Panduan Budidaya Lombok Step by Step yang Benar!

Cara Menanam LombokJumpa lagi bersama SentraBudidaya, pada kesempatan kali kami akan membahas budidaya lombok atau cabe. Tanaman yang sangat populer ini memang memiliki penggemar sangat banyak baik kalangan orang tua maupun anak-anak, hal itulah yang menjadikan tingkat kebutuhan lombok atau cabe selalu meningkat setiap tahunnya.

Ternyata kejadian ini tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di beberapa negara besar lainnya, oleh karena itu banyak sekali petani pribumi yang ingin melakukan budidaya cabe namun karena kurangnya pengetahuan membuat mereka sering mengalami kegagalan.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan tahap-tahap menanam lombok atau cabe dan kami berharap artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi seluruh petani Indonesia.

Cara Menanam Lombok
Cara Menanam Lombok

Panduan Cara Menanam Lombok

Dalam budidaya lombok atau cabe terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah tahap-tahap menanam cabe. kali ini kami akan membagi step by step budidaya yaitu :

1. Pemilihan lokasi budidaya

Pada tahap cara menanam lombok yang pertama adalah pemilihan lokasi, dalam pemilihan lokasi terdapat beberapa aspek penting yang benar-benar harus anda perhatikan diantaranya ketinggian lokasi, suhu lokasi, kelembaban dan kadar asam atau pH tanah.

Hal ini dilakukan agar tanaman lombok yang anda budidaya memperoleh semua kebutuhannya untuk tumbuh baik sumber makan agar proses fotosintesis dapat berjalan maksimal sehingga lombok bisa menghasilkan buah berkualitas unggulan. Berikut langkah-langkah pemilihan lokasi budidaya lombok diantaranya :

  • Pada pemilihan lokasi budidaya cabe sebaiknya pilih lokasi atau area yang memiliki ketinggian mencapai 300 hingga 2000 meter.
  • Untuk suhu sebaiknya lokasi atau area memiliki suhu berkisar 25 sampai 27 derajat celcius.
  • Berikut kelembaban tanah, budidaya lombok dapat dilakukan pada lokasi atau area yang memiliki kelembaban standar atau 70 %.
  • Budidaya lombok juga memerlukan kadar keasaman tanah yang cukup, kadar keasaman tanah yang cocok untuk budidaya mencapai 5 sampai 7 pH.
  • Selain itu cari juga lokasi yang dapat memberi unsur hara yang cukup sehingga kegiatan fotosintesis atau memasak makanan dapat dilakukan dengan optimal.

Baca juga yuk: Panduan Cara Menanam Cabe Hidroponik

2. Pengolahan Lahan Budidaya

Pada tahap cara menanam Lombok berikutnya adalah pengolahan lahan budidaya, untuk tahap kali ini memang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan sebelumnya karena anda akan langsung terjun kelapangan dan memperhatikan teori yang kami berikan.

Sebelum kita mulai masuk ke tahap pengolahan lahan, terdapat beberapa alat pertanian yang perlu anda siapkan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering. Begitu alat dan bahan siap baru anda bisa mengikuti langkah-langkah pengolahan lahan berikut ini :

  • Bersihkan lahan budidaya dari rumput maupun tanaman pengganggu lainnya dengan memakai cangkul atau sabit.
  • Untuk lahan yang memiliki kadar keasaman tidak mencapai 5 – 7 atau lebih dapat memberi kapur terlebih dulu lahan tersebut agar pH stabil dan biarkan selama 8-9 hari.
  • Tetapi bagi yang kadar keasamannya cukup dapat langsung melakukan pemupukan, disini kami menyarankan untuk memakai pupuk organik berupa pupuk kandang kering. Takarannya yang baik untuk lahan budidaya Lombok adalah 3:1, 3 untuk tanah dan 1 untuk pupuk kandang kering.
  • Begitu pemupukan selasai anda dapat langsung membuat bedengan dengan lebar 140 cm, ketinggian bedengan 40 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Selain itu tanah juga perlu digemburkan terlebih dulu agar akar tanaman Lombok lebih mudah berkembang dan pupuk dapat lebih tercampur.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat drainase agar saat masuk musim penghujan lahan tidak tergenang oleh air yang dapat merusak pertumbuhan tanaman Lombok.
  • Terakhir buat lubang di bedengan yang digunakan untuk menanam bibit Lombok anda dan setelah itu diamkan selama 1 minggu atau sampai pemilihan serta penyemaian bibit selesai.

3. Pemilihan Bibit Lombok Unggulan

Untuk cara menanam Lombok selanjutnya adalah pemilihan bibit unggulan, kenapa kami menyarankan untuk menggunakan bibit unggulan ? kita ketahui lombok unggulan dapat dijual dengan nilai tinggi dibandingkan dengan biasanya. Selain itu tingkat keberhasilan budidaya Lombok lebih tinggi karena bibit unggul tentu ketahanan dan masa pertumbuhan lebih cepat.

Ciri-ciri indukan Lombok unggulan :

  • Tanaman/batang terlihat kokoh kuat
  • Menghasilkan buah cabai yang lebat
  • Tidak terdapat hama atau penyakit serta tanaman tidak cacat
  • Tanaman memiliki daun yang lebat serta tidak keriting

4. Proses Penyemaian

Tujuan dilakukan penyemaian agar tingkat keberhasilan budidaya Lombok tinggi, selain itu proses penyemaian dilakukan supaya petani lebih mudah melakukan control pada Lombok yang membutuhkan perawatan khusus serta pemberian asupan nutrisi terjaga.

Pada proses penyemaian terdapat 2 metode yang bisa anda lakukan, penyemaian dengan polybag atau penyemaian tanpa polybag. Itu tergantung anda mau menggunakan metode yang mana, kami akan menjelaskan dibawah ini:

Menggunakan Polybag

  • Jika anda memilih menggunakan polybag, tentu bahan yang harus disiapkan polybag berukuran sedang, tanah humus serta pupuk kandang kering.
  • Buat media semai dari bahan yang disiapkan sebelumnya yaitu tanah humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1
  • Setelah itu masukkan kedalam polybag sedang hingga setengah lebih, jangan sampai penuh.
  • Sebelum bibit ditanam sebaiknya redam dulu menggunakan ari hangat kuku selama 3 sampai 4 menit.
  • Begitu selesai direndam bibit baru bisa ditanam dipolybag yang sudah diisi media semai dan siram menggunakan air secukupnya.
  • Bibit cabe akan tumbuh selama kurang lebih 1 minggu.
Bibit Lombok
Bibit Lombok

Tanpa Menggunakan Polybag

  • Untuk anda yang memilih tidak menggunakan polybag dapat memakai bedengan berukuran kecil sebagai wadah penyemaian
  • Bahan yang digunakan untuk media semai hampir sama dengan diatas
  • Sama dengan diatas, sebelum melakukan penanaman bibit sebaiknya calon Lombok direndam menggunakan air hangat selama 3 hingga 4 menit
  • Setelah itu tanaman dibedengan dengan cara ditaburkan lalu siram menggunakan air secukupnya
  • Lombok akan tumbuh tunas selama 1 minggu kurang lebih, tergantung jenis Lombok yang dibudidayakan.

5. Proses Penanaman Lombok

Cara menanam Lombok dapat dilakukan setelah lahan dan bibit selesai diproses kurang lebih 1 mingguan, jadi bibit Lombok yang siap ditanam memiliki tinggi 7 sampai 10 cm dan memiliki daun2 hingga 3 helai.

Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Cabe Di Pot yang Benar!

Ada baiknya untuk melakukan cara menanam lombok pada pagi atau sare hari, untuk menghindari bibit cepat layu. Kali ini anda hanya perlu melepas polybag atau mengambil dari bedengan lalu masukan kedalam lubang yang telah  disiapkan sebelumnya, Siram dengan air secukupnya.

Proses Menanam Lombok
Proses Menanam Lombok

6. Proses Perawatan

Cara menanam lombok tidak selesai sampi tanam penanaman, kita ketahui kuliatas lombok dapat dijaga bila semua kebutuhan tanaman lombok tercukupi baik dari segi unsur hara serta asupan air tercukupi. Berikut ini cara perawatan tanaman lombok yang dapat anda lakukan yaitu :

  • Melakukan pembersihan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan lombok disekitar lahan budidaya
  • Anda juga perlu melakuakn pemangkasan batang tunas lombok dan sisakan 3 batang agar dapat memproduksi buah lombok utama
  • Melakukan pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk kandang kering 3:1 agar kebutuhan unsure hara tercukupi, pada saat cabe masuk fase pembuahan tingkat pemupukan sangat diperlu agar lombok mendapat rangsangan yang maksimal.
  • Melakukan penyimaran kedaerah sensitive, karena menyiram dengan air bersih bisa membantu proses pelarutan unsur-unsur organic pada tanah

7. Proses Panen

Pada cara menanam lombok terakhir adalah panen, panen dapat dilakukan setelah tanaman lombok berumur 80 hari dari masa awal penanaman. Dalam panen terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menjaga kualitas lombok yang anda budidayakan yaitu :

  • Proses pemetikan cabe harus beserta dengan tangkainya
  • Jika terdapat buah lombok yang busuk atau rusak harus segera dipetik agar tidak menular kebuah lainnya.
  • Lakukan panen pada pagi atau sore karena panen yang dilakukan siang hari akan meningkatkan penyusutan berat lombok dan lombok cepat layu.
  • Cara memetik lombok yang benar adalah memutar sesuai dengan arah jarum jam bukan menariknya.

Tanaman yang sangat mudah dibudidayakan ini ternyata mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh, bukan hanya itu saja nilai jual lombok pun cukup tinggi. Oleh karena budidaya lombok merupakan salah satu bisnis pertanian yang menjanjikan hasil besar.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai cara menanam lombok, semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Menanam Hidroponik Cabe Step by Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *