Rahasia Menu Makanan Burung Parkit agar Rajin Gacor

Makanan Burung Parkit – Memiliki warna cerah yang menawan, variatif, dan indah dipandang, burung Parkit menjadi salah satu burung peliharaan yang banyak dicari oleh para penghobi burung.

Selain memiliki bulu-bulu indah tersebut, daya pikat burung ini hadir dari kepiawaian kicau berkarakter yang dimilikinya. Dengan perawatan dan pola menu makanan burung parkit yang terbilang masih mudah, rasanya sulit untuk menolak burung satu ini ke dalam daftar burung peliharaan anda.

Bagi anda yang memang berniat meminang burung satu ini untuk peliharaan baru, selain memberikan perawatan yang baik, hal yang tak kalah penting yaitu memberikan menu makanan yang membuat burung bercorak indah ini tetap dalam keadaan sehat dan memiliki performa prima dalam memberikan suara kicauan terbaiknya.

Jenis Makanan Burung Parkit
Jenis Makanan Burung Parkit

Burung parkit sendiri merupakan penyuka makanan biji-bijian, termasuk pada jenis burung paruh bengkok.

Simak jgua yuk: Kombinasi Makanan Burung Pleci Agar Gacor dan Ngalas

Menu Makanan Burung Parkit Agar Gacor

Nah, bagi yang sudah penasaran, langsung saja simak beberapa pilihan menu makanan burung Parkit tepat dan sehat berikut ini:

Biji-bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung Parkit

Burung yang juga banyak dikenal dengan nama betet atau bayan ini merupakan salah satu jenis burung yang memiliki struktur paruh bengkok. Bentuk paruh semacam ini menandakan jika pakan utama mereka di alam bebas berupa biji-bian, sehingga tak heran pakan biji-bijian menjadi yang terfavorit bagi burung parkit.

Adapun beberapa jenis bijian yang cocok untuk dijadikan pakan burung ini diantaranya biji jagung, beras merah, dan berbagai jenis milet. Untuk pemberian pakan biji jagung, usahakan untuk diberikan ketika jagung masih dalam keadaan segar dan basah.

Anda bisa merendam jagung dalam air untuk memastikan kualitasnya masih segar dan bagus atau tidaknya. Jika tenggelam, bisa dipastikan kualitas jagung masih segar.

Sedang, pemilihan beras merah yang memiliki kualitas bagus bisa dilakukan dengan melakukan pembelian secara langsung kepada petani sehingga lebih fresh dan bernutrisi untuk asupan si burung.

Sayuran

Menu makanan burung parkit yang baik untuk menunjang kesehatan selanjutnya yakni berbagai macam jeni sayur-mayur yang masih segar. Beberapa jenis sayur yang baik untuk diberikan yakni bayam, kol, brokoli, dan juga tauge.

Pemberian sayur pada burung ini hanya bersifat sebagai pakan selingan untuk pakan pokok biji-bijian. Anda bisa memberikan sayur sekitar dua kali dalam seminggu saja. Perlu diketahui, sebaiknya anda tak memberikan pakan sayur berupa terong karena banyak pemelihara burung yang tak menganjurkannya.

Buah

Selain sayur-mayur, jenis pakan lain yang tak kalah disukai oleh burung Parkit yaitu berbagai macam jenis buah. Meski begitu, bukan berati anda bisa memberikan semua jenis buah pada burung ini. Hanya ada beberapa jenis yang memang digemari yakni melon, pisang, pir, dan juga buah apel.

Sedang untuk jenis buah yang sebaiknya dihindari sebagai pakan burung parkit yakni buah alpukat. Buah jenis ini dianggap memiliki efek yang kurang baik terhadap perkembangan burung parkit.

Batu kerikil

Bagi anda yang masih awam dalam pemeliharaan burung parkit, mungkin anda akan kebingungan dan bertanya-tanya kenapa batu kerikil menjadi makanan burung parkit yang perlu diberikan. Meski tak lazim dan terkesan aneh, pakan berupa batu kerikil kecil memang sebuah pola menu yang memang perlu untuk diberikan.

Hal ini dilakukan untuk membantu proses pencernaan makanan agar proses penyerapan nutrisi terjadi secara maksimal. Pakan ini bersifat pelengkap saja dalam jumlah yang sedikit dan tak selalu harus ada. Tak hanya Parkit, burung lain seperti merpati dan beberapa jenis lainnya juga sering melakukan kebiasaan ini saat hidup bebas di alam.

Pakan Jadi

Buat sobat kicau mania, selain diberikan makanan yang berasal dari alam, anda juga bisa memberikan si kecil yang lucu ini pakan yang sudah jadi.

Pakan yang sudah jadi ini biasanya berupa makanan olahan dan gabungan dari bermacam jenis makanan dan juga mengandung berbagai macam vitamin yang sesuai dengan burung tersebut.

Berilah suplemen yang terdapat kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan burung parkit ini.

****

Dmeikianlah ulasan mengenai makanan burung parkit yang sebaiknya anda berikan ke burung kecil tapi lucu ini agar bisa gaocr mecocor terus. Artikel terkait: Harga Burung Parkit Terbaru Semua Jenis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *