Makanan Burung Poksay Mandarin Biar Rajin Gacor

Makanan Burung Poksay Mandarin – Poksay Mandarin atau yang juga dikenal dengan Poksay Genting merupakan salah satu jenis jenis Poksay yang sempat begitu populer di tahun 90’an. Meski tak sepopuler dulu, Poksay Mandarin hingga kini tak pernah surut dari penggemar karena kemampuan kicauannya yang merdu dan mengalun jika dibanding dengan beberapa jenis burung Poksay lain.

Bukan hanya daya tarik berupa kicauan, kemampuan adaptif yang baik membuat burung ini tak terlalu sulit dipelihara dan pola makan burung Poksay Mandarin juga bisa dengan mudah dipenuhi.

Secara umum, terdapat dua jenis burung Poksay Mandarin yang hidup tersebar di Indonesia, yakni Poksay Sumatera dan juga Poksay Kalimantan. Perbedaan kedua burung ini lumayan mencolok dan bisa dengan mudah dilihat dari ciri fisiknya.

Poksay Sumatera memiliki lingkaran mata berwarna putih kekuningan sedang untuk jenis Poksay Kalimantan, mereka lebih memiliki warna oranye tegas di lingkaran matanya. Untuk keahlian kicau kedua jenis Poksay Mandarin memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda satu sama lain.

Makanan Burung Poksay Mandarin
Makanan Burung Poksay Mandarin

Daftar Makanan Burung Poksay Mandarin

Selain kemampuan kicaunya yang mirip, kedua Poksay ini juga memiliki jenis makanan yang tak jauh berbeda guna mendukung aktivitas harian burung ini. Nah seperti apa jenis makanan burung Poksay Mandarin yang pas diberikan, berikut selengkapnya:

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Voer merupakan jenis pakan yang kerap diberikan oleh berbagai pecinta burung pada burung kicauannya, tak terkecuali dengan Poksay jenis ini. Walaupun kandungan yang dimiliki oleh pakan jenis ini lengkap sebagai suplai nutrisi hariannya, anda tetaplah harus cermat dalam meberikan takaran yang tepat karena Poksay penjantan dan betina memiliki tingkat yang berbeda.

Secara umum, Poksay mandarin pejantan akan lebih menyukai voer dengan tekstur kasar dengan buliran besar. Sedangkan untuk jenis yang betina, burung ini lebih menyukai asupan voer lembut dengan tekstur yang lebih kecil-kecil. Jadi jika burung yang anda miliki tak begitu menyukai voer yang anda berikan, mungkin saja tekstur voer tersebut tak sesuai dengan selera makan mereka.

Buah-buahan

Buah-buahan

Selain dari pemberian pakan buatan yang praktis tadi, burung Poksay Mandarin juga bisa diberikan pakan alami salah satunya berupa buah-buahan. Untuk jenis pemilihan buahnya sendiri, mereka cenderung menyukai buah yang memiliki daging yang tebal dengan tekstur lembut yang mudah dimakan dan dicerna.

Jika melakukan pemberian pakan buah pada Poksay mandarin kesayangan, ada baiknya untuk selalu memantau keadaan buah karena jenis pakan ini terbilang lebih cepat membusuk dibandingkan dengan voer. Jika buah tidak habis dan telah menginap lebih dari 1 hari di dalam kandang, ada baiknya untuk diganti agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada burung karena asupan buah yang tak segar.

Pemberian makanan burung Poksay Mandarin berupa buah dengan kondisi segar ini selain menghindarkannya dari berbagai kuman yang bisa merugikan tapi juga bisa menjaga nutrisinya tetap lengkap dan tak hilang.

Ekstra Fooding

Ulat Hongkong via Youtube
Ulat Hongkong via Youtube

Pakan alami selanjutnya yang bisa diberikan selain buah yakni ekstra fooding atau pakan tambahan. Pakan tambahan ini biasanya berupa serangga kecil yang berfungsi sebagai sumber protein yang bagus. Asupan protein yang memadai akan membuat stamina burung terjaga sehingga mampu gacor lebih lama.

Beberapa jenis serangga yang bisa diberikan sebagai makanan burung Poksay Mandarin diantaranya jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan beberapa jenis seragga lain. Pemberian jangkrik sebaiknya dibatasi dengan takaran 2 sampai 3 ekor di pagi hari, ulat hanya sekitar 1 sampai 2 ekor, sedang jika ingin memberikan kroto cukup 1 sendok the saja.

Tips Perawatan Burung Poksay Mandarin

Berikut ini beberapa tips perawatan burung poksay Mandarin yang sebaiknya anda lakukan:

#Memandikan Poksay Mandarin

Perawatan burung poksay yang pertama adalah dengan memandikan burung poksay. Secara garis besar, burung ini suka dengan lingkungan yang lembab dan sejuk.

Anda bisa memandikan burung poksay ini dengan menggunakan sprayer hingga basah kuyup. Dan kalau seandainya sedang hujan tidak lebat, anda bisa menghujan-hujankan burung poksay selama 10-15 menit.

#Angin-anginkan

Jangan lupa ya setelah mandi burung diangin-anginkan ya.

#Menggantung Sangkar Poksay Mandarin

Perawatan burung poksay mandarin berikutnya adalah dengan menggantungkan sangkarnya pada posisi rendah. Tujuannya adalah agar burung ini mudah beradaptasi, sebab jika burung poksay ditempatkan ditempat yang tinggi dan jauh keramaian maka burung poksay akan tetap ketakutan apabila berada dalam keramaian.

#Memberikan Vitamin Khusus

Selain memberikan makanan yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya anda juga memberikan multivitamin khusus agar burung tetap sehat dan fit. Anda bisa memberikan BirdVit yang ditambahkan ke dalam air minumnya. Diusahakan larutan multivitamin ini jangan  terkena sinar matahari secara langsung, akan tak mengurangi efektivitas vitamin tersebut. Suara poksay mandarin jantan menjadi karakter poksay mandarin yang unik.

Cara Menjinakkan Poksay Mandarin

Anda baru saja membeli burung poksay? Atau burung poksay anda belum juga jinak? Maka anda beberapa treatment khusus agar burung anda bisa jinak.
Anda bisa mencoba terapi lapar pada burung poksay mandarin anda. Yaitu dengan mengambil cepuk tempat pakan burung poksay pada malam hari hingga keesokan harinya. Pada saat itu, biarkan burung poksay mandarin beristirahat. Ketika esok tiba, masukkan kembali cepuk pakan beserta sarapan burung poksay mandarin.

Saat poksay mandarin akan dimandikan dan dijemur, ambil cepuk pakan dan biarkan burung tanpa pakan selama 3-4 jam. Setiap satu jam sekali, poksay mandarin hanya diberi makan satu serangga, itupun langsung dari tangan kita.Setelah 3-4 jam, pakan dan buah bisa anda sajikan lagi dalam waktu selama 30-45 menit. Selanjutnya, pakan harus diangkat lagi guna memberikan terapi lapar sambil tetap memberinya makan berupa serangga setiap satu jam langsung dari tangan kita. Selang beberapa hari, jenis burung poksay mandarin tersebut tidak akan giras lagi.

Poksay mandarin yang sudah jinak dapat diberi cepuk pakan seperti biasanya. Dengan cara terapi lapar ini, burung tersebut akan terasa lebih patuh dan jinak, bak terhadap pemilik maupun orang lain. Akan lebih labik lagi, jika poksay mandarin diberi perawatan dalam kondisi yang tenang dan nyaman.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung poksay dan tips perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Poksay Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *