Cara Budidaya Tanaman Kunyit yang Benar

Cara Menanam Kunyit – Tanaman yang mudah dibudidayakan serta kaya akan manfaat ini dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, namun dalam proses budidaya anda perlu memperhatikan perawatan tanaman agar hasil panen sesuai dengan harapan. Tanaman yang masuk dalam keluarga obat-obatan berupa semak dan memiliki sifat tahunan tersebar diseluruh daerah tropis di dunia.

Pada negara Indonesia budidaya kunyit terbesar berada di jawa tengah dengan jumlah produksi mencapai 12.323 kg/ha. Pada daerah jawa kunyit digunakan sebagai bahan utama obat tradisional seperti jamu, kosmetik, bumbu masak dan bahan pangan peternakan

Pada kesempatan kali ini SentraBudidaya akan menjelaskan cara menanam kunyit step by step, namun sebelum masuk tahap budidaya lebih baik anda mengetahui apa saja manfaat yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsi kunyit yang diolah sebagai jamu, masakan atau kosmetik dibawah ini.

Manfaat Kunyit

Selain mudah dibudidayakan ternyata kunyit juga kaya akan manfaat bagi tubuh sehingga konsumen tanaman ini selalu meningkat, berikut ini beberapa manfaat kunyit yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsinya, yaitu :

Anti Inflamasi (peradangan), Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis), Pencegahan Kanker, Meningkatkan Antioksidan, Meningkatkan Fungsi Hati, Mengurangi Resiko Leukimia, Perlindungan kardiovaskular (Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) dan Mencegah Alzaimer.

Itu lah sedikit manfaat dari kunyit, berikutnya kami akan membahas topik utama artikel ini yaitu cara menanam kunyit step by step dibawah ini.

Cara Menanam Kunyit
Cara Menanam Kunyit

Panduan Cara Menanam Kunyit

Setelah kami membahas manfaat kunyit bagi tubuh, selanjutnya kami akan membahas topik utama artikel ini yaitu cara menanam kunyit step by step dibawah ini.

1. Pemilihan bibit kunyit

Pada tahap pertama dalam cara menanam kunyit adalah pemilihan bibit, penggunaan bibit yang berkualitas baik akan menentukan hasil panen nantinya oleh karena kami akan memberikan syarat bibit berkualitas dibawah ini, yaitu :

  • Pastikan bibit berasal dari tanaman yang subur, sehat, memiliki dau banyak serta sehat
  • Bibit terhindar dari hama dan penyakit
  • Bibit berasal dari tanaman kunyit yang sudah berumur 7 sampai 12 bulan
  • Ukuran, bentuk dan warna sama
  • Bibit pernah mengalami dormansi atau pengistirahatan sebelum ditanam.

2. Penyemaian Bibit Kunyit

Cara menanam kunyit berikutnya adalah penyemaian bibit kunyit, tujuan dilakukan penyemaian agar bibit dapat tumbuh secara maksimal, proses kontrol petani lebih mudah dan bibit kunyit mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut ini cara penyemaian bibit kunyit yang bisa anda lakukan, yaitu :

  • Letak bibit kunyit ditempat yang bersuhu 25 sampai 28 derajat celcius
  • Biarkan selama 1 sampai 11/2 bulan berangin angin
  • Anda juga meletak bibit kunyit ditempat yang tersedia jerami dengan suhu 25 sampai 28 derajat celcius
  • Selain itu anda juga bisa merendam bibit kunyit dilarutan ZPT selama 3 jam.
  • Biarkan juga selama 1 bulan hingga bibit tumbuh tunas dan siap ditanam.

3. Pengolahan Media Tanam

Setelah anda melakukan penyemaian bibit kunyit, tahap selanjutnya dalam cara menanam kunyit adalah pengolahan lahan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas budidaya kunyit menggunakan bedengan namun jika anda ingin menggunakan pot atau polybag juga bisa yang perlu diperhatikan adalah media penanaman yang akan digunakan untuk pertumbahn kunyit berupa tanah humus, jerami dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1:1.

Cara menanam kunyit menggunakan bedengan cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa alat seperti cangkul, sabit dan pupuk kandang kering. Setelah alat dan bahan siap, bersihkan lahan dari hama pengganggu seperti rumput dan tanaman lainnya menggunakan cangkul dan sabit.

Lalu cangkul tanah atau gembur tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm dan beri pupuk kandang kering agar tercampur lebih rata. Begitu lahan selesai di cangkul, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 60 sampai 100 cm, tinggi 25 hingga 50 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Jangan lupa untuk membuat drainase disekitar bedengan agar pengaliaran air lancar.

4. Proses Penanaman Kunyit

Tanaman kunyit akan tumbuh baik jika ditanam pada awal musim hujan dan dipanen pada awal musim kemarau. Sebelum melakukan proses penanaman buatlah lubang di bedengan dengan ukuran 30 x 30 cm dan kedalaman 60 cm serta jarak antar lubang 60 cm x 60 cm.

Budidaya Tanaman Kunyit
Budidaya Tanaman Kunyit

Cara menanam kunyit sangatlah mudah, anda hanya perlu mengambil bibit kunyit yang sudah disiapkan sebelum lalu tanam kedalam lubang di bedengan dan beri pupuk kandang kering lalu tutup menggunakan tanah. Penanaman kunyit sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan dan dipanen pada awal musim kemarau selama 7 hingga 8 bulan.

Artikel terkait: Cara Menanam Jagung Manis yang Baik dan Benar

5. Proses perawatan kunyit

Tanaman kunyit tetap memerlukan perawatan agar dapat tumbuh dengan maksimal serta hasil umbinya nanti memiliki kualitas unggulan, berikut beberapa perawatan kunyit yang bisa anda lakukan dalam cara menanam kunyit yaitu :

  • Penyulamann

Kegiatan ini dilakukan saat tanaman kunyit mengalami kematian, sehingga anda perlu mengganti dengan tanaman yang baru namun penyulaman hanya dapat dilakukan pada tanaman yang berumur 1 minggu kurang tujuannya agar masa pertumbuhan kunyit seragam.

  • Penyiangan

Proses perawatan tanaman kunyit adalah penyiangan, proses bertujuan untuk membersihkan lahan dari hama pengganggu seperti rumput atau gulma. Proses ini dilakukan saat tanaman berumur 2 minggu namun juga bisa kurang atau lebih dari 2 minggu sesuaikan dengan kondisi lahan.

  • Pembubunan

Proses ini dilakukan pada tanamanan yang berumur 3 sampai 4 bulan, caranya dengan menimbun kembali tanah yang terbawa oleh air di sekitar bedengan oleh karena drainase sangat diperlukan agar air tidak tergenang akibat hujan yang terus menerus.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan agar tanaman kunyit memperoleh nutrisi yang cukup sehingga proses pembuahan dapa dilakukan secara maksimal. Disini kami menyarankan untuk melakukan pemupukan dengan pupuk organik atau pupuk kadang dari hewan ternak. Jumlah pupuk yang bisa anda gunakan adalah 45 ton per hektar dengan jumlah tanaman mencapai 160.000.

  • Pengairan dan penyiraman

Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang penting drainase disekitar bedengan sebab tanaman kunyit tidak menyukai kondisi tanah yang tergenang oleh air karena dapat mengakibatkan pembusukan umbi kunyit.

  • Waktu penyemprotan pestisida

Selanjutnya penyemprotan hama dan penyakit yang menyerang tanaman kunyit dapat dilakukan agar kunyit dapat terhindar dari penyakit yang mengakibatkan pembusukkan umbu. Dosisn penyemprotan pestisida dapat dilihat pada label kemasan.

6. Proses Panen Kunyit

Cara menanam kunyit yang terakhir adalah panen, proses yang sangat ditunggu tunggu oleh petani. Proses panen dilakukan pada tanaman kunyit yang sudah berumur 7 sampai 8 bulan tergantung pola yang anda pilih. Ciri- ciri tanaman kunyit yang siap dipanen dapat dilihat dari berubahnya warna daun yang awalnya hijau berbuah menjadi kuning atau layu.

Panen dilakukan dengan cara pembongkaran bedengan  menggunakan cangkul atau garpu, namun sebelum melakukan pembongkaran lebih baik daun dan batang dibongkar terlebih dulu agar proses pengemasan tanah tidak ikut masuk kedalam karung.

Tanaman kunyit sangat mudah serta kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, budidaya kunyit sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan namun anda harus tetap memperhatikan drainase disekitar bedengan agar pengaliran air lancar dan tanah dibedengan tidak tergenang air. Semoga cara menanam kunyit diatas tadi bisa menjadi referensi bagi anda untuk melakukan budidaya kunyit dirumah, terima kasih.

Simak juga: Cara Menanam Kacang Hijau Step by Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *