Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman dan Cara Aplikasi

Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman – MSG atau Vetsin yang umumnya dipakai sebagai bahan penyedap rasa masakan, ternyata juga berguna di dalam dunia pertanian.

Ya, manfaat MSG ini telah banyak dirasakan manfaatnya secara langsung oleh petani. Oleh karena itu, kini MSH banyak digunakan oleh para petani sebagai pupuk alternatif.

Ajinomoto, tentu sudah sangat akrab di telinga Anda. Jenis vetsin yang satu ini memang sangat populer dan hampir digunakan oleh masyarakat dalam resep dapurnya.

Namun, kini Ajinomoto pun tidak hanya menjadi resep di dapur saja, melainkan juga menjadi resep yang menguntungkan di dunia pertanian. Lantas, mengapa Ajinomoto bermanfaat di dunia pertanian dan apa saja manfaatnya?

Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman
Ilustrasi: Manfaat Ajinomoto untuk Tanaman

Mengapa Ajinomoto Bisa Menyuburkan Tanaman?

Ajinomoto adalahsebuah merk atau brand dari Monosodium Glutamat (MSG). Nah, MSG sendiri merupakan senyawa yang bentuknya kristal dan termasuk jenis garam sodium atau natrium yang dibuat dari asam glutamate.

Pada dasarnya, MSG mempunyai banyak kandungan mineral yang tidak berbahaya jika dikonsumsi setiap hari.Tentu dengan catatan bahwa takaran yang dikonsumsi harus pas serta tidak berlebihan.

Mengapa Ajinomoto dapat dimanfaatkan dalam pertanian? Pertanyaan ini sering munculketika baru mengetahui bahwa sebuahmicin ternyata bisa menyuburkan tanaman.

Perlu Anda ketahui bahwa supaya tanaman bisa tumbuh dengan subur, maka membutuhkan beragam jenis unsur hara, baik itu unsur hara makro seperti N,P,K Mg, dan unsur hara mikro seperti B, Ca, Zn,Fe, Cu, Cl, Molybdenum, dan lain-lain.

Salah satu jenis unsur hara makro dengan peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tanaman, yaitu unsur Kalium (K).

Unsur hara ini mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan peyakit, meningkatkan mekanisme fotosintesis serta metabolisme tanaman, dan mengatur proses pembukaan atau penutupan stomata.

Nah, unsur-unsur hara tersebut ternyata juga terkandung di dalam MSG atau Ajinomoto. Oleh karena itu, Ajinomoto pun sering dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk untuk menyuburkan tanaman.

Ajinomoto sering dimanfaatkan oleh petani dengan melarutkannya di dalam air, kemudian digunakan untuk menyemprot tanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk MSG Ajinomoto memberikan kesuburan dan tingkat pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik pada minggu ke 3 dan 4 jika dibandingkan pemupukan tanaman yang memakai pupuk kimia biasa.

Nah, ternyata peran ini didukung karena MSG Ajinomoto MENGANDUNG senyawa C, H, O, N, Na yang kelima senyawa tersebut adalah unsur yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sebagai nutrisi untuk perkembangan tanaman tersebut. Kelima unsur yang terkandung di dalam Ajinomoto, terutama unsur Nitrogen memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Merangsang dan mempercepat pertumbuhan cabang, batang, dan daun.
  • Merangsang proses pembentukan lemak dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melakukan proses pertumbuhannya.

Cara Memanfaatkan MSG Ajinomoto Sebagai Pupuk Tanaman

Pemanfaatan Ajinomoto untuk pemupukan tanaman tentu tidak bisa asal pakai saja tanpa menggunakan takaran yang pas.Hal ini karena penggunaan MSG yang tidak tepat justru dapat menyebabkan tanaman menjadi layu dan akhirnya mati.

Aplikasi MSG Ajinomoto dapat dilakukan dengan metode ditaburkan langsung pada tanaman dan dapat juga dikocorkan terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Caranya yaitu dengan melarutkan 1-2 gram Ajinomoto ke dalam 300 cc air (1 gelas) atau dibutuhkan sekitar 5-6 gram Ajinomoto untuk takaran 1 liter. Selanjutnya, larutan Ajinomoto tersebut dikocorkan pada tanaman dengan masing-masing dosis 50-100 cc setiap tanaman.

Sebaiknya, pupuk Ajinomoto ini diberikan cukup sekali saja dalam seminggu sambil diselingi dengan pengaplikasian jenis pupuk lainnya. Setelah pemupukan, maka akan terlihat adanya perubahan pada tanaman, yaitu tumbuh jauh lebih subur serta lebih cepat berbunga.

Manfaat Ajinomoto untuk Kesuburan Tanaman

Berikut ini adalah aneka manfaat Ajinomoto sebagai alternatif pupuk untuk kesuburan tanaman:

1. Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Kandungan natrium yang cukup tinggi dalam Ajinomoto berperan dalam mempercepat pertumbuhan tanaman. Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, Ajinomoto juga membuat daun tanaman lebih cepat menghijau dan batangnya pun lebih cepat membesar.

2. Menyuburkan Tanaman

Ajinomoto sangat bermanfaat untuk menambah kesuburan tanaman. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya kandungan senyawa Natrium padaAjinomoto.

Penyiraman tanaman dengan larutan Ajinomoto secara teratur dapat semakin meningkatkan kesuburan tanaman yang ditandai dengan daun tanaman lebih hijau dan lebat serta tanaman jauh lebih sehat.

3. Memenuhi Nutrisi Tanaman

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi untuk hidup, tanaman juga memerlukan asupan nutrisi yang lengkap supaya bisa bertahan hidup. Nutrisi bisa tanaman peroleh dari pemupukan.

Namun, dengan menyiramkan larutan Ajinomoto saja juga sudah bisa memenuhi beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Dengan catatan, larutan Ajinomoto ini hanya sebagai alternatif saja dan tanaman tetap harus mendapatkan nutrisi utama dari pupuk.

4. Mempercepat Proses Pembungaan

Pengaplikasian larutan Ajinomoto sebagai asupan nutrisi pada tanaman sangat mempengaruhi proses pembungaan pada tanaman tersebut.

Sekali lagi, unsur Na dalam Ajinomoto yang berperan untuk merangsang terjadinya pembungaan pada tanaman. Dengan semakin banyaknya bunga yang tumbuh, maka diharapkan bisa menghasilkan buah dengan jumlah lebih banyak. Untuk manfaat bisa diaplikasikan pada jenis tanaman sayur serta tanaman hias, misalnya tanaman cabai.

5. Meminimalisir Penggunaan Pupuk Kimia Berbahaya

Belakangan ini semakin banyak jenis pupuk kimia berbahaya yang dijual di pasaran. Oleh karena itu, petani perlu lebih bijak dalam memilih pupuk yang aman.

Nah, Ajinomoto di sini berperan untuk mengurangi atau meminimalisir penggunaan pupuk kimia yang mungkin saja mengandung bahan-bahan berbahaya.

6. Memperpanjang Umur Tanaman

Karena Ajinomoto memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, tentu tanaman akan menjadi tumbuh dengan lebih subur. Ketika tanaman bisa tumbuh subur, maka resiko kematian sangat kecil. Dengan begitu, maka tanaman akan selalu tumbuh subur dan panjang usianya.

7. Meningkatkan Kadar Air dalam Tanah

Senyawa Natrium yang terkandung di dalam Ajinomoto juga dapat mencegah terjadinya kekurangan air pada tanaman di saat musim kemarau.

Ajinomoto mengoptimalkan kerja akar tanaman dalam menyerap air dan unsur hara ketika musim kering. Dengan banyaknya air yang diserap, maka nutrisi tanaman bisa diserap dan terpenuhi dengan maksimal. Alhasil, tanaman tetap mengalami pertumbuhan yang subur meskipun sedang dalam kondisi musim kering.

Meskipun menawarkan banyak manfaat, namun pemanfaatan Ajinomoto pada tanaman juga memiliki beberapa pantangan. Perlu Anda perhatikan bahwa larutan Ajinomoto sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada tanaman buah.

Hal ini karena larutan Ajinomoto bisa membuat buah-buahan kurang segar rasanya. Tentu saja, hal ini mengingat bahwa jenis tanaman buah memerlukan nutrisi dengan jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan pada tanaman biasa.

***

Jadi, meskipun Ajinomoto bisa memberikan manfaat untuk tanaman, namun tidak semua jenis tanaman bisa diberi larutan Ajinomoto.

Selain itu, pemakaian Ajinomoto juga harus sesuai dosis dan jangan sampai menggunakannya dengan berlebihan. Ajinomoto hanya digunakan sebagai selingan saja. Sementara tanaman tetap membutuhkan nutrisi lebih banyak dari penggunaan pupuk, baik organik atau anorganik.

Baca juga: Pupuk Ultradap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *