Pupuk NPK Grower: Kandungan, Keunggulan & Manfaat

Pupuk NPK Grower – Para petani tentu tidak dapat lepas dengan penggunaan pupuk selama proses budidaya tanamannya. Ada berbagai jenis pupuk yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman, seperti pupuk organik yang terdiri dari pupuk kompos dan pupuk kandang.

Selain itu, ada juga pupuk anorganik yang biasa digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Selain itu, pupuk juga dapat dibedakan menjadi pupuk tunggal yang hanya memiliki kandungan satu unsur dan pupuk majemuk dengan berbagai macam nutrisi yang dikandungnya.

Pengaplikasian pupuk tentunya harus memperhatikan unsur yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga tanaman akan mendapatkan tambahan unsur yang tepat.

Selain itu, perhatikan juga kondisi tanah dan musim pada saat melakukan pemupukan. Penggunaan pupuk kimia sebaiknya tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Apabila Anda menggunakannya secara berlebihan, maka justru dapat merusak lahan dan merusak tanaman. Jadi, Anda juga harus memperhatikan dosis atau takaran yang tepat dalam mengaplikasikan pupuk untuk tanaman.

Adapun salah satu pupuk kimia ialah pupuk NPK. Pupuk NPK merupakan jenis pupuk majemuk yang memiliki kandungan utama Nitrogen (N), Phospor, (P), dan Kalium (K).

Pupuk ini banyak digunakan oleh para petani karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman dengan baik. Perlu Anda ketahui, ada banyak jenis pupuk NPK yang beredar di pasaran sesuai dengan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Salah satu jenis pupuk NPK ialah pupuk NPK Grower. Pupuk jenis ini biasanya memiliki bentuk butiran prill dengan warna hijau. Adapun salah satu perusahaan yang memproduksi pupuk jenis ini ialah PT. Meroke Tetap Jaya, yaitu dengan produk bernama NPK Mutiara Grower.

Pupuk NPK Mutiara Grower memiliki fungsi dalam membantu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil panen.

Adapun kandungan dalam pupuk ini ialah unsur hara utama N, P, K, serta dilengkapi dengan berbagai unsur mikro, diantaranya adalah unsur Sulfur (S) dan Magnesium (Mg).

Kandungan tersebut tentu dapat membantu tanaman dalam memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkannya dan meningkatkan kesuburan tanaman.

Pupuk NPK Grower
Pupuk NPK Grower

Kandungan Pupuk NPK Grower

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kadar kandungan nutrisi yang terdapat dalam pupuk NPK grower, yaitu:

  • Sebanyak 15% Nitrogen (N) yang terbagi menjadi 8,07% Amonium-N dan 6,93% Nitrat-N.
  • Total kandungan P2O5 sebanyak 9%, yang terdiri dari 5,40% P2O5 yang larut dalam air, dan 8,80% P2O5 yang larut dalam Asam Sitrat.
  • Kandungan K2O sebanyak 20%.
  • Kandungan MgO sebanyak 1,08%.
  • KandunganSulfur (S) sebanyak 3,40%.

Keunggulan Pupuk NPK Grower

Pupuk NPK Grower memiliki berbagai kelebihan dan keunggulan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga dapat pula meningkatkan kualitas hasil panen. Nah, keunggulan dari pupuk NPK Grower di antaranya adalah:

  1. Kandungan Nitrogen (N) yang tersedia dalam bentuk Nitrat dapat dengan cepat tersedia bagi tanaman karena mudah diserap tanaman.
  2. Meminimalisir risiko hilangnya unsure Nitrogen di lingkungan atau lahan tanam.
  3. Unsure Nitrogen juga tersedia dalam bentuk Amonium yang akan dilepas secara perlahan atau sedikit demi sedikit, sehingga dapat bermanfaat sebagai cadangan nutrisi Nitrogen dalam tanah.
  4. Dengan kandungan unsur N, P, dan K yang lengkap, dimana kandungan Kalium jauh lebih tinggi, dapat membantu menyebarkan unsur hara secara merata atau seimbang. Hal ini dapat membantu menyuburkan tanaman dan meningkatkan hasil panen yang diperoleh.
  5. Adanya unsur Phospor pada pupuk ini dapat membantu tanaman dalam melakukan metabolisme secara lancar.
  6. Membantu tanaman agar tidak mengalami stress karena kondisi kekeringan, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap berbagai hama dan penyakit, serta meningkatkan kualitas hasil panen baik dari segi warna, rasa, ukuran, dan daya simpan yang lebih lama. Manfaat tersebut disebabkan karena adanya kandungan Kalium yang berasal dari KCl sebanyak 65% dan K2SO4 sebanyak 35%.
  7. Kandungan Magnesium (Mg) dan Sulfur (S) dapat membantu tanaman dalam membentuk klorofil, membentuk senyawa minyak yang dapat menghasilkan aroma, dan membantu mengatur tanaman dalam menyerap unsur Phospor (P) dan Kalium (K).
  8. Pupuk jenis ini juga cukup mudah, praktis, dan merata pada saat diaplikasikan.
  9. Kualitas pupuk sudah terbukti ampuh saat diaplikasikan pada berbagai tanamanserta rendah debu.

Dengan beragam keunggulan tersebut, maka pupuk NPK Grower ini tentu sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis tanaman, seperti tanaman buah, sayuran, tanaman hias atau bunga, dan tanaman palawija.

Manfaat Penggunaan Pupuk NPK Grower

Pupuk NPK Grower memang sangat unggul dalam berbagai hal. Untuk itu, tidak heran jika pupuk ini memiliki banyak sekali manfaat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari Pupuk NPK Grower:

1. Memberikan Respons Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Pengaplikasian pupuk NPK Grower dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, yaitu dengan membantu tanaman agar dapat tumbuh sehat dan memaksimalkan produktivitas tanaman dalam jangka panjang.

Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang terdiri dari kombinasi terbaik antara Nitrat-Nitrogen, yang dapat diserap langsung oleh tanaman.

Selain itu, pupuk ini juga dapat memberikan cadangan Nitrogen dalam bentuk Amonium yang dilepaskan secara perlahan.

Adanya kedua unsur tersebut dapat membantu tanaman agar tumbuh dengan cepat dan menghasilkan panen dengan jumlah yang lebih banyak.

2. Meningkatkan Kuantitas Hasil Panen

Pengaplikasian pupuk NPK Grower dapat membantu meningkatkan kuantitas hasil panen pada tanaman, baik dari segi jumlah maupun ukuran buah, hingga hasil produksi pun meningkat.

Hal ini disebabkan karena kandungan N, P, dan K yang seimbang. Terutama, jumlah kandungan K atau Kalium yang jauh lebih banyak.

3. Meningkatkan Kualitas Hasil Panen

Selain kuantitas, pupuk ini juga dapat meningkatkan kualitas hasil panen dari segi warna, kesegaran, rasa, dan daya tahan atau daya simpan hasil panen yang jauh lebih lama.

Hal ini disebabkan oleh kandungan KCl sebanyak 65% dan K2SO4 sebanyak 35% yang merupakan bagian dari unsur Kalium (K).

Perlu Anda ketahui, fungsi Kalium ialah sebagai pengatur keseimbangan air dalam sel tanaman yang diakibatkan oleh turgor sel, kehilangan air akibat melakukan proses transpirasi, proses produksi dan transportasi gula, membantu kerja berbagai enzim, dan pembentukan protein.

Selain itu, Kalium juga dapat membantu tanaman agar dapat beradaptasi sat musim dingin, stress akibat kekeringan, serta membantu meningkatkan ketahanan tanaman dari serangan hama dan berbagai penyakit. 

Nah, itulah segudang manfaat dari penggunaan pupuk NPK Grower untuk tanaman. Adapun pengaplikasinnya pada tanaman dapat dilakukan dengan cara ditaburkan dengan dosis sebanyak 100-1000kg/ha, ataupun dikocor dengan dosis sebanyak 4-10 kg/200 liter air.

Sekian pembahasan mengenai kandungan, keunggulan, dan berbagai manfaat dari pupuk NPK Grower. Karena termasuk ke dalam pupuk anorganik atau kimia, Anda tetap harus memperhatikan dosis atau takaran pupuk yang tepat.

Berikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Jangan terlalu sedikit, apalagi terlalu banyak.

***

Jika tanaman Anda kekurangan nutrisi, maka pertumbuhan dan perkembangannya akan terganggu dan hasil panen yang didapatkan pun kurang optimal.

Begitu juga ketika tanaman kelebihan nutrisi dari pupuk kimia, maka yang terjadi justru dapat merusak lahan dan bahkan merusak tanaman. Jadi, gunakanlah pupuk NPK Grower dengan seimbang agar tanaman tumbuh dengan baik dan hasil panen yang didapatkan pun optimal.

Baca juga: Jenis Pupuk Grower Terbaik dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *