Pupuk KCl – Jenis dan Manfaatnya untuk Tanaman!

Pupuk KCl – Sekarang ini memang telah banyak sekali jenis pupuk yang hadir di tengah kita. Bukan hanya pupuk organik yang berasal dari limbah sekitar namun saat ini juga telah hadir pupuk anorganik yang mampu membantu pertumbuhan tanaman anda.

Banyaknya pilihan pupuk yang telah hadir di pasaran seakan membuat para petani merasa bingung menentukan pilihan.

Namun jangan khawatir lagi sebab setiap pupuk mempunyai manfaat tersendiri untuk tanaman. Jadi anda sebagai petani harus paham betul mengenai pupuk yang di butuhkan untuk memenuhi nutrisi yang ada pada tanaman.

Para petani memang selalu berusaha mencari cara terbaik agar tanaman mereka bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan panenan yang memukau.

Pupuk KCl
Pupuk KCl via Belajartani

Tanpa adanya pupuk, mungkin unsur hara pada tanaman belum mencukupi kebutuhan. Itulah mengapa pemberian pupuk begitu penting untuk tanaman apapun.

Bahkan dalam pemberian pupuk pun, anda harus tahu mengenai takaran pemberiannya supaya anda tidak terlalu kebanyakan saat memberikan pupuk pada tanaman. Jika terlalu banyak pemberian pupuknya, justru bisa membawa dampak buruk bagi tanaman.

Banyaknya pilihan pupuk yang telah tersedia di pasaran, seakan mampu memenuhi kebutuhan para petani. Terlebih lagi dari segi harganya, berbagai jenis pupuk hadir dengan harga yang sangat terjangkau.

Apalagi jika anda memilih pupuk organik pastinya anda justru bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses yang begitu mudah serta bahan yang mudah di dapatkan mampu membuat siapapun bisa membuat pupuk organik sendiri.

Baca juga: Manfaat Pupuk KNO3 Merah dan Putih untuk Tanaman

Jenis Pupuk KCL

Berbicara mengenai jenis pupuk, kali ini kita akan membahas mengenai pupuk KCL. Pupuk yang satu ini merupakan salah satu jenis pupuk anorganik yang mempunyai kandungan hara kalium yang di butuhkan oleh tanaman.

Bahkan secara kimiawi pupuk tersebut lebih di kenal dnegan namanya Kalium Klorida. Pupuk KCL mempunyai warna yang merah bahkan juga putih sehingga pupuk tersebut begitu mudah sekali terlarut dalam air.

Bahkan pupuk ini juga di kenal oleh para petani mampu memperkuat tanaman supaya bisa tumbuh dengan tegak nantinya. Wajar saja sekarang ini banyak petani yang sedang mencari pupuk yang satu ini. Ternyata jenis pupuk tersebut membawa banyak manfaat yang bagus untuk tanaman mereka. Di negara kita Indonesia, pupuk KCL telah terbagi dalam dua jenisnya, yakni:

  • Pupuk KCL 90 yang mempunyai kandungan kaliaum(K20) sebesar 90% sehingga mempunyai warna yang putih. Hanya saja jenis pupuk yang satu ini begitu sulit untuk kita temukan.
  • Pupuk KCL 80 mempunyai kandungan kalium(K20) yang berkisar antara 52 hingga 60 % dengan warna merah pada umumnya.

Jadi buat anda yang ingin tanamannya bisa tumbuh dengan tegak dan subur sebaiknya anda juga memberikan pupuk KCL ini pada tanaman anda. Tidak ada salahnya anda memberikan pupuk KCL 80 yang mana akan terasa lebih mudah untuk menemukan pupuk tersebut di pasaran. Jika di daerah anda sudah tersedia pupuk KCL 90, maka anda juga bisa memilih jenis pupuk yang satu ini.

Artikel terkait: Takaran, Kandungan dan Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman

Manfaat Pupuk KCL untuk Tanaman

Berkat pertumbuhan populasi global yang begitu pesat, maka kalium pun mempunyai peranan yang sangat penting guna menjamin suatu kualitas dari hasil panen tanaman anda nantinya. Itulah mengapa kandungan K20 ini perlu sekali untuk tanaman.

Konon pupuk KCL ini mempunyai beragam manfaat yang begitu penting untuk tanaman. Jika anda merasa penasaran dengan manfaat pupuk KCL bagi tanaman. Inilah berbagai manfaat yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

1. Meningkatkan Hasil Panen

Berkat beragam penelitian yang ada, ternyata kandungan klorida yang sudah ada dalam pupuk KCL ini mampu membuat hasil panen semakin meningkat saja.

Kandungan kalium yang ada sangat penting sekali dalam berbagai aspek terlebih dalam perkebunan kelapa sawit. Salah satu unsur hara yang sudah tersedia dalam pupuk tersebut bahkan juga mampu meningkatkan kualitas buah dari tanaman.

Semisal saja mampu membuat buahnya semakin besar, berbobot bahkan juga manis. Hal ini di karenakan kandungan kaliumnya mampu membantu suatu proses transfortasi glukosa yang ada dalam tanah. Sehingga anda pun mampu mengoptimalkan manfaat buah maupun sayuran yang sudah anda tanam.

2. Batang Semakin Kuat

Tentunya tanaman yang bagus harusnya mempunyai batang yang kokoh dan juga kuat. Dengan begitu batang tanaman pun bisa menopang buah-buahnya selagi musim berbuah tiba.

Tak hanya itu saja ternyata pupuk tersebut juga mampu membuat tanaman bisa hidup lebih lama lagi bahkan juga tidak akan mudah rapuh maupun ambruk. Kandungan kalium yang terdapat pada pupuk ini mampu membuat batang tanaman semakin kokoh saja.

4. Tanaman Semakin Tahan Terhadap Stress

Unsur kalium maupun unsur hara yang terkandung dalam pupuk nyatanya mampu mengatur sebuah kinerja dari stomata daun. Yakni tentu saja dengan membantu suatu proses fotosintesis bahkan juga penguapan air yang berasal dari permukaan dalam tanah. Dengan begitu maka tanaman pun bisa lebih tahan akan stress maupun kekeringan yang mampu membuat tanaman mati sebelum bisa berbuah.

5. Tanaman Lebih Tahan Terhadap Penyakit

Manfaat yang bisa di peroleh dari kandungan kalium yang ada dalam pupuk ini ternyata juga mampu mencukupi kebutuhan tanaman sehingga tanaman pun bisa lebih tahan terhadap gangguan hama maupun penyakit yang lainnya. Dengan begitu maka hasil panen pun akan semakin meningkat saja nantinya.

6. Ketahanan Saat Penyimpanan Semakin Meningkat

Ternyata kandungan kalium yang terdapat dalam pupuk KCL ini juga bermanfaat ketika tanaman sudah berada dalam fase berbunga. Hal ini ternyata akan membantu meningkatkan suatu aktivitas pembentukan biji atau bahkan buah yang ada pada tanaman nantinya. Sehingga mampu menghasilkan biji ataupun buah yang lebih sempurna.

7. Mampu Memaksimalkan Kinerja Enzim

Ternyata kandungan yang ada dalam pupuk KCL ini juga mampu membantu suatu proses translokasi yang berasal dari hasil fotosintesis yang berasal dari tanaman. Bahkan kandungan kaliumnya juga mampu memaksimalkan kinerja dari enzim yang berada di seluruh bagian tanaman. Dengan begitu tanaman pun bisa tumbuh dengan subur seperti semestinya.

WARNING!!!

Selain beberapa manfaat dari pupuk KCl di atas, ternyata pupuk ini juga bisa memberikan dampak negatif untuk tanaman, terutama tanaman yang sensitif terhadap kandungan klorin seperti kentang dan wortel. Pemberian pupuk KCl ini justru dapat mengakibatkan keracunan

Keracunan pada tanaman wortel dab kentang yang masih muda dapat menyebabkan ketidaknormalan pada pertumbuhan umbi. Hal tersebut akan menyebabkan tanaman mati lebih cepat, ketidaknormalan bentuk daun, penurunan hasil panen karena kadar kering, serta kualitas rasa umbi yang berbeda.

Kondisi keracunan pada kedua jenis tanaman tersebut bukan tanpa alasan. Bisa terjadi dipengaruhi juga oleh kondisi iklim dan kondisi tanah.

Jika kemarau tiba maka keasamaan tanah semakin tinggi dalam artian pH tanah semakin rendah sehingga dapat mengakibatkan tingkat serangan keracunan klorida meningkat. Dalam keadaan di mana tingkat klorida air tanah atau irigasi yang sangat tinggi, penambahan klorida ekstra dengan pupuk KCL dapat menyebabkan keracunan.

Namun, ini mungkin tidak akan menjadi suatu masalah, kecuali di lingkungan yang sangat kering. Hal ini dikarenakan klorida mudah dihapus dari tanah dengan proses pencucian.

****

Itulah tadi berbagai macam manfaat yang bisa di dapatkan dari pemberian pupuk KCL pada tanaman yang anda miliki. Setidaknya dengan mengetahui beragam manfaatnya ini, maka anda memilih memberikan pupuk KCL ini pada tanaman anda.

Memenuhi kebutuhan hara maupun kalium pada tanaman memang penting sekali. Itulah mengapa pemberian pupuk KCL ini juga penting bagi tanaman.

Dari segi harganya juga terjangkau sekali sehingga anda bisa memilih pupuk KCL ini untuk tanaman anda. Berbagai jenis pupuk KCL sekaligus manfaatnya seakan mampu membawa perubahan pada pertumbuhan tanaman. Terlebih dalam hasil panen tanaman anda pastinya juga akan semakin meningkat nantinya.

Artikel terkait: Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *