Makanan Burung Trucukan yang Tepat agar Rajin Gacor

Makanan Burung Trucukan – Burung Trucukan merupakan salah satu burung primadona di kalangan para kicau mania karena kemampuan kicaunya yang variatif dan mumpuni. Burung yang masih memiliki kerabat dekat dengan burung jenis cucak-cucakan ini memang mampu mengeluarkan suara khas yang kerap disebut dengan ropelan.

Burung yang memiliki kemampuan ropel dengan baik ini biasanya dijadikan masteran bagi burung kicau lain seperti cucakrawa dan murai batu. Guna mendapat kemampuan ini, asupan makanan burung Trucukan, perawatan, dan latihan haruslah tepat.

Mengingat aspek pakan merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan ropelan dan juga keaktifan burung ini dalam berkicau, makan anda perlu dengan cermat dalam pemberian pakannya.

Burung Trucukan Sedang Bertengger
Burung Trucukan Sedang Bertengger

Makanan Burung Trucukan yang Tepat

Nah, untuk lebih jelas mengenai makanan burung Trucukan bagus tersebut seperti apa, kita bahas berikut ini:

Sayur dan buah segar

Sayur gambas via Tokopedia
Sayur gambas via Tokopedia

Bagi kebanyakan pecinta burung Trucukan, mereka sering memberikan pakan sayur guna memancing burung ini agar menghasilkan bunyi yang lebih rajin dan bisa ngropel. Biasanya jenis sayuran yang diberikan oleh kebanyakan pemelihara yaitu sayuran oyong atau juga dikenal sebagai gambas.

Banyak yang beranggapan jika pemberian gambas secara teratur akan menghasilkan burung Trucukan yang lebih rapat ropelannya.

Selain sayur, makanan burung Trucukan yang jadi favorit adalah beberapa jenis buah-buahan. Buah yang mereka sukai memiliki karakteristik berdaging tebal dan empuk seperti halnya pepaya, pisang, dan juga mangga. Jenis buah-buahan tersebut mampu menjaga stamina dan kondisi burung ini tetap pada level puncaknya.

Serangga kecil

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Agar burung Trucukan ini mengeluarkan suara kicauan lebih intensif, pemberian pakan dari buah dan sayur juga perlu diimbangi dengan beberapa jenis pakan sebagai sumber protein. Kandungan protein yang baik ini bisa didapatkan dari beberapa jenis serangga kecil seperti jangkrik, ulat bambu, ulat hongkong, hingga kroto.

Untuk pemberian makanan burung Trucukan berupa serangga ini bisa diberikan secara rutin dengan tetap mengkombinasikannya bersama buah ataupun sayur. Karena jika salah satu kurang, makan dikhawatirkan burung akan cenderung malas berbunyi.

Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik dalam sekali pemberian pakan tiap pagi dan sore hari. Sedang untuk ulat, anda harus cermat dalam memberikan dan sesuaikan dengan kebutuhannya sehingga tak over karena memiliki efek panas pada suhu tubuh burung Trucukan.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Jenis pakan terakhir ini merupakan jenis pakan yang lumayan lumrah diberikan oleh para kicau mania yang mencari kepraktisan namun tetap memberi kandungan yang sehat bagi burung kesayangan. Pakan ini memiliki tekstur kering sehingga mudah untuk diberikan.

Jika anda kebetulan tak menemukan voer yang dikhususkan untuk burung Trucukan, anda bisa menggunakan jenis voer alternatif lain berupa pelet lele atau ayam. Keduanya memiliki kandungan protein yang lumayan tinggi sehingga bagus untuk perkembangan burung Trucukan yang masih muda.

Untuk mendapatkan nutrisi dan hasil yang lebih maksimal, anda bisa mengolah sendiri voer yang akan anda berikan dengan mencampurkannya bersama telur rebus, tepung udang, tepung daging, dan tepung kedelai. Hal ini dianggap membawa khasiat yang signifikan pada tingkat kicau yang lebih intensif.

***

Selain memberikan kombinasi makanan burung Trucukan yang tepat seperti di atas, hal lain yang perlu anda perhatikan yakni dari segi perawatan yang berhubungan dengan memandikan, menjemur, sekaligus membersihkan sangkar secara rutin agar kotorannya tak menumpuk dan bisa menimbulkan penyakit.

Ada baiknya juga anda memberikan multivitamin agar burung memiliki resistensi lebih terhadap penyakit yang sedang musim.

Cara Merawat Burung Trucukan Agar Cepat Jinak

Oh ya sob, agar burung trucukan milik anda atau yang baru anda miliki bisa jinak, ada beberapa hal harus anda lakukan. Berikut ini tips perawatan burung trucukan yang harus anda lakukan agar burung cepat jinak:

1. Penggunaan Krodong

Tips pertama adalah memberikan krodong atau penutup sangkar. Hal ini sudah sangat familiar dikalangan breeder, karena memang sudah merupakan cara lama.

Ternyata pengkrodongan burung pada malam hari juga bisa membantu burung istirahat dengan tenang pada saat malam hari , pengkrodongan ini sangat efektif untuk semua jenis burung terlebih lagi burung kicau.

2. Memandikan Burung

Aktivitas memandikan burung ternyata juga bisa membuat burung menjadi lebih jinak lho. Usahakan memandikan burung trucukan dengan menggunakan tangan kita langsug. Silahkan anda pegangi burung trucukan milik anda dengan erat kemudian semprotkan perlahan dengan semprota, atau anda bisa juga dengan menyibakkan air secara perlahan ke bulu-bulu burung trucukan milik anda.

3. Memberikan Pakan Secukupnya

Untuk membuat burung trucukan jinak, sebaiknya anda memberikan porsi pakan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini bertujuan untuk membiaskan burung trucukan tidak dapat aktif seperti biasanya atau dalam kata lain nya giras akan membatasi gerak tubuhnya . Namun jika burung trucukan sudah jinak bisa memberikan porsi makanan yang secukupnya dan bahkan bisa memberikan makanan tambahan seperti voer dan sebagainya.

Artikel terkait: Makanan Burung Mozambik Rajin Gacor dan Tips Perawatan

Karakteristik Burung trucukan

Anda juga harus mengetahui karakteristik burung trucukan. Berikut ini diantaranya:

Karakteristik Burung Trucuk Jantan 

Berikut ini beberapa karakteristik burung trucukan jantan yang mesti anda ketahui:

  • Karakteristik yang pertama adalah rajin berkicau walaupun dalam keadaan mabung atau nyulam bulu.
  • Karakteristik yang kedua, biasanya burung trucukan jantan yang sudah dewasa ini akan mempunya suara ropelan panjang dan ngeroll, walaupun ada juga yang suaranya pendek dan putus-putus tapi tetap memiliki lebih banyak variasi kicauan.
  • Terakhir burung trucukan jantan suaranya lebih keras ketimbang betina

Karakteristik Burung Trucuk Betina 

Untuk burung trucukan betina sendiri memiliki beberapa ciri atau karakteristik, berikut ini diantaranya:

  • Untuk burung trucukan betina, biasanya jarang berkicau meskipun bisa gacor saat memasuki masa mabung atau nyulam bulu
  • Untuk trucukan betina juga bisa bersuara ropel seperti jantan, tapi rata-rata lebih pendek dan putus-putus.
  • Suara burung trucukan betina biasanya monoton dan lebih banyak mengeluarkan suara panggilan (call) daripada suara ropelan (plik-plokan).
  • Terakhir, burung trucukan betina suaranya lebih kecil dan kurang nyaringi

Perbedaan Trucukan Jantan dan Betina

Berikut ini perbedaan burung trucukan jantan dan betina yang mesti anda ketahui:

  • Ciri burung trucukan jantan yang pertama adalah lebih sering berdiri tegak (njegrak) dan terlihat gagah, sedangkan Trucukan betina jarang njambul dan ketika njambulpun jambulnya tidak berdiri penuh/pendek.
  • Selain lebih sering berdiri tegak, burung trucukan jantan biasanya memiliki beberapa helai bulu halus (rambut) dibelakang kepalanya, bulu-bulu tersebut mulai tumbuh ketika Trucukan berumur 2-3 bulan, sedangkan Trucukan betina tidak memiliki bulu-bulu halus (rambut) dibagian belakang kepalanya.
  • Burung trucukan jantan juga memiliki lingkaran hitam di sekitar mata yang lebih hitam pekat, tebal dan bulat solid, sementara untuk yang betina terlihat lebih tipis dan warnanya hitam pudar.
  • Burung trucukan jantan biasanya bagian telinganya ditutupi oleh bulu yang terlihat lebih menonjol keluar dan tebal, untuk yang betina bulu telinganya tipis dan tidak menonjol keluar, bahkan terkadang terlihat bolong atau tidak terututup rapat.
  • Terakhir, dilihat dari postur tubuh, burung trucukan jantan akan lebih panjang dengan bulu ekor yang juga lebih panjang dengan cara berdiri yang lebih tegak sehingga terlihat gagah. Sementara untuk betinya cenderung lebih pendek (buntet) dengan bulu ekor yang lebih pendek.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung trucukan dan tips perawatan yang sebaiknya anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk menyayangi burung trucukan peliharaan anda agar tetap sehat dan gacor tentunya.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Trucukan Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *