Makanan Burung Samyong & Tips Perawatan

Makanan Burung Samyong – Burung Samyong merupakan salah satu burung kicauan yang lumayan jadi primadona dan menjadi hewan endemik Indonesia, lebih tepatnya menjadi satwa khas Nusa Tenggara.

Meski memiliki penggemar sendiri yang lumayan banyak namun hingga saat ini masih belum banyak yang mampu menangkarkan burung pengicau ini.

Oleh karena itulah, jika anda mendapati burung Samyong di toko burung, kemungkinan besar merupakan hasil tangkapan. Untuk itulah pemberian makanan burung Samyong ini terkadang bisa sedikit susah karena memang burung belum terbiasa.

Selain itu, karena faktor burung tangkapan tersebut harga burung ini cenderung lumyan tinggi di pasarannya, karena banyak peminat dan lekas terjual. Karena faktor kelangkaan burung muda dan dewasa di pasaran tersebut, banyak pemelihara yang memilih untuk merawat burung Samyong yang masih anakan.

Akan tetapi, lagi-lagi yang jadi masalah adalah perawatan dan pemeliharaan burung piyik ini cenderung lebih sulit lagi karena resiko kematian yang lebih besar ketika masih anakan. Terlebih burung ini juga banyak dikenal sebagai burung yang lumayan sulit beradaptasi dengan kondisi lingkungan baru.

Karena alasan di atas, para pecinta Samyong biasanya akan lebih memilih burung yang telah berusia muda atau dewasa untuk dijadikan peliharaan karena memiliki resiko kematian lebih kecil dibanding dengan anakan. Meski lumayan sulit, anda tak perlu khawatir jika ingin memelihara burung yang mendapat julukan sebagai burung 1001 suara ini karena berikut akan kita bahas mengenai cara perawatan dan jenis makanan burung Samyong yang cocok agar sehat dan mahir berkicau.

Jenis Makanan Burung Samyong via Jalaksuren
Jenis Makanan Burung Samyong via Jalaksuren

Tips Perawatan Burung Samyong

Hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan burung ini adalah memandikannya secara teratur. Hal ini dilakukan agar burung tetap bersih, terbebas dari kutu, dan keindahan bulunya terjaga. Pemandian burung yang baik bisa dilakukan tiap pagi dan sore hari.

Selain menjaga kesehatan, pemandian juga akan memberikan efek pada semakin lincahnya burung karena merasa segar. Untuk cara memandikannya sendiri, anda bisa menggunakan semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung atau dengan menaruh wadah air (sejenis keramba kecil) di dalam kandang untuk burung mandi.

Setelah dilakukan pemandian, langkah selanjutnya tentu melakukan penjemuran agar burung tidak kedinginan dan bulunya bisa lekas kering.

Mengingat burung Samyong ini termasuk jenis burung yang tak tahan dengan paparan sinar matahari terlalu lama, ada baiknya hanya melakukan penjemuran tidak lebih dari satu jam. Selain di jemur di tiang, anda juga bisa mengangin-anginkan burung ini dengan cara menggantungkan kandangnya di bawah pohon yang rindang.

Tak lupa juga untuk selalu melakukan pembersihan pada kandang burung secara berkala agar tak terjadi penumpukan kotoran yang bisa berakibat pada munculnya berbagai jenis penyakit. Ada baiknya anda mebersihkannya tiap hari atau beberapa hari sekali, jangan menunggu sampai kotoran menumpuk.

Jenis Makanan Burung Samyong

Cukup dengan perawatan, faktor lain yang menunjang agar burung Samyong tetap sehat juga dipengaruhi asupan makanan yang anda berikan. Berikan kombinasi makanan yang bervariasi agar asupan gizi yang didapat seimbang dan tak kekurangan nutrisi.

Untuk pemilihan pakannya, anda bisa memberikan pakan alami berupa belalang, jangkrik, dan kroto yang lumayan mudah di dapat, baik dengan cara di cari sendiri atau beli di toko pakan burung. Bagi yang tak ingin terlalu repot, anda bisa memberikan makanan burung Samyong praktis berupa voer. Akan tetapi jika burung tak suka, jangan dipaksakan dan pilih saja pakan alami.

****

Demikianlah ulasan mengenai tips perawatan dan jenis makanan burung Samyong yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Makanan Burung Poksay Mandarin Biar Rajin Gacor

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *