Pupuk NASA untuk Buah, Rahasia Panen Melimpah

Pupuk NASA untuk Buah – Buah-buahan merupakan sumber dari berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.Oleh karena itu, konsumsi buah sangat diperlukan bagi tubuh.

Sayangnya, meningkatnya kebutuhan buah terkadang justru disalahgunakan oleh oknum tertentu dengan memproduksi buah yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Tujuannya adalah agar dapat meningkatkan daya simpan buah menjadi lebih lama, meningkatkan kualitas rasa dan warna, serta berbagai alasan lainnya. Namun, cara ini tentu salah karena dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Oleh karena itu, dalam budidaya tanaman buah sebaiknya menggunakan pupuk yang aman dan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Salah satu pupuk yang aman untuk tanaman dan hasil panen adalah pupuk organik.Adapun contoh produk pupuk organik yang dapat digunakan yaitu pupuk Power Nutrition yang diproduksi oleh PT. Natural Nusantara.

Apa itu Power Nutrition? Pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk organik yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan diproduksi khusus untuk berbagai tanaman yang dapat berbuah, seperti mangga, rambutan, apel, anggur, cokelat, kelapa sawit, cabai, tomat, dan lainnya.

Selain aman untuk diaplikasikan, jenis pupuk yang satu ini juga memiliki manfaat lain seperti membantu pertumbuhan tanaman buah, mempercepat proses pembungaan dan pembuahan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. 

Nah, sekarang mari mengenal lebih dalam tentang pupuk Power Nutrition, mulai dari kandungan, manfaat, serta cara pengaplikasiannya.

Pupuk Nasa untuk Buah
Pupuk Nasa untuk Buah

Kandungan Unsur dalam Pupuk Power Nutrition

Perlu Anda ketahui, pupuk jenis ini memiliki kandungan nutris sebanyak 16 unsur hara esensial dan 44-74 unsur lainnya. Selain itu, Power Nutrition juga mengandung ZPT atau zat pengatur tumbuh (hormone organik) berupa Giberelin, Auksin, dan Sitokinin.

Adapun kandungan nutrisi lainnya berupa asam-asam organik, protein nabati, karbohidrat, lemak nabati, dan asam amino.

Persentase masing-masing kandungannya yaitu sebanyak 2,04% N, 1,28% P2O5, 0,39% K2O, Ca sebanyak 0,55%, sebanyak 0,81% S, 8,30 % Cl, 0,40% Mg, Mangan sebanyak 0,06 ppm, 0,72% Besi, 0,02 ppm Cu, 0,01 ppm Zinc, 1,01% Na, 8,59% Boron, 9,94% Si, 0,40 ppm Al, 0,61% NaCl, 2,44% SO4, 5,23% C/N, pH 8,81, lemak sebanyak 0,28%, 12,75% Protein, 1,52% Karbohidrat, dan 3,445% Asam Humat.

Cara Meningkatkan Produktivitas Buah
Cara Meningkatkan Produktivitas Buah

Manfaat Pupuk NASA Power Nutrition

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan pupuk NASA Power Nutrition, anta lain:

  1. Membantu mempercepat dan memperbaiki pertumbuhan tanaman.
  2. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap berbagai hama dan penyakit.
  3. Meningkatkan hasil panen dan membantu tanaman agar dapat berbuah di luar musim, selama kondisi musim tidak ekstrem, serangan hama penyakit normal, dan kebutuhan air tercukupi.
  4. Memaksimalkan kualitas hasil panen baik dari segi warna, aroma, dan rasa buah.
  5. Meningkatkan daya simpan buah agar tahan lebih lama.
  6. Membantu melarutkan sisa atau residu dari penggunaan pupuk kimia dalam tanah, sehingga tanah dapat kembali dimanfaatkan sebagai lahan tanam.
  7. Meminimalisir penggunaan pupuk anorganik seperti NPK sebesar 75-90%.
  8. Meningkatkan perkembangan mikroorganisme yang bermanfaat bagi tanah atau lahan Anda.

Itulah beragam manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan mengaplikasikan pupuk Power Nutrition pada tanaman buah Anda.

Cara Pengaplikasian Pupuk Power Nutrition

Kombinasi Pupuk Nasa untuk Melebatkan Buah
Kombinasi Pupuk Nasa untuk Melebatkan Buah

Penggunaan pupuk Power Nutrition tentu tidak dijadikan sebagai satu-satunya pupuk dasar bagi tanaman buah. Namun, diperlukan jenis pupuk lain seperti Supernasa, POC NASA, dan HORMONIK.

Adapun jumlah masing-masing pupuk yang dibutuhkan ialah 1 supernasa dengan berat bersih 250 gram, 1 Power Nutrition berukuran 250 gram, 1 POC NASA sebanyak 500 cc dan 1 HORMONIK dengan berat bersih 100 cc.

Dengan menggunakan paket pupuk organik NASA, maka dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen Anda dan merangsang tanaman agar berbuah diluar musimnya.

Adapun cara pengaplikasiannya adalah dengan melarutkan 1 botol pupuk Power Nutrition dengan 1 botol pupuk Supernasa kedalam air secukupnya, ataupun dengan mencampurkannya bersama pupuk kimia NPK.

Setelah itu, campuran pupuk ditebar merata secara melingkar pada tanaman dengan jarak pemupukan sebesar ¾ tajuk, atau minimal 1 meter. Dosis atau takaran yang dapat Anda gunakan sesuai diameter batang tanaman ialah sebagai berikut:

  1. Untuk tanaman dengan diameter batang sebesar 2 cm hingga 5 cm, menggunakan 1 botol Power Nutrition dan 1 botol Supernasa untuk setiap 10 pohon.
  2. Untuk tanaman dengan diameter batang sebesar 5 cm hingga 10 cm, gunakan 1 botol Power Nutrition dan 1 botol Supernasa untuk setiap 5 pohon.
  3. Untuk tanaman dengan diameter batang sebesar 10 hingga 30 cm, menggunakan 1 botol Power Nutrition dan 1 botol Supernasa untuk setiap 2 pohon.
  4. Untuk diameter batang yang berukuran lebih dari 30 cm gunakan 1 botol Power Nutrition dan 1 botol Supernasa hanya untuk 1 pohon.
  5. Untuk pupuk organik cair atau POC NASA gunakan sebanyak 4 tutup atau 50 cc dan untuk Hormonik gunakan sebanyak 1 tutup atau 12,5 cc yang dilarutkan dalam 1 tangki semprot dengan air sebanyak 14-17 liter. Adapun pengaplikasiannya dengan cara menyemprotkannya ke daun setiap 4 bulan sekali. Jika tanaman buah sudah tumbuh tinggi, Anda dapat menyiramkannya ke tanah di sekitar tanaman.

Faktor yang Mempengaruhi Tanaman Cepat Berbuah

Ada beberapa faktor yang mendukung tanaman dapat cepat berbuah, dan menghasilkan panen lebih dari satu kali, diantaranya adalah nutrisi jadi, yaitu nutrisi yang berkaitan dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman seperti halnya manusia makan nasi, bukan beras.

Selain itu, faktor lainnya adalah hormon tumbuh atau zat pengatur tumbuh, suhu udara, kondisi air, dan cahaya matahari yang meliputi intensitas dan lama penyinaran.

Pada umumnya, berbagai tanaman yang biasa berbuah satu kali dalam setahun akan mengalami proses pembungaan dan pembuahan di bulan Oktober sampai Maret atau selama 4-5 bulan. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut semua faktor yang mempengaruhi pembuahan tanaman berada dalam kondisi optimal dan satu sama lain saling membantu tanaman agar cepat berbuah.

Dengan menggunakan pupuk Power Nutrition yang akan memberi tambahan nutrisi pada masa itu, maka tanaman akan langsung mendapatkan berbagai unsur hara dan hormon siap pakai yang dapat mempercepat proses pembuahan.

Jika menggunakan proses alami atau hanya mengandalkan nutrisi alam tanpa menambahkan pupuk Power Nutrition, maka tanaman harus menunggu selama 7-8 bulan untuk memperoleh nutrisi, sehingga pembuahan pun berjalan lebih lama.

Selain itu, Power Nutrition juga dapat merangsang tanaman agar dapat berbuah di luar musimnya.Contohnya, ketika diluar bulan Oktober-Maret cahaya matahari kurang sesuai untuk berbuah, namun dapat dibantu dengan menggunakan Power Nutrition yang dapat membantu menyesuaikan pengaruh cahaya matahari san suhu bagi tanaman.Sehingga, tanaman dapat tetap dalam kondisi optimal dan dapat berbuah bahkan di luar musimnya.

****

Demikian ulasan mengenai berbagai kandungan, manfaat, dan cara pemanfaatan pupuk Power Nutrition sebagai salah satu pupuk NASA untuk buahyang terbaik.

Sebagai pupuk organik, pupuk ini tentu aman bagi tanaman dan hasil panen yang dihasilkan.Namun, tetap gunakanlah pupuk Power Nutrition sesuai dengan takaran, jangan berlebihan agar hasil panen yang Anda peroleh dapat maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Pupuk NASA untuk Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *