Menu Makanan Burung Kacer Untuk Performa Gacor Unggulan

Makanan Burung Kacer – Sebagai salah satu andalan dalam dunia perkiacuan, burung Kacer memang banyak dijadikan petarung di berbagai kompetisi karena terkenal dengan kualitas suara jempolan dan performa yang apik.

Tubuh yang sehat, perawakan gempal, serta pergerakan yang gesit dan lincah menjadi menjadi beberapa modal utama untuk burung ini bisa bersaing di ajang kicau.

Meski begitu, mendapatkan performa kicau unggulan burung Kacer bisa dibilang hal yang gampang-gampang susah. Selain dari cara perawatan yang musti tepat, pemilihan menu makanan burung kacer sendiri harus jeli dan diperhatikan.

Artikel terkait: Panduan Cara Budidaya Kacer untuk Pemula

Makanan Burung Kacer
Makanan Burung Kacer

Menu Makanan Burung Kacer Untuk Performa Gacor Unggulan

Bagi anda pecinta burung Kacer yang menginginkan burung jagoan anda selalu berada fit dalam kondisi puncak untuk bisa memberikan performa kicau terbaiknya, berikut beberapa menu makanan burung Kacer yang bisa anda berikan:

1. Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu dari sekian menu favorit yang dimiliki burung kicauan satu ini karena menu makanan satu ini merupakan makanan burung Kacer yang hidup di alam bebas. Selain sangat mudah disantap, jangkrik juga memiliki manfaat akan kandungan nutrisi yang bagus sebagai penunjang dan penjaga vitalitas burung Kacer.

Untuk frekuensi pemberian pakannya sendiri, anda bisa memberikan pakan jangkrik pada pagi dan sore hari dengan jumlah sekitar 5 ekor dalam sekali penyajian.

2. Ulat Hongkong

Menu makanan burung Kacer yang sering diberikan oleh para pecinta burung ini selanjutnya yaitu ulat Hongkong. Meski memiliki kandungan protein dan kalori yang bagus, pemberian pakan ulat Hongkong sebagai ekstra fooding haruslah tetap diperhatikan dan jangan berlebihan karena sifat pakan ini sendiri menghangatkan tubuh burung Kacer. Pemberian jumlah yang ideal biasanya sebanyak 6 ekor menjelang perlombaan.

3. Telur semut, Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Sebagai salah satu ekstra fooding yang bagus bagi burung Kacer, telur semut kroto bermanfaat untuk merangsang performa gacoran yang dimiliki si burung. Selain itu, kandungan gizi dan protein yang lumayan tinggi juga bisa membantu burung dalam menjaga kesehatan sehingga mampu memberikan performa primanya.

Untuk kadar jumlah pemberian sendiri bisa disesuaikan menurut kebutuhan makan burung Kacer anda dan sebaiknya dihentikan dulu menjelang 2 hari sebelum perlombaan.

4. Ikan

Meski di alam bebas ikan bukan merupakan mangsa alami dari burung kacer, akan tetapi menurut kebanyakan pecinta burung Kacer, ikan mampu meberikan berbagai manfaat yang baik bagi si burung. Pakan ini banyak digunakan untuk memberi asupan pada burung yang sedang stress agar terangsang dan mampu memunculkan gacoran terbaiknya kembali.

Terlebih lagi, kandungan omega 3 dan omega 6 serta protein yang dimiliki ikan juga sangat bagus dalam meningkatkan karakter khas dan kesehatan burung Kacer jagoan. Untuk penyajiannya, anda bisa memotong daging ikan kecil-kecil agar mudah dimakan ataupun bisa diberikan dalam keadaan utuh untuk ikan yang berukuran kecil.

5. Voer

Voer Burung
Voer Burung

Menu makanan burung Kacer yang terakhir dan tak boleh terlewatkan yakitu Voer. Bentuknya yang bulat memanjang seperti pelet memang menjadi pakan pokok bagi kebanyakan jenis burung kicau karena terbuat dari berbagai bahan bernutrisi dan bervitamin yang bagus untuk perkembangan burung.

Voer bisa diberikan setiap hari dengan jumlah takaran yang tepat dan tak berlebih. Pemberian pakan pokok ini biasanya dikombinasikan dengan ekstra fooding dari berbagai hewan kecil seperti jangkrik, ulat, telur kroto, dan lain sebagainya agar burung tak jenuh. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa voer yang menempel pada wadah untuk menghindari tumbuhnya jamur tiap 2 hari sekali.

6. Cacing

Cacing Tanah via tipsehatcantikalami
Cacing Tanah via tipsehatcantikalami

Sobat breeder, anda juga bisa memberikan cacing sebagai makanan burung kacer anda. Anda bisa memberikan cacing tanah sumber protein hewani burung anda.

Pemberian pakan berupa cacing ini untuk kombinasi jenis pakan Kacer bisa dilakukan 2 kali dalam 1 minggu.

***

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung kacer yang bisa anda berikan agar burung rajin gacor. Semoga bermanfaat. Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Kacer Terbaru di Pasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *