Manfaat Pupuk Kiserit untuk Kelapa Sawit

Pupuk Kiserit – Kieserite atau Magnesium sulfat adalah sumber unsur hara belerang dan magnesium yang sangat baik untuk tumbuh kembang tanaman.

Jenis pupuk yang satu ini paling banyak diaplikasikan pada pertanian hortikultura. Nah, salah satu keuntungan terbesar dari penggunaan pupuk ini yaitu cocok untuk semua jenis tanah dan jenis tanaman, tidak terpengaruh oleh bagaimana kondisi keasaman dari tanah.

Kiserit mengandung MgO mencapai 28 – 33% dan berwarna abu-abu. Pupuk kiserit tersedia dalam bentuk kemasan 50 kg di pasaran.

Pupuk kiserit ini menawarkan banyak keunggulan, yaitu bersifat 100% alami, mudah larut di dalam tanah, aman terhadap kesehatan lingkungan, mudah dan praktis digunakan, tidak mengubah struktur tanah, serta tidak akan meracuni tumbuhan.

Kieserite sendiri merupakan jenis pupuk yang dapat terurai serta bereaksi secara cepat. Pupuk ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat unsur magnesium sedang dibutuhkan oleh tanaman dengan segera.

Sumber kieserite dapat berasal dari tambang alam dan Jerman, bisa pula dari proses pemurnian produk.Keduanya menghasilkan kandungan unsur yang sama, yakni Magnesium Sulfat atau MgSO4·H2O.

Kiserite dapat langsung diaplikasikan pada tanah. Bentuknya adalah granular atau bubuk, sehingga cocok diaplikasikan dengan cara penebaran. Pupuk ini juga dapat dicampur bersamaan dengan pupuk jenis lain.

Pupuk Kiserit
Pupuk Kiserit

Teknik Aplikasi Pupuk Kiserit

Teknik pengaplikasikan pupuk kieserite umumnya diberikan sebelum masa penanaman dan selama fase pertumbuhan tanaman. Sifatnya yang cepat larut, membuat pupuk kiserite ini sangat baik untuk memenuhi unsur hara ketika tanaman di puncak pertumbuhan.

Kiserit tidak dapat diberikan sebagai pupuk foliar atau pupuk yang pengaplikasiannya dengan cara disiramkan. Namun, Kieserite umumnya juga dapat dipakai untuk bahan baku pembuatan garam epsom atau MgSO4·7H2O karena sifatnya yang terlarut sempurna serta cocok diaplikasikasikan dengan teknik siram maupun irigasi.

Tanah dengan kandungan magnesium yang rendah sangat memerlukan tambahan unsur hara pada pupuk kiserit ini. Tanah berpasir atau tanah dengan pH rendah merupakan tanda dari rendahnya kandungan magnesium yang tersedia pada tanaman. Pada kondisi tersebut, tentu sangat diperlukan pemupukan kiserite untuk memberi tambahan nutrisi magnesium bagi tanaman.

Sementara itu, tanah di wilayah tropis dan tanah berlempung, biasanya akan mempunyai kandungan magnesium yang sangat mencukupi serta jarang terjadi peristiwa pencucian unsur hara magnesium oleh air.Aplikasi pupuk kiserite biasanya menggunakan dosis sekitar 150-300 kg per hektar dan tergantung dari bagaimana jenis tanaman serta kondisi tanah.

Pupuk Kiserit untuk Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditi tanaman yang menjadi andalan Indonesia dalam sektor perkebunan. Permintaan pasar terhadap minyak kelapa sawit pun terus mengalami peningkatan.

Untuk itulah, petani semakin berupaya untuk terus meningkatkan budidaya kelapa sawit di Indonesia. Selain itu, banyaknya perkebunan kelapa sawit di Indonesia pun turut serta dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan masyarakat.

Tanaman sawit perlu mendapatkan asupan nutrisi berupa unsur magnesium dengan pemberian pupuk kiserit yang kaya akan kandungan MgSO4.H2O.

Fungsi unsur magnesium dalam pupuk kiserit adalah untuk membantu proses tanaman dalam pembentukan klorofil, lemak, karbohidrat, dan minyak. Unsur magnesium juga memiliki peran penting untuk mendukung transportasi unsur phosphat dalam tubuh tanaman.

Pupuk kiserit merupakan jenis pupuk dengan kandungan magnesium yang tinggi. Pupuk kiserit diproduksi dengan menggunakan bahan magnesit atau MgCO3 serta brucit Mg(OH)2. Oleh karena itu, pupuk kiserit ini ditulis dengan rumus kimia MgSO4.H2O dan dibaca Magnesium Sulfat Omo.

Bentuk pupuk kiserit adalah bubuk yang warnanya putih keabu-abuan. Kiserit bersifat larut dalam air. Kandungan di dalam pupuk kiserit berupa 29% MgO, 23% S, serta 48% carrier atau zat pembawa. Karena mengandung unsur sulfur dengan kadar yang cukup tinggi, maka menjadikan pupuk ini kurang efektif jika digunakan untuk tujuan pengapuran tanah.

Tanaman sawit sangat membutuhkan magnesium guna mendukung pertumbuhan dan kehidupannya. Manfaat unsur magnesium bagi tanaman sawit adalah untuk membantu proses pembentukan klorofil.

Selain itu, unsur magnesium pun berperan menjadi kofaktor enzim dalam berbagai proses metabolisme. Dalam hal ini mencakup proses transfer energi, pembentukan sel, distribusi karbohidrat ke semua jaringan tanaman, pembentukan protein pati, serta transportasi phosphor pada tubuh tanaman.

Manfaat Pupuk Kiserit Bagi Pohon Kelapa Sawit

Pupuk kiserit termasuk golongan pupuk tunggal dengan manfaat utama sebagai zat yang membantu untuk memperbaiki sifat-sifat kimia dan fisik tanah.

Selain itu, pupuk kiserit juga memiliki banyak sekali manfaat ketika diaplikasikan pada tanaman kelapa sawit. Nah, di bawah ini merupakan deretan manfaat kiserit untuk tanaman kelapa sawit:

  1. Memperbaiki struktur dan kondisi tanah yang mengalami kerusakan sebab penggunaan pupuk kimia
  2. Meningkatkan keasaman atau pH tanah
  3. Meningkatkan produksi zat hijau daun atau klorofil secara lebih sempurna
  4. Meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit secara kuantitas
  5. Meminimalisir tanaman keracunan akibat tingginya kandungan Fe dan Al pada tanah
  6. Meningkatkan rendemen Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit
  7. Meningkatkan kualitas buah sawit hasil panen
  8. Mendorong pertumbuhan bibit sawit pada fase pembibitan awal
  9. Menyediakan unsur hara phosphat dalam tanah
  10. Membantu proses pembentukan lemak dan karbohidrat pada tanaman

Cara Pemupukan Sawit dengan Pupuk Kiserit

Pemupukan untuk perkebunan kelapa sawit tentu tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk perkebunan sawit di tanah datar, pemupukan dilakukan dengan penaburan secara merata, yaitu sekitar ½ meter jaraknya dari pohon sawit sampai pinggir lingkaran.

Teknik penaburan yang tepat akan meningkatkan penyerapan pupuk kiserit, sehingga unsur hara dalam pupuk bisa diserap maksimal secara optimal untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Sebaiknya, jangan sekalipun menyebarkan pupuk kiserit tidak di tempatnya. Hal ini dapat berpengaruh besar pada hasil kelapa sawit nantinya. Contohnya, jangan pernah mencoba untuk menaburkan pupuk di pangkal tanaman maupun menyebarkan di jalan.

Hal tersebut dapat menyebabkan tanaman hama tumbuh semakin subur. Lebih baik jika pupuk disebarkan tepat di bagian kepala pohon sawit yang mempunyai akar rambut dengan jumlah paling banyak.

Selain itu, pastikan untuk selalu menakar pupuk memakai alat takaran khusus pemupukan supaya dosis pupuk yang diberikan lebih tepat dan sesuai dengan anjuran. Jika ingin menggunakan pupuk cair untuk pohon sawit, maka bisa gunakan tutup botol kemasan pupuk untuk pemupukannya atau bisa juga langsung dituangkan dengan ember.

Pupuk kiserit sangat baik untuk merangsang produktivitas dari tanaman buah kelapa sawit, tentunya dengan memberikan takaran yang pas. Jika pupuk diberikan dengan jumlah berlebih, maka akan mengakibatkan dampak buruk.

Efektivitas proses pemupukan tanaman dapat dilihat dari waktu pengaplikasiannya. Pastikan untuk melakukan pemupukan di musim dan di waktu yang tepat supaya tidak mengganggu pertumbuhan pohon kelapa sawit.

Menyebarkan pupuk kelapa sawit juga tidak boleh asal-asalan. Penyebaran harus dilakukan pada beberapa tempat yang tepat, seperti pada bokoran, ujung pelepah, ataupun ujung bokoran.

Pupuk juga bisa disebarkan di atas tanah maupun ditaburkan di pinggir guludan. Rokak atau guludan merupakan saluran air serta gundukan.

Adapun cara pemupukan dapat dilakukan menggunakan metode dibenamkan di dalam tanah, dimasukkan ke tanah dengan bentuk cairan, dimasukkan ke batang dengan stem injection, ataupun pemupukan lewat daun atau disebut nutritional spray.

Semua cara tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dari tanaman kelapa sawit. Demikian informasi tentang kandungan, manfaat, dan cara mengaplikasikan pupuk kiserit pada tanaman kelapa sawit.

Baca juga: 5 Manfaat Pupuk Fosfat untuk Sawit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *