZK sebagai pupuk dasar atau pada saat awal melakukan pemupukan ataupun sebagai pupuk susulan dengan cara menebarkannya pada lahan pertanian.

Simak juga: Jenis & Manfaat Pupuk Jimmy Hantu

Keunggulan Pupuk ZK

Berikut ini keunggulan Pupuk ZK

Sumber Kalium dan Belerang

Sumber Unsur Kalium (K) dan Belerang (S) dengan kadar tinggi

Aman Digunakan

Aman digunakan untuk semua jenis tanaman

Larut

Larut dalam air dan mudah diserap tanaman

Dapat Dicampur

Dapat dicampur dengan pupuk lainnya

Tahan Air

Tidak mudah menyerap air

Bahan Alami yang Mengandung Kalium Selain Pupuk ZK

Kebutuhan kalium pada tanaman juga dapat Anda peroleh dari berbagi bahan alami yang tentunya melalui proses pengolahan hingga menjadi pupuk organik. Adapun bahan-bahan alami yang memiliki kandungan Kalium cukup tinggi ialah air kelapa, sabut kelapa, dan rebung.

Sebelum mengaplikasikannya, Anda harus melakukan proses fermentasi terlebih dahulu agar bahan berubah menjadi pupuk layak pakai. Berikut ini adalah cara membuatnya, yaitu:

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Anda perlu melakukan proses fermentasi pada pembuatan pupuk jenis ini. Pada umumnya, cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan pembuatan zat pengatur tumbuh atau ZPT dan pestisida nabati (PESNAB).

Untuk membantu proses fermentasi, Anda dapat menggunakan mikroorganisme lokal atau EM4. Tujuannya adalah agar proses penguraian atau ekstraksi dapat berjalan dengan lancar atau sempurna, dan dapat selesai lebih cepat serta mampu menetralisir bau yang ditimbulkan dari proses fermentasi.

Adapun bahan-bahan yang Anda butuhkan antara lain:

  • Sabut kelapa 20 kg
  • Air kelapa 1 sebanyak 1 liter
  • EM4 sebesar 40 liter
  • 40 liter air bersih
  • Dan gula pasir atau tetes tebu sebanyak 100 ml/100 gram.

Alat –alat:

  • Timbangan
  • Pisau
  • Drum bekas
  • Saringan

Cara Membuat Pupuk Kalium Organik Cair

  1. Siapkanlah sabut kelapa sebanyak 20 kg, kemudian potong menjadi kecil-kecil.
  2. Setelah itu, masukkan potongan sabut kelapa ke dalam drum bekas yang telah disediakan.
  3. Tuangkan air bersih sekitar 40 liter kedalam drum bekas.
  4. tuangkan bahan-bahan lainnya yang tersisa seperti gula, air kelapa, dan EM4.
  5. Biarkan proses fermentasi terjadi secara sempurna, kurang lebih selama 2-3 minggu.
  6. Anda dapat mengeceknya dengan melihat apakah air rendaman sabut kelapa sudah berubah warna menjadi kehitaman?
  7. Jika sudah, maka pupuk organik cair yang Anda buat sudah siap untuk diaplikasikan pada tanaman Anda.

Anda dapat mengaplikasikan pupuk tersebut dengan cara disemprotkan pada daun tanaman saat tanaman berada pada fase generatif. Takaran yang dapat Anda gunakan sekitar 1-2 liter/tangki. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya dengan cara mengocorkan pada lubang tanam atau lubang pupuk.

Adapun dosisnya sekitar 1 liter/timba berukuran 8 liter. Sebenarnya, belum ada dosis pasti dalam penggunaan pupuk ini karena sifatnya yang alami atau organik. Namun contoh tadi bisa dijadikan sebagai panduan Anda.

****

Nah, itu dia berbagai informasi mengenai keunggulan dan manfaat pupuk ZK, serta cara membuat pupuk Kalium organik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?Semoga hasil panen Anda semakin berkualitas dan meningkat setelah mengaplikasikan pupuk Kalium pada lahan pertanian Anda.

Baca juga: Pupuk SS AMMOPHOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *