Tips Perawatan & Jenis Makanan Burung Sanger Agar Gacor!

Makanan Burung Sanger – Burung Sanger atau yang juga dikenal oleh pecinta burung dunia dengan grey singing finch ini masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan burung Blackhroat.

Meskipun secara postur fisik burung ini lebih kecil dibandingkan dengan Blackthroat, namun dari segi kicauannya sangat bisa diadu karena ngerol dan lantang.

Agar burung kecil ini rajin berkicau, tentunya diperlukan perawatan dan makanan burung Sanger yang memang benar-benar tepat dan bernutrisi sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan suara lantangnya.

Burung yang juga dikenal oleh kalangan mancanegara sebagai white-rumped seedeater ini memiliki wilayah persebaran yang hampir sama dengan burung Blackthroat, yakni di sekitar wilayah Afrika.

Bahkan untuk orang awam yang melihat kedua burung ini secara sepintas, akan sulit sekali membedakan keduanya karena memiliki penampilan yang begitu mirip. Diperlukan kejelian dan ketelitian untuk membedakan burung Sanger dan Blackthroat.

Namun, ada beberapa ciri yang mudah untuk dijadikan patokan yakni postur sanger lebih kecil dan warna ekor bulu Sanger umumnya tidak berwarna kekuningan layaknya Blackthroat. Bulu yang dimiliki oleh burung Sanger juga memiliki pola atau motif dengan warna yang lebih kalem.

Bagi anda yang sebelumnya memiliki burung Blackthroat sebagai burung peliharaan, tentu anda tak akan kesulitan dalam memelihara burung ini karena keduanya memiliki perawatan yang hampir mirip.

Perbedaan antara burung sanger (kiri) dan blackthroat via Omkicau
Perbedaan antara burung sanger (kiri) dan blackthroat via Omkicau

Tips Perawatan Burung Sanger

Walaupun begitu, untuk burung Sanger yang lebih rajin dan cepat gacor, diperlukan sedikit perlakuan istimewa tambahan. Nah, untuk tahu kiat perawatan dan makanan burung Sanger yang baik dan tepat, berikut selengkapnya:

Kebersihan dan Penjemuran

Untuk menghindarkan burung dari penyakit dan parasit yang mungkin bisa mengurangi keaktifan burung ini, anda bisa melakukan pencegahan dengan cara merawat kebersihan kandangnya. Selain itu, tepatkan kandang secara berjauhan dan tak saling melihat satu sama lain dengan burung sejenis lainnya karena burung Sanger memiliki sifat teritorial.

Tak hanya kebersihan, penjemuran juga perlu diperhatikan untuk burung jenis ini. Habitat aslinya di Afrika yang memiliki cuaca dan suhu yang cenderung panas menuntut burung ini untuk tetap dalam keadaan hangat agar mampu beradaptasi dengan baik di negeri ini. Durasi penjemuran juga perlu disesuaikan dan lakukan di saat matahari pagi atau sore buka  pada saat matahari sedang terik di tengah hari.

Pemberian Pakan Secara Tepat

Layaknya kebanyakan burung kenari dan Blackthoat, burung Sanger juga tergolong ke dalam burung pemakan biji-bijian.

Untuk memancingnya agar cepat berbunyi dan rajin, diperlukan pemberian pakan bijian secara tepat dan tidak berlebihan sehingga tak menimbulkan kegemukan yang memicu burung malas berkicau. Beberapa pilihan dari pakan bijian ini berupa biji millet, biji sawi, canary seed, campuran biji jagung yang telah diremukkan dan beberapa jenis biji lainnya.

Selain biji-bijian, pemberian makanan burung Sanger dari bahan lain yang memiliki protein, karbohidrat, dan vitamin seperti telur burung puyuh, kroto, roti kering, selada, sawi, gambas, buah apel, pir, egg food, dan daun krokot juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Tambahkan Multivitamin

Untuk lebih memastikan burung agar sehat dan memiliki resistensi yang baik terhadap berbagai jenis penyakit, sebaiknya selain diberikan makanan burung Sanger dengan kombinasi tepat, burung ini juga mendapatkan asupan vitamin tambahan dari vitamin burung. Anda bisa membeli vitamin burung ini di toko burung.

Pakan yang baik dan selingan vitamin ini banyak dipercaya akan menjadikan burung selalu dalam kondisi fit untuk menghasilkan bunyi-bunyian.

Pemasteran

Buat breeder, jangan lupa juga untuk memasterkan burung sanger anda agar cepat gacor. Anda bisa memperdengarkan suara-suara burung berkarakter ngerol seperti pleci, kenari, blackthroat, dan burung-madu (“kolibri”) juga dapat membuat burung sanger terpancing untuk mengeluarkan suaranya yang lantang.

Dengan memperdengarkan suara-suara burung tersebut maka burung sangar anda akan terpancing untuk ikut gacor ngerol.

Kerodong Sangkar pada Malam Hari

Jangan lupa juga untuk mengerodong sangakar burung sanger pada malam hari agar burung bisa beristirahat dengan tenang.

Selain agar burung bisa beristirahat dengan nyaman juga akan menghindarkan burung dari embusan angin malam, serangan nyamuk, mempercepat pemulihan stamina burung, sehingga keesokan harinya burung dalam kondisi fit dan siap berkicau dengan volumenya yang lantang.

Jauhkan dari burung sejenis

Tips perawatan burung sanger yang terakhir adalah dengan menjauhkan burung ini dari burung sejenis. Karena burung ini memiliki sifat teritorial. Sehingga terkadang burung ini tidak suka dengan kehadiran burung lain, dan bisa bersikap sangat agresif ketika melihat ada burung sejenis tak jauh dari sangkarnya.

Jadi kalau anda memelihara burung sanger lebih dari satu, posisikan mereka saling berjauhan.

****

Demikianlah tips perawatan dan jenis makanan burung sanger yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Sanger Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *