Pupuk ZA: Kandungan, Manfaat dan Cara Penggunaan

Pupuk ZA – Berbicara mengenai pupuk tentu saja banyak sekali jenisnya. Entah itu pupuk organik maupun pupuk anorganik. Pemberian pupuk ini memang mampu membawa pengaruh bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Biasanya tanaman bisa tumbuh dengan subur jika kebutuhan akan unsur hara nya bisa terpenuhi. Dengan begitu tanaman hasil panen bisa menghasilkan panenan yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda. Banyaknya pilihan pupuk anorganik, kini anda bisa menjatuhkan pilihan pada pupuk ZA.

Pupuk ZA ini merupakan salah satu pupuk kimia buatan yang sengaja di rancang dengan tujuan memberikan suatu tambahan unsur hara nitrogen maupun belerang pada tanaman. Sebetulnya nama ZA ini merupakan singkatan dari istilah bahasa Belanda Zwavelzure ammoniak.

Persenyawaan dari campuran gas amoniak dan juga asam belerang yang berada saat produksi pupuk ini ternyata mampu menghasilkan sebuah kadar nitrogen pupuk sampai dengan 21%.

Artikel terkait: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair

Sedangkan wujud dari pupuk yang satu ini tentu saja berupa butiran kristal yang hampir mirip dengan garam dapur. Hanya saja dari segi rasa memang asin di lidah. Pupuk ZA ini juga mudah sekali dalam menyerap air meskipun tingkat penyerapannya tidak sekuat pupuk urea.

Hal ini pastinya di karenakan ion sulfat begitu mudah sekali terlarut ke dalam air. Sedangkan untuk ion amonium ini terkesan lebih lemah sebab pupuk tersebut mempunyai potensi mampu turunkan PH tanah yang telah terkena aplikasinya.

Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk ZA
Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk ZA

Kandungan Pada Pupuk ZA

Pupuk ini juga mempunyai kandungan belerang sekitar 24% dan juga nitrogen sebesar 21%. Ternyata kandungan dari nitrogennya ini hanya separuhnya dari urea. Meskipun begitu nyatanya pupuk yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti dari pupuk urea yang mampu memasuk unsur hara nitrogen bagi mereka petani yang menggunakan pupuk terebut. Pupuk ini juga di nilai begitu efektif sekali dalam peningkatan kadar gula.

Secara umum pupuk ZA ini bisa kita kenali dari segi bentuknya yakni berupa kristal yang kecil dengan warna yang beragam sekali. Mulai dari warna abu-abu, putih, kuning bahkan juga biru keabu-abuan. Pupuk ZA ini ternyata juga mampu menarik uap air yang berada dalam kelembaban ruang sekitar 80% dengan suhu kurang dari 30 derajat celcius.

Inilah mengapa anda perlu menyimpan pupuk tersebut di sebuah tempat yang terbilang kering bahkan bisa jauh dari jangkauan air. Pupuk ZA pun juga mempunyai sifat masam sehingga jika terlalu sering di berikan pada tanah, maka pupuk ZA ini bisa menyebabkan turunnya derajat keasaman yang ada pada tanah tersebut.

Reaksi kerja dari pupuk ZA ini terbilang agak lambat sekali. Hal ini dikarenakan akar dari tanaman tak mampu menyerap unsur hara yang ada pada pupuk ZA bersama dengan penyerapan airnya. Pupuk ZA pun juga begitu sulit tercuci oleh air sehingga dalam penggunaannya pun paling cocok jika di terapkan sebagai pupuk dasar yang bisa anda aplikasikan sebelum tanam.

Hanya saja yang perlu anda perhatikan pastinya bagaimana penggunaan pupuk ZA yang paling tepat. Biasanya pupuk ini tidak cocok jika anda pergunakan pada sebuah tanah muda yang baru saja di buka sekaligus tanah yang kandungan kalsiumnya tergolong masih kurang.

Manfaat Pupuk ZA Bagi Tanaman

Ketika kita sudah membahas berbagai hal mengenal pupuk ZA ini, maka sudah saatnya bagi anda untuk mengetahui manfaat dari pupuk tersebut bagi tanaman. Sebetulnya manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk ini banyak sekali. Jika anda merasa penasaran dengan manfaat dari pupuk ZA ini yakni sebagai berikut:

  • Mampu perbaiki rasa sekaligus warna dari hasil panen.
  • Mampu meningkatkan produksi dan juga kualitas bahkan juga nilai gizi hasil dari panen dan juga pakan ternak. Hal ini di karenakan peningkatan kadar protein pati,gula,padi, lemak maupun vitamin.
  • Tanaman akan lebih tahan terhadap hama bahkan juga bakalan lebih sehat lagi.

Itulah tadi berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk ZA bagi tanaman anda. Dengan pemberian takaran yang tepat maka pertumbuhan tanaman pun bisa semakin cepat serta mampu memberikan hasil panen yang berkualitas.

Jadi buat anda para petani yang masih merasa bingung dalam menentukan pilihan jenis pupuk yang cocok untuk tanaman anda. Maka anda bisa menjatuhkan pilihan pada pupuk ZA ini. Perlu anda ketahui juga bahwasanya kandungan belerang yang ada dalam pupuk tersebut juga mempunyai beragam manfaat yang bagus untuk tanaman.

Manfaat Belerang Bagi Tanaman

  • Mampu tingkatkan jumlah anakan yang ada pada tumbuhan.
  • Mampu membantu pembentukan butir hijau daun sehingga daun tanaman akan terlihat semakin hijau.
  • Kandungan vitamin maupun protein semakin bertambah.
  • Mampu perbaiki aroma, warna maupun kelenturan daun.
  • Memiliki peranan penting saat proses pembualatan zat gula.

Tanda Tanaman Kekurangan Belerang

Lantas apa sajakah gejala yang biasanya timbul ketika tumbuhan sedang kekurangan unsur hara belerang? Sebetulnya tumbuhan yang masih kekurangan unsur hara belerang ini bisa anda tandai dengan berbagai hal berikut ini:

  • Tanaman pun bakalan tumbuh kurus, kerdil bahkan juga panjang.
  • Kematangan sekaligus pertumbuhan tanaman semakin melambat.
  • Buah-buahan tidak bakalan matang secara sempurna.
  • Timbulnya bintik pada bagian daun.
  • Dari sebagian tanaman, ada daun muda yang mempunyai warna hijau kekuningan bahkan juga merah hingga tulang daun. Hal ini terjadi pada beberapa jenis tanaman seperti halnya jeruk, tembakau, kapas, jeruk dan lain sebagainya.

Kandungan belerang yang ada pada pupuk ZA ini memang memiliki peranan yang begitu penting dalam pertumbuhan tanaman. Wajar saja jika penggunaan pupuk tersebut bisa membawa perubahan pada tanaman anda. Ketika anda sudah mengetahui beragam manfaat dari pupuk ini, alangkah baiknya anda juga mengetahui mengenai cara penggunaan dari pupuk ini untuk tanaman.

Simak juga: Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman

Cara Menggunakan Pupuk ZA Pada Tanaman

  • Pupuk ZA ini penggunaannya bisa di campurkan dengan pupuk yang lainnya.
  • Pupuk ZA juga dianjurkan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan bagi semua jenis tanaman.

Tentunya penggunaan pupuk yang satu ini mudah sekali bahkan semua petani pun bisa melakukannya. Jadi anda tidak perlu bingung lagi dengan cara penggunaan dari pupuk ZA ini. Dengan pembahasan dari pupuk ini pastinya anda petani yang sudah memilih pupuk ini untuk tanamannya tidak akan merasa ragu lagi dengan berbagai macam manfaat yang telah di tawarkan.

Terlebih pupuk  ini juga mudah sekali terlarut dalam air sehingga mudah terserap oleh tanaman. Saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan pupuk ZA ini di sebuah toko pertanian yang ada di daerah anda. Dari segi harganya tentu saja juga terjangkau sekali untuk semua kalangan petani.

Artikel terkait: Apa Itu Pupuk Phonska dan Apa Manfaatnya Bagi Tanaman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *