Pupuk SP 36 Kandungan Manfaat Cara Menggunakan

Pupuk SP 36 – Kebutuhan pupuk bagi para petani memang penting sekali untuk diperhatikan. Tanaman bisa tumbuh dengan subur serta hasil panen yang berkualitas karena pemberian pupuk yang sesuai dengan dosisnya.

Selain itu perawatan maupun pemeliharaan tanaman yang tepat tentu saja perlu anda perhatikan juga. Dulunya banyak petani yang hanya memanfaatkan pupuk organik untuk tanaman mereka.

Pupuk tersebut memang bisa dengan mudah mereka buat sendiri di rumah. Bahkan dengan pupuk tersebut mereka pun lebih berhemat dari segi biaya.

Dari segi manfaatnya tentu saja juga mampu membuat pertumbuhan tanaman semakin bagus. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mulailah berkembang pupuk anorganik dimana pupuk tersebut memang hasil buatan pabrik.

Pupuk SP 36
Pupuk SP 36

Banyak sekali jenis pupuk anorganik yang sudah di hadirkan untuk memenuhi segala kebutuhan para petani. Kali ini kita akan membahas mengenai pupuk SP 36 yang kini mulai di cari banyak petani. Ternyata pupuk tersebut sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman padi, jagung atau bahkan kelapa sawit sekalipun. Sekarang ini pupuk memang di kenal mampu menyuburkan tanaman.

Pupuk SP 36 merupakan salah satu jenis pupuk super fosfat yang mempunyai kandungan P2O5 yang terbilang tinggi bahkan bisa mencapai sekitar 36 persen.

Konon pupuk yang satu ini juga sudah di produksi oleh PT Petrokimia Gresik bahkan biasanya pupuk tersebut juga dijadikan sebagai pupuk bersubsidi pemerintah. Wajar saja jika saat ini banyak petani yang memilih untuk menggunakan pupuk SP 36 ini.

Artikel terkait: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

Kandungan Pupuk SP 36

Tentunya beragam jenis pupuk mempunyai kandungan tersendiri yang mampu membawa beragam manfaat penting bagi pertumbuhan tanaman. Dengan berbagai macam kandungan tersebut, tanaman pun akan semakin subur bahkan bisa memberikan hasil panen yang berkualitas.

Pastinya salah satu harapan para petani adalah mendapatkan hasil panen yang melimpah bahkan juga berkualitas. Dengan begitu mereka pun akan merasa berhasil dengan cocok tanam mereka.

Memang perawatan maupun pemeliharaan pada tanaman penting untuk di perhatikan setiap petani. Terlebih dalam hal pemberian pupuknya harus di sesuaikan dengan dosis yang tepat.

Begitu juga dengan jenis pupuk SP 36 ini, anda harus mengetahui berapa takaran yang tepat untuk di berikan pada tanaman. Sebab jika pemberian pupuk berlebihan ternyata bisa membuat pertumbuhan tanaman menjadi kurang bagus bahkan bisa saja hasil panen tidak sesuai dengan harapan anda.

Jadi alangkah baiknya anda perhatikan takaran yang paling tepat untuk memberikan pupuk SP 36 ini pada tanaman yang anda inginkan.

Semua petani tentu saja memiliki harapan supaya tanaman mereka bisa tumbuh dengan subur bahkan mampu menghasilkan panenan yang berkualitas.

Ternyata pupuk SP 36 ini cocok sekali untuk di jadikan pilihan. Banyak sekali kandungan penting yang di butuhkan untuk memicu pertumbuhan tanaman. Inilah berbagai kandungan yang di  miliki oleh pupuk SP 36. Di antaranya:

  • P2O5 yang larut ke dalam asam nitrat sebesar 34 persen.
  • Fosfat dengan kadarnya sekitar 36 persen.
  • Sulfur sebesar 5 persen.
  • P2O5 yang terlarut dalam air mineral sebesar 30 persen.
  • H2O atau air kadarnya sekitar 5 persen.
  • Kadar asam bebas memiliki kadar maksimal sekitar 6 persen.

Itulah tadi berbagai macam kandungan penting yang ada dalam pupuk tersebut. Memang pupuk ini di nilai bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman.

Setelah anda mengetahui berbagai macam kandungannya, tentu saja anda juga perlu mengetahui berbagai bentuk maupun ciri dari pupuk SP 36  ini. Supaya anda bisa membedakannya dengan pupuk yang lainnya, inilah berbagai macam ciri dari pupuk SP 36 yang perlu anda ketahui. Yakni:

  • Mempunyai bentuk butiran yang kecil.
  • Memiliki warna abu-abu namun tidak putih.
  • Kemasannya berada dalam sak dengan adanya sebuah gambar kerbau dengan warna emas yang berisikan 50 kg.

Cek juga yuk: Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk TSP

Manfaat Pupuk SP 36 untuk Tanaman

Dengan mengenal berbagai macam ciri dari pupuk tersebut. Kini anda pun tidak akan merasa kebingungan lagi untuk membedakan pupuk tersebut dengan pupuk yang lainnya. Memang pupuk tersebut hamper serupa dengan pupuk yang lainnya. Tetapi dengan hal ini anda pun bisa lebih mengenal pupuk SP 36 ini.

Setiap jenis pupuk entah itu pupuk organik maupun pupuk anorganik sekalipun. Ternyata pupuk SP 36 ini mempunyai berbagai macam manfaat yang begitu penting untuk tanaman. Adapun beragam manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk SP 36 ini, di antaranya:

  • Mempunyai peranan yang penting sebagai sumber dari unsur hara dengan bentuk fosfor.
  • Mampu memicu tumbuhnya akar supaya semakin baik sehingga tanaman pun bisa semakin kuat.
  • Bisa memanen lebih cepat.
  • Mampu memicu tanaman supaya mampu membentuk bunga maupun biji.
  • Daya tahan tanaman akan semakin meningkat sehingga terbebas dari serangan hama maupun penyakit.
  • Pembentukan bungan untuk menjadi biji maupun buah akan lebih besar lagi prosentasenya.

Baca juga: Manfaat Pupuk KNO3 Merah dan Putih untuk Tanaman!

Cara Menggunakan Pupuk SP 36 yang Tepat

Tentunya dengan melihat beragam manfaat yang bisa anda peroleh dari pupuk SP 36 ini mampu membuat para petani mulai menggunakan pupuk tersebut. Pupuk ini juga di nilai bagus untuk pertumbuhan berbagai macam tanaman.

Jadi buat anda para petani yang sedang bingung dalam memilih pupuk yang terbaik untuk tanaman sebaiknya anda menjatuhkan pilihan pada pupuk tersebut.

Hanya saja bagi anda para petani yang masih pemula masih merasa bingung dengan cara penggunaan dari pupuk SP 36 ini. Ada baiknya anda memberikan pupuk pada tanaman sesuai dengan takaran maupun dosis yang tepat.

Bagaimanapun juga jika pemberian pupuk SP 36 ini terlalu berlebihan tentu saja tidak akan bagus untuk pertumbuhan tanaman. Supaya anda tidak keliru dengan cara penggunaannya. Sebaiknya anda pahami pula tips maupun cara penggunaan dari pupuk SP 36 berikut ini:

  • Pupuk SP 36 ini memang mempunyai sifat mudah sekali terlarut dalam air bahkan juga tidak bersifat higroskopis. Sehingga pupuk yang satu ini bisa anda manfaatkan sebagai pupuk dasar untuk tanaman yang terbilang semusim.
  • Sementara untuk tanaman yang sifatnya tahunan, pupuk SP 36 ini bisa anda berikan saat awal maupun akhir dari musim penghujan. Bahkan anda juga bisa memberikan pupuk tersebut setelah panen.

Kini anda pun akan semakin tahu bahkan memahami bagaimana cara penggunaan dari pupuk SP 36 ini yang paling tepat untuk di lakukan.

Alangkah baiknya pula jika anda bisa memberikan pupuk tersebut sesuai dengan takaran dosis yang sudah di anjurkan. Banyaknya pilihan jenis pupuk yang hadir di pasaran memang mampu memudahkan anda dalam menentukan jenis pupuk yang sesuai dengan tanaman anda.

****

Demikianlah ulasan mengenai pupuk SP 36 mulai dari kandungan, manfaat sampai cara menggunakannya yang tepat, mudah-mudahan hasil pertanian yang sedang anda garap bisa sukses besar.

Artikel terkait: Takaran, Kandungan dan Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *