Panduan Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar

Cara Menanam Jagung Manis – Jumpa lagi bersama SentraBudidaya,  pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai budidaya jagung manis. Tanaman yang mudah dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi ini memiliki begitu banyak manfaat didalam tubuh. selain itu jagung manis merupakan salah satu bahan pangan terpenting selain gandum dan padi.

Ciri-ciri tanaman jagung manis adalah masuk dalam tanaman berkeping tunggal atau monokotil, memiliki akar serabut yang dapat masuk ke tanah sedalam 2 hingga 8 cm. Sebelum  kami membahas cara menanam jagung manis step by step, kami akan menjelaskan manfaat dari jagung manis dan syarat tumbuh tanaman jagung manis, yaitu :

Manfaat jagung Manis

Sebelum kami membahas mengenai cara menanam jagung manis ada baiknya anda sebagai konsumen atau produsen mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsi jagung manis ini, yaitu :

Mencegah penyakit kanker

Tanaman jagung mengandung banyak asam fenolit serta asam ferulik yang baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan tumor didalam tubuh.

Sumber asam linolet

Selain baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, tanaman jagung manis juga kaya akan asam linolet yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, menambah asupan gizi serta sebagai saran tranportasi vitamin D kedalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah anemia

Jagung manis banyak mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya anemia akibat kekurang vitamin B serta kandung vitamanin B12 tinggi dapat meningkatkan kekebelan tubuh sehingga tahan terhadap serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri berbahaya.

Info terkait: Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Lengkap untuk Pemula

Cara Menanam Jagung Manis
Cara Menanam Jagung Manis

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis

Jagung manis dapat tumbuh pada daerah yang memiliki ketinggian 1800 mdpl serta di daerah pegunungan dengan ketinggian 3000 mdpl. Selain itu tanah yang kaya akan unsur hara seperti kalium, nitrogen serta fosfat dan tanah yang memiliki kadar keasaman mencapai 5-8 pH sangat cocok untuk budidaya tanaman jagung manis.

 Panduan Cara Menanam Jagung Manis

Setelah kami membahas manfaat dari jagung manis dan syarat tumbuh tanaman jagung, penjelasan selanjutnya yang akan kami jelaskan adalah cara menanam jagung manis step by step dibawah ini:

1. Pemilihan Bibit Jagung Berkualitas

Tahap pertama dalam cara menanam jagung manis adalah pemilihan bibit unggulan yang wajib anda lewati. Pemilihan bibit unggulan dilakukan agar hasil panen jagung manis nantinya sesuai dengan harapan sehingga anda tidak merasa kecewa sedikitpun. Bibit jagung manis memiliki beragam jenis, meskipun kadang bibit dijual dengan merk sama namun kualitas yang berikan berbeda sesuai dengan seri produk yang dipasarkan.

Sebelum anda memilih bibit jagung manis unggulan, lakukan proses pengumpulan informasi baik secara online maupun offline. Selain itu anda juga bisa mencari informasi pada petani jagung yang sudah profesional sehingga proses pemilihan bibit jagung manis bisa dilakukan dengan mudah. Setelah anda mengetahui cara memilih bibit atau jenis bibit jagung unggulan silahkan lakukan pembelian di toko-toko pertanian sekitar rumah masing-masing.

2. Proses Pengolahan Lahan Tanam Jagung Manis

Setelah anda selesai memilih bibit jagung manis unggulan tahap selanjutnya dalam cara menanam jagung manis adalah proses pengolahan lahan yang akan kami jelaskan dibawah ini step by step, yaitu :

  • Siapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit serta pupuk kandang kering yang akan digunakan dalam proses pengolahan lahan tanam jagung manis
  • Setelah semua alat dan bahan siap, lakukan proses penggemburan tanah yang bertujuan agar akar dari calon tanaman jagung dapat berkembang biak dengan mudah. Pada proses ini anda bisa menambahkan pupuk kering dengan perbandingan 3:1 dengan rata
  • Selain itu pastikan lahan bersih dari hama dan penyakit yang beresiko besar mengganggu proses pertumbuhan jagung manis
  • Pastikan tanah memiliki kadar keasaman atau PH mencapai 5-8, jika ph kurang atau lebih lakukan proses pengapuran dengan dosis 1 ton/2 hektar. Proses pengapuran dilakukan untuk menstabilkan kadar keasaman didalam tanah.
  • Pada persiapan lahan tanam jagung manis anda tidak perlu membuat bedengan namun tetap membuat drainase atau pengaliran air, sehingga ketika hujan datang lahan tidak tergenang oleh air karena beresiko besar merusakan bibit jagung yang akan tumbuh.
  • Tahap terakhir buatlah lubang yang akan digunakan untuk menanam jagung manis dengan kedalam 4 sampai 5 cm serta jarang antar lubang mencapapai 30 x 60 cm. Diamkan beberapa minggu hingga lahan siap ditanam jagung manis.

3. Proses Penanaman Jagung Manis

Cara menanam jagung adalah proses budidaya jagung manis selanjutnya, pada proses ini bibit dan lahan sudah disiapkan sebelumnya sehingga anda tinggal menanamnya saja. Usahakan untuk menanam jagung manis pada musim penghujan serta lubang pada lahan tanam jagung hanya ditanam satu bibit saja. Berikut ini adalah cara menanam jagung manis, yaitu :

  • Pastikan bibit dan lahan benar-benar siap untuk proses penanaman, dengan mengecek kembali kadar keasaman tanah dan mengecek kembali lahan sudah bersih dari hama pengganggu dan penyakit.
  • Setelah semua persyaratan terpenuhi ambil bibit jagung yang sudah anda siapkan sebelum lalu tanaman kedalam lubang di lahan tanam. Tutup menggunakan tanam dan beri pupuk kandang kering agar unsur hara yang dibutuhkan tanaman jagung terpenuhi.
  • Siram menggunakan air bersih secukupnya, penyiraman lebih baik dilakukan pada pagi dan sore hari.
Proses Penanaman Jagung Manis
Proses Penanaman Jagung Manis

4. Cara Perawatan Tanaman Jagung Manis

Pada cara menanam jagung mans berikutnya adalah  proses perawatan tanaman jagung manis terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya penyulaman, penyiangan, penyiraman serta pemupukan susulan yang akan kami jelaskan dibawah ini, yaitu :

  • Penyulaman  tanaman jagung manis

Pada proses ini anda ditugaskan untuk mengecek kembali apakah bibit memilik masa pertumbuhan yang baik atau malah mati. Jika bibit tidak dalam kondisi pertumbuhan yang baik maka bisa dilakukan proses penyulam atau pergantian bibit baru namun proses penyulam hanya bisa dilakukan pada tanaman yang berusia mudah sehingga dapat tumbuh seragam dengan tanaman jagung manis yang lainnya.

  • Penyiangan dan pembumbunan tanaman jagung manis

Perawatan ini dilakukan pada tanaman yang sudah berusia 2 minggu, namun bisa juga lebih cepat tergantung kondisi lahan tanam jagung manis. Bersihkan lahan dari hama penganggu dan penyakit seperti rumput bisa menggunakan tangan ataupun sabit selain itu pembersihan lahan dari penyakit bisa menggunakan bahan yang alami hindari penggunaan pestisida.

Selain melakukan pembersihan lahan anda juga bisa melakukan pembumbunan yang bertujuan agar tanaman tidak mudah roboh atau jatuh dengan memberikan tanah disekitar tanaman jagung manis.

  • Penyiraman tanaman jagung manis

Proses perawatan tanaman jagung merupakan salah satu dari cara menanam jagung manis yaitu penyiraman, proses penyiraman dilakukan agar tanaman jagung manis tidak kekurangan iar sehingga proses pemasakan makanan dapat dilakukan dengan maksimal, jika budidaya jagung manis masuk musim kemarau lakukan penyiraman secara rutin.

5. Proses Panen Jagung Manis

Cara menanam jagung manis terakhir adalah proses panen, petani sangat menunggu hadirnya kata-kata panen sebab mereka dapat menikmati kerja keras selama ini dengan menjualnya dipasar atau hanya dikonsumsi pribadi.

Proses budidaya jagung manis di dataran rendah akan lebih cepat memasuki proses panen dibandingkan budidaya jagung manis di daratan tinggi. tanaman jagung manis umumnya dipanen pada usia 60 hingga 150 hari sejak awal penanaman.

Tanaman yang mudah dibudidayakan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sehingga jumlah konsumen selalu meningkat oleh karena itu usaha jagung manis bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Sekian informasi dari kami mengenai cara menanam jagung manis semoga bisa bermanfaat untuk anda semua, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Cabe Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *