Pupuk NPK 16 16 16: Manfaat, Jenis dan Kandungan Nutrisi

Pupuk NPK 16 16 16 – Indonesia merupakan sebuah negara yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai seorang petani. Tidak mengherankan jika banyak jenis-jenis pupuk yang dapat ditemukan di pasaran.

Pupuk memiliki banyak sekali jenis, varian, dan manfaatnya yang sudah diolah sedemikian rupa.Fungsinya adalah untuk membantu para petani memaksimalkan pertumbuhan tanaman, sehingga hasil panen bisa semakin meningkat.

NPK 16 16 16 adalah kategori pupuk majemuk.Artinya, pupuk ini memiliki kandungan lebih dari 1 unsur hara.Kebanyakan pupuk NPK yang ada di indonesia, memiliki wujud atau tekstur berupa butiran-butiran granul.

Sementara itu, warna pupuk NPK adalah biru.Umumnya, pupuk NPK dikemas dalam plastik dan dilengkapi dengan aturan pemakaian atau dosis penggunaan.

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk yang diimpor dari negara norwegia.Pupuk NPK dibuat melalui sebuah proses yang disebut odda. Dalam proses ini,pupuk NPK harus melalui proses pencairan asam nitrat terlebih dahulu, baru kemudian dilarutkan dengan fosfat.

Proses pembuatan pupuk NPK yang cukup panjang dan tidak gampang, menyebabkan  harga pupuk NPK 16 16 16 memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Meski memiliki harga jual yang cukup tinggi, namun pupuk ini masih tetap laris di pasaran dan tak pernah kehilangan pelanggan.

Mengapa? Karena pupuk NPK jenis ini memberikan banyak  manfaat yang juga sepadan dengan harganya yang tinggi. Lalu, apa saja manfaat pupuk NPK 16 16 16? Berikut penjelasannya.

Aneka Manfaat Pupuk NPK 16 16 16

NPK 16 16 16 merupakan salah satu jenis pupuk kimia yang memiliki banyak manfaat untuk membantu tumbuh kembang tanaman Anda.Meski termasuk kedalam jenis pupuk anorganik dengan kandungan bahan kimia yang tinggi, namun pupuk ini tetap diperbolehkan untuk digunakan.

Namun, dengan syarat pupuk ini harus digunakan dengan pencampuran bersama pupuk jenis organik. Perpaduan akan membuat pupuk organik menjadi lebih bereaksi dengan tanah pertanian yang Anda gunakan.

  • Kandungan unsur hara pada pupuk NPK jenis ini bisa langsung memberikan banyak manfaat setelah Anda mengaplikasikannya pada tanaman.
  • Selain hasil panen semakin banyak, kualitas panen pun akan semakin tinggi. Jadi, bukan hanya jumlah panen saja yang semakin banyak, kualitas hasil panen juga patut diperhitungkan.
  • Sementara itu, buah dan sayuran hijau yang diberi pupuk NPK 16 16 16 umumnya akan terlihat lebih sehat dan segar.
  • Tanaman yang disemprot dengan pupuk NPK jenis ini  akan memiliki daya tahan semakin kuat.
  • Daun dan bunganya tidak akan mudah rontok. Akar tanaman juga akan lebih kuat.
  • Selain itu, tunas baru pada tanaman pun akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat. Hal ini tentu akan mendorong meningkatkan jumlah dan kualitas hasil panen tanaman Anda.

Jenis Dan Kandungan Nutrisi

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pupuk NPK merupakan adalah jenis pupuk majemuk yang memiliki lebih dari 1 unsur hara di dalamnya. NPK 16 16 16 memiliki kandungan unsur hara yang sangat penting bagi tanaman.Kandungan dari pupuk NPK 16 16 16 diantaranya adalah Nitrogen (N), Fosfor (P), Dan Kalium (K).

Setiap kandungan dari N, P, dan K memiliki perannya masing-masing dalam mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman. NPK 16 16 16 sendiri memiliki kandungan yang berbeda tergantung dari merek dagang di pasaran.

Meski umumnya kandungan N, P, dan K sebesar 16%, namun beberapa pupuk NPK juga memiliki sejumlah kandungan tambahan. Lantas, apa saja jenis pupuk NPK 16 16 16 yang umum dipakai oleh petani indonesia? Berikut daftarnya:

1. Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16

Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16
Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16

Jenis pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16 ialah salah satu jenis yang paling banyak digunakan oleh para petani.

NPK Mutiara Yara Mila dilengkapi dengan kandungan Nitrogen sebanyak 16%, Phospor 16%, dan Kalium 16%. Tambahan zat lain dari pupuk NPK Mutiara Yara Mila, misalnya adalah Magnesium sebanyak 0,5% dan Kalsium sebanyak 6%.

Baca selengkapnya: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

2. NPK Pak Tani 16 16 16

NPK Pak Tani 16 16 16
NPK Pak Tani 16 16 16

Jenis pupuk NPK pak tani memiliki kandungan nitrogen 16% yang terbagi menjadi dua kandungan, yaitu Nitrat Nitrogen sebanyak 6,4% dan Amonium Nitrogen sebanyak 9,6%.

Untuk kandungan Phospor dan Kalsiumnya masih sama, yakni 16% dengan tambahan kandungan lain, seperti kalsium dan magnesium  sebanyak1%.

NPK pak tani bukanlah hasil produk dari Norwegia, melainkan berasal dari Rusia. Meski demikian, pupuk NPK pak tani kualitasnya tidak kalah dengan jenis pupuk NPK lainnya yang berasal dari Norwegia.

3. NPK Kebomas 16 16 16

NPK Kebomas 16 16 16
NPK Kebomas 16 16 16

Jika pada umumnya produk NPK 16 16 16 memiliki warna biru pudar, pada NPK kebomas memiliki warna seperti sebuah bata, yakni merah.

Kandungan dari pupuk ini hanya memiliki 3 unsur utama yaitu Nitrogen, Phospor, dan Kalsium yang masing-masing berjumlah 16% dan tanpa ada tambahan unsur atau kandungan lainnya.

4. NPK Ria Plus 16 16 16

Produk pupuk NPK yang satu ini merupakan salah satu jenis pupuk yang dibuat oleh PT. Ria indo agri. PT tersebut merupakan salah satu produsen pupuk NPK 16 16 16 yang berasal dari indonesia.

Produk ini juga tak kalah khasiatnya bagi tanaman dengan produk yang berasal dari luar negeri.Masing-masing kandungan dari pupuk NPK ini adalah 16% untuk Nitrogen, Phospor, dan Kalium.

5. NPK Mahkota 16 16 16

NPK Mahkota 16 16 16
NPK Mahkota 16 16 16

Tak jauh berbeda dengan pupuk NPK pak tani, pupuk NPK mahkota juga berasal dari negeri rusia. Produk ini diimport langsung dari rusia dengan kandungan Nitrogen yang berasal dari Amonium sebanyak 10.5% dan Nitrat sebanyak 5.5%. Selain memiliki kandungan 16% Phospor dan Kalium, pupuk ini juga memiliki kandungan lain seperti Kalsium sebanyak 2.9%.

Baca juga: Jenis Pupuk NPK untuk Buah

****

Jenis-jenis pupuk NPK yang terjual di indonesia memang cukup banyak. Daftar di atas merupakan beberapa jenis pupuk NPK 16 16 16 yang mungkin bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin atau sedang menggeluti dunia bercocok tanam.

Selain memiliki kandungan yang kaya akan manfaat, penggunaan pupuk ini juga sangat mudah. Anda dapat memilih cara disebarkan langsung pada tanaman atau memilih cara lain seperti dikocor pada tanaman.

Agar pemakaian pupuk bisa membuahkan hasil maksimal, pastikan Anda menggunakan dosis yang tepat.Jangan sampai memberikan pupuk dengan takaran yang berlebihan, karena tanaman bisa saja kering atau bahkan mengalami kematian.

Agar fungsi pupuk bekerja secara maksimal, Anda juga bisa mencampurnya dengan pupuk organik. Bukan hanya tanaman saja yang subur, tanah pun akan semakin subur dan baik kondisinya. Yuk, rawat tanaman Anda dengan baik. Dengan begitu, maka Anda akan merasa bahagia saat panen raya tiba.

Baca juga: Manfaat dan Jenis Pupuk Nitrogen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *