Makanan Burung Prenjak Biar Rajin Gacor

Makanan Burung Prenjak – Prenjak merupakan salah satu burung mungil yang lumayan diminati oleh banyak orang karena memiliki karakter suara yang khas dengan nada keras dan lengkingan yang tinggi.

Burung ini memang sangat bisa diadu soal kemampuan kicauannya dengan burung-burung jenis lain. Meski terkenal dengan kemampuan tersebut, tak semua jenis Prenjak mampu menghasilkan kicauan yang memukau.

Baca juga yuk: Makanan Burung Mozambik Rajin Gacor dan Tips Perawatan

Hanya Prenjak jenis penjantanlah yang bisa menghasilkan suara semacam itu. Selain pemilihan jenis kelamin, pemberian makanan burung Prenjak secara tepat dengan kombinasi yang pas juga menjadi pendukung agar kicauannya optimal.

Dari segi pakan tersebut, kebanyakan pecinta burung ini hanya melakukan pemberian pakan berupa EF atau ekstra fooding. Pemberian makanan ekstra fooding memang baik asalkan dengan porsi dan variasi yang tepat sehingga burung tak bosan dan nutrisi terpenuhi secara seimbang.

Makanan Burung Prenjak
Makanan Burung Prenjak

Makanan Burung Prenjak Terbaik

Nah, jika anda ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang makanan burung Prenjak apa saja yang pas diberikan dengan kandungan nutrisi tepat, berikut selengkapnya:

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong via Youtube
Ulat Hongkong via Youtube

Pemberian ulat jenis ini pada burung Prenjak memang sudah dikenal secara luas dikalangan pecinta burung. Pemberian pakan ini memang pas untuk meningkatkan mental kicauannya agar lebih kuat dan cocok dijadikan sebagai burung masteran. Selain diberikan saat dalam kondisi segar atau masih hidup, ulat hongkong juga bisa diberikan dalam keadaan kering.

Pemilihan ulat hongkong dalam keadaan kering ini menjadi poin lebih agar memudahkan burung dalam mengonsumsi dan mencernanya. Dengan begitu, keseluruhan nutrisi yang ada pada ulat kering bisa terserap dengan sempurna pada tubuh Prenjak yang menjadikan perkembangan gacorannya lebih optimal.

Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Selain ulat, makanan burung Prenjak dari jenis EF yang paling umum adalah kroto atau telur semut. Pemberian pakan yang mengandung banyak kandungan protein ini akan memberikan efek pada meningkatnya performa kicau burung dan juga menjaga kondisi kesehatan burung agar selalu bugar dan pada keadaan terbaik untuk berbunyi.

Pemberian pakan kroto pada burung Prenjak sebaiknya telah mulai dicoba saat burung masih dalam usia muda atau disebut dengan trotolan, dimana pada usia inilah burung dilatih untuk pemasteran.

Pakan ini akan menunjang perkembangan otak burung agar mereka lebih cepat dalam merekam suara yang didengarnya dengan lumayan baik. Karena manfaat yang jempolan tersebut, tak heran jika pakan kroto ini tak pernah absen diberikan saat menjelang kompetisi diadakan.

Selain memberikan efek kicauan menjadi lebih bagus, suplai nutrisi dari kroto juga membawa beberapa manfaat dalam meningkatkan stamina burung dewasa sehingga variasi dan bunyiannya lebih panjang dan tak gampang lelah.

Kroto juga bisa mengatasi burung yang mogok bunyi dengan ciri-cii bulu yang tak rapi serat mengembang. Untuk pemulihannya, cukup berikan pakan ini tiap hari hingga burung Prenjak kembali rajin ngoceh.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Selain melakukan pemberian ekstra fooding berupa kroto dan ulat, ada baiknya burung diberikan pakan voer juga. Walaupun pun voer ini termasuk pakan praktis atau cepat saji, namun kandungannya tak kalah dengan pakan alami, malah lebih lengkap. Pembiasaan makan voer juga perlu dilakukan agar burung ini terbiasa dan menyukai pakan jenis ini.

Voer sangat baik dijadikan makanan burung Prenjak karena memiliki banyak nutrisi serta gizi yang akan membantu pertumbuhan burung prenjak baik dari fisik maupun kemampuannya dalam hal berikicau. Voer bisa diberikan secara selang seling dengan EF atau bisa juga diberikan bersamaan dengan cara dikombinasikan.

Artikel terkait: Makanan Burung Trucukan yang Tepat agar Rajin Gacor

Cara Merawat Burung Prenjak Agar Gacor

Agar burung anda lebih sehat dan gacor, anda sebaiknya melakukan beberapa tips perawatan berikut ini:

1. Perhatikan Pakan Burung Prenjak

Hal pertama yang mesti anda perhatikan adalah pakannya. Faktor makanan burung prenjak sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kicauannya.

Selain memberikan pakan berupa ulat hongkorng, voer dan kroto sebaiknya anda juga memberikan minum hangat secukupnya. Plus minuman yang diberikan kepada burung juga yang sudah dimasak, supaya terhindar dari bakteri.

2. Pemberian Makanan Tambahan Burung Prenjak

Burung prenjak juga burung diberikan pakan tambahan. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga kesehatan burung prenjak serta agar rajin gacor.

Anda bisa memberikan pakan alami atau buatan.Berikan 2 ekor jangkrik pada pagi hari dan juga sore hari. Copot bagian kepala dan kakinya,

3. Proses Pemandian Burung Prenjak

Sama seperti manusia, burung prenjak juga mesti anda mandikan. Memandikan burung prenjak ini bertujuan agar burung tetap bugar dan fit setiap saat. Plus juga dapat menyehatkan burung serta terhindar dari kutu yang dapat menyebabkan burung prenjak tidak nyaman. Anda bisa memandikan burung prenjak sore hari dan pagi hari.

4. Proses Penjemuran Burung Prenjak

Perawatan yang terakhir adalah menjemur burung prenjak. Anda sebaiknya menjemur burung prenjak setelah memandikannya. Anda bisa menjemur burung prenjak ini selama 1 hingga 2 jam.

Untuk waktu terbaiknya sebaiknya anda jemur pada jam 7 hingga jam 10 pagi atau jika cuaca cerah anda bisa menjemur nya pada waktu sore hari pada saat jam 3 hingga jam 5 sore.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung prenjak dan tips perawatan yang mesti anda lakukan yang bisa kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Makanan Burung Cendet agar Rajin Gacor dan Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *