Makanan Burung Poksay Terbaik Biar Gacor dan Sehat

Makanan Burung Poksay – Burung Poksay merupakan salah satu varian burung kicau yang pernah mencapai puncak ketenarannya di tahun 90’an. Meski saat ini nama burung ini tak sepopuler dulu, namun banyak para penghobi burung yang tetap menjadikan burung ini sebagai andalan burung kicau mereka.

Tak hanya keindahan suara, poin lebih yang ditawarkan oleh burung ini adalah tampilan bulu-bulunya yang indah dan elegan. Burung jenis ini juga tak terlalu membutuhkan penanganan yang terlalu muluk, baik dalam hal perawatan kandang ataupun pemberian makanan burung Poksay.

Dari segi perawatan, mereka cukup memerlukan penanganan yang simple bahkan terbilang tak merepotkan untuk kapasitas penghobi burung pemula sekalipun. Cukup jaga keadaan kandang agar cukup bersih sehingga tak menimbulkan masalah yang berarti pada si burung.

Burung Poksay Jambul

Anda juga perlu untuk memandikan burung ini agar selalu memiliki bulu yang indah dan segar. Pemandian bisa menggunakan semprotan ataupun dengan menyiapkan wadah air khusus yang disiapkan dalam kandang Poksay. Setelah dimandikan, anda juga perlu melakukan penjemuran di bawah matahari pagi atau diangin-anginkan selama kurang lebih dua jam saja.

Disamping tata cara perawatan yang tepat tersebut, burung Poksay juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar kesehatan, keindahan bulu, dan kelincahan kicaunya tetap terjaga.

Makanan Burung Poksay Terbaik Biar Gacor dan Sehat

Untuk mendukung anda dalam memperoleh hal tersebut, berikut beberapa pilihan menu kombinasi makanan burung Poksay yang tepat untuk diberikan:

#Buah-buahan

Buah-buahan
Buah-buahan

Salah satu jenis pakan yang paling digemari oleh burung Poksay yaitu beragam jenis buah-buahan segar dan manis, contohnya pepaya, mangga, pisang kepok, apel, dan beberapa jenis buah lain. Pakan jenis ini memberikan energi lebih untuk burung berkicau dan juga asupan vitaminnya dapat menjaga keindahan dan kehalusan bulu burung.

Pemberian buah pada burung Poksay sebaiknya diganti dengan buah segar jika buah tak habis dan sudah menginap selama satu hari di sangkar. Buah yang kurang segar tersebut selain meberi efek yang kurang baik juga mengurangi nafsu makan burung.

Pemberian pakan buah sebaiknya dilakukan selang-seling tiap hari untuk menghindari kebosanan pakan yang terjadi dan juga agar ketersediaan nutrisi serta vitamin lebih lengkap.

#Serangga

Makanan Tambahan Pleci
Ilustrasi: Serangga

Selain berbagai mineral dan vitamin yang bisa didapatkan dari buah, kandungan protein juga tak kalah penting untuk perekembangan Poksay. Protein yang cukup bisa didapat dari berbagai macam serangga seperti ulat Hongkong dan juga jangkrik. Pemenuhan kebutuhan protein ini ditujukan agar kemampuan gacor yang dimiliki oleh burung Poksay lebih halus dan merdu didengar.

Untuk pemberian makanan burung Poksay berupa serangga ini bisa diberikan sebanyak 1 kali dalam satu minggu dengan menu yang bergantian. Untuk porsi setiap kali pemberian pakan, anda bisa memberikan ulat hongkong dengan porsi 5 sampai 10 ekor, sedang jangkrik hanya 3 sampai 5 jangkrik saja. Pemberian bisa dilakukan pada pagi dan sore hari dengan kombinasi buah di siang harinya.

Jangkrik yang diberikan pada burung ini tak bisa sembarangan begitu saja. Usahakan meberikan jangkrik hidup dengan terlebih dahulu membuang bagian tungkai kaki belakang yang keran dan tajam. Pembuangan bagian ini dimaksudkan untuk mencegah agar burung terhindar dari cedera pada tenggorokan yang bisa berefek buruk pada pita suaranya.

#Poor

Voer Burung
Voer Burung

Poor atau yang dikenal juga sebagai pellet ini bisa dijadikan sebagai pakan utama dari burung Poksay. Olahan pakan ini memang memiliki kandungan gizi seimbang dan praktis untuk diberikan. Meski begitu, anda tetap harus mengkombinasikan poor dengan dua jenis makanan burung Poksay di atas untuk menjaga keseimbangan asupan vitaminnya.

Cara Merawat Burung Poksay Agar Cepat Gacor

Selain pemberian pakan di atas, burung poksay juga membutuhkan treatment khusus agar cepat gacor dan tetap sehat. Berikut ini beberapa tips perawatan burung poksay yang mesti anda lakukan, diantaranya adalah:

  • Perawatan yang pertama adalah dengan memandikan burung poksay. Sobat kicau mania harus memandikan burung ini dengan semprotan dan juga siapkan cepuk supaya burung tersebut bisa mandi sendiri.
  • Selesai mandi, jangan lupa burungnya di jemur ya, burung poksay maksdunya sob! Jemur burung ini sekitar dua jam pada saat pagi hari, dan setelah itu angin-anginkan burung pada tempat yang tidak terkena panas.
  • Jangan lupa juga untuk memberikan camilan burung pada sore hari berupa 2 hingga 3 ekor jangkrik dan untuk ulat bambu bisa diberikan satu atau dua ekor seharinya.
  • Berikan juga buah Selain itu berikan juga pisang dan pepaya.
  • Yang terakhir, sama seperti kita, burung juga butuh suasana yang nyaman dan tentram, jangan buat dia stres, yang pasti jauhkan dari jangkauan predator seperti kucing atau anak-anak yang bisa menjangkau burung peliharaan anda.

*****

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung poksay yang bisa anda berikan agar burung anda cepat gacor dan semakin sehat. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat kicau mania semau, dan burungnya bisa menjadi juara kalau ada lomba-lomba.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Poksay Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *