Manfaat Pupuk KNO3 Merah dan Putih untuk Tanaman!

Pupuk KNO3 – Berbicara mengenai pupuk memang banyak sekali jenisnya yang mampu memenuhi kebutuhan para petani. Saat ini telah hadir pula salah satu pupuk yang dinamakan pupuk KNO3. Pupuk tersebut merupakan salah satu pupuk yang hadir dengan kombinasi kalium maupun nitrogen yang sangat di butuhkan tanaman.

Kandungan K2O pada KNO3 ini antara 45 hingga 46 persen dan juga nitrogen sekitar 13 persen. Pupuk ini bahkan juga cocok sekali guna memenuhi kebutuhan unsur kalium yang ada pada tanaman.

Ternyata pupuk yang satu ini hadir dalam dua pilihan yakni pupuk KNO3 merah dan juga Putih. Pupuk KNO3 merah merupakan salah satu pupuk yang mempunyai kandungan nitrogen maupun kalium. Pupuk tersebut mempunyai warna merah dengan kandungan unsur hara yang lebih sedikit.

Pupuk KNO3 merah ini telah hadir dalam bentuk kristal dengan warna merah. Sehingga anda bisa membedakannya dengan jenis pupuk yang lainnya.

Manfaat Pupuk KNO3
Manfaat Pupuk KNO3

Artikel terkait: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakannya

Kandungan Pupuk KNO3 Merah

Pupuk KNO3 merah mudah sekali terlarut dalam air bahkan mampu bereaksi netral. Pupuk yang satu ini pastinya akan bagus sekali bila anda pergunakan untuk memenuhi unsur kalium yang ada pada tanaman yang begitu sensitif akan clorida. Semisal saja di berikan pada tanaman tembakau. Adapun untuk beragam kandungan yang telah ada dalam pupuk KNO3 merah ini di antaranya:

  • Unsur Nitrogen

Nitrogen adalah salah satu komponen penting yang berasal dari semua protein. Jika tanaman kekurangan asupan nitrogen yang sering membuat pertumbuhan tanaman semakin terhambat. Sebagian besar dari nitrogen telah di ambil oleh tanaman yang berasal dari tanah dalam bentuk NO3.

  • Unsur Natrium

Unsur natrium yang ada pada tanaman memang mempunyai peranan yang begitu penting dalam hal membuka stomata maupun menggantikan suatu peranan unsur K. ternyata unsur natrium ini mampu membantu pembentukan umbi pada tanaman.

  • Unsur Boron

Sebetulnya unsur hara boron ini hanya di perlukan sedikit saja oleh tanaman. Ternyata tanaman hanya membutuhkan sekitar 1 gram saja boron. Hanya saja unsur boron ini mempunyai peranan yang begitu penting untuk pertumbuhan tanaman.

Peranannya tentu saja untuk meningkatkan kualitas dari tanaman bahkan juga bisa menjaga tanah supaya tetap dalam keadaan yang bagus.

  • Unsur Kalium

Kandungan kalium yang ada pada pupuk KNO3 merah ini mempunyai peranan penting dalam hal mengatur pembukaan maupun penutupan stomata. Kalium ini juga berperan dalam proses penguapan sehingga ketahanan tanaman pun akan semakin meningkat.

Kalium pun juga memiliki fungsi mampu meningkatkan daya tahan pada tanaman dari adanya serangan penyakit. Jadi penting sekali untuk melengkapi kebutuhan unsur kalium pada tanaman yang anda miliki.

Baca juga: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair

Manfaat Pupuk KNO3 Merah

Dari berbagai macam kandungan yang ada dalam pupuk KNO3 merah ini memang mampu memberikan banyak keuntungan pada tanaman. Jika anda masih merasa penasaran dengan manfaatnya. Inilah berbagai macam fungsi yang bisa anda peroleh dari pupuk ini, diantaranya:

  • Memicu pertumbuhan bunga dan juga buah.
  • Produksi tanaman akan semakin meningkat.
  • Kualitas buah, biji maupun umbi bisa semakin meningkat.
  • Mampu mencegah adanya penyakit anyir umbi.
  • Kualitas aroma maupun rasa bisa semakin meningkat.
  • Mampu tingkatkan berat buah, biji maupun umbi.
  • Meningkatkan transportasi karbohidrat yang ada dalam tanaman.

Setelah anda mengenal pupuk KNO3 merah, kini anda juga perlu mengetahui berbagai penjelasan mengenai pupuk KNO3 putih. Pupuk yang satu ini merupakan salah satu pupuk kimia dengan adanya kandungan nitrogen maupun kalium. Pupuk ini telah hadir dalam bentuk kristal dengan warna putih bahkan pupuk ini juga dinilai mudah sekali terlarut dalam air. KNO3 mampu bereaksi netral bahkan juga tidak mempuntai sifat asam.

Artikel terkait: Pupuk Buah Terbaik untuk Kelengkeng, Sawit Dll

Kandungan Pupuk KNO3 Putih

Pupuk KNO3 putih ini ternyata hanya memiliki dua unsur yang di butuhkan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Dengan pemberian pupuk KNO3 putih tersebut pastinya tanaman anda akan semakin subur bahkan juga mampu menghasilkan panenan yan berkualitas. Sementara untuk kandungan yang ada dalam pupuk KNO3 putih ini ternyata hadir dalam 2 unsur yakni:

Unsur Kalium

Kandungan kalium yang terdapat dalam pupuk KNO3 ini mempunyai peranan yang begitu penting dalam hal mengatur pembukaan sekaligus penutupan stomata. Kalium ini ternyata juga mampu tingkatkan ketahanan tanaman akan kekeringan.

Bahkan menariknya lagi daya tahan tanaman akan hama penyakit juga semakin meningkat. Jadi alangkah baiknya anda penuhi kebutuhan unsur kalium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Unsur Nitrogen

Nitrogen merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari semua protein yang ada. Jika tanaman kekurangan asupan nitrogen maka pertumbuhannya pun bakalan semakin melambat. Jadi alangkah baiknya anda penuhi kebutuhan unsur nitrogen yang di butuhkan oleh tanaman demi mendukung pertumbuhannya.

Baca juga: Cara Penggunaan Pupuk Daun

Manfaat Pupuk KNO3 Putih

Dari kedua jenis pupuk KNO3 yang merah maupun putih ini memang mampu membantu pertumbuhan tanaman. Alangkah baiknya anda memberikan pupuk tersebut sesuai dengan takaran maupun dosis yang telah tersedia.

Jangan sampai takaran yang anda berikan melebihi dosisnya sebab tidak bagus juga untuk pertumbuhan tanaman. Ternyata pupuk KNO3 putih ini juga mempunyai berbagai macam manfaat yang begitu penting untuk tanaman.

Jika anda penasaran dengan manfaatnya, inilah berbagai macam fungsi dari pupuk KNO3 putih yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

  • Adanya unsure kalium mampu mencegah adanya kerontokan pada bunga maupun buah.
  • Mampu tingkatkan ketahanan tanaman akan kekeringan.
  • Mampu meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan penyakit jamur patogen.
  • Mampu memicu pertumbuhan maupun perkembangan akar.
  • Mampu merangsang pertumbuhan vegetatif.
  • Jumlah anakan akan semakin meningkat.
  • Rasa pedas, manis maupun asam akan semakin meningkat.
  • Adanya unsur N juga mampu tingkatkan kandungan protein bahkan juga meningkatkan jumlah dari bulir padi dan juga rumpun.

Itulah tadi berbagai macam manfaat yang bisa di peroleh para petani jika menggunakan pupuk KNO3 putih pada tanaman mereka. Pastinya kedua jenis pupuk entah itu pupuk KNO3 merah maupun putih ini mempunyai manfaat yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Terlebih berbagai macam kandungan unsur yang ada di dalamnya memang bagus sekali untuk pertumbuhannya.

Banyaknya jenis pupuk seakan membuat para petani merasa bingung untuk menentukan pilihan. Tetapi dengan hadirnya pupuk KNO3 merah maupun putih ini ternyata juga mampu memenuhi kebutuhan para petani.

Apalagi sekarang ini kedua pupuk tersebut telah beredar luas di pasaran sehingga anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mendapatkan produk pupuk KNO3 ini.

Jangan lewatkan juga: Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk TSP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *