Jenis Makanan Burung Murai Agar Cepat Gacor

Makanan Burung Murai – Burung Murai merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara oleh kalangan penggemar burung di tanah air. Agar menghasilkan suara yang berkarakter, bagus, dan memiliki perawakan tubuh yang sehat, burung ini memerlukan perawatan yang tak bisa sembarangan.

Semua aspek perawatan perlu diperhatikan, mulai dari latihan, kebersihan kandang, hingga yang paling penting pemberian makanan burung Murai haruslah tepat dan tercukupi.

Makanan Burung Murai Batu
Makanan Burung Murai Batu

Makanan Burung Murai Batu

Bagi anda yang menginginkan burung Murai sehat serta memiliki performa kicauan unggulan dengan pakan alami selayaknya menu makanan mereka di alam bebas, anda bisa memberikan beberapa pilihan makanan burung Murai berikut ini:

#Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Makanan pertama ini merupakan salah satu makanan yang hampir disukai oleh berbagai burung kicau. Telur kroto biasanya bisa didapatkan dengan berburu sarang kroto yang ada di pepohonan atau kalau tak mau repot anda bisa membelinya di toko pakan burung.

Telur dan larva semut kroto ini memiliki banyak manfaat bagi burung Murai yakni menjadikannya selalu rajin gacor dan terus dalam performa prima jika diberikan secara rutin.

Selain itu, untuk burung Murai yang masih anakan, burung murai akan lebih gesit dan cepat dalam mengingat suara kicau masterannya sehingga lebih mudah dilatih. Pemberian rutin setiap hari juga menghindarkan Murai dewasa dari stress, lesu dan kurang bersemangat dalam berkicau.

#Ulat Kandang

Makanan burung Murai kedua ini merupakan ulat yang diperoleh dari proses kotoran unggas, seperti burung dan ayam, yang telah dikeringkan atau terfermentasi.

Ulat jenis ini banyak sekali dijual di berbagai toko pakan burung, jadi anda tak akan kesulitan mendapatkannya. Dengan kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah, ulat ini mampu memberikan energi yang cukup tanpa takut burung Murai anda kegemukan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, anda bisa memberikan ulat kandang ini sebanyak 1 sendok teh pada pagi dan sore harinya. Pemberian yang tepat akan menghasilkan manfaat burung lebih gacor dan memberi rasa hangat pada tubuh burung.

#Ulat Hongkong

 

Jenis pakan alami selanjutnya yang memiliki efek baik bagi burung Murai adalah ulat Hongkong. Jika ulat kandang memiliki kandungan lemak rendah, ulat Hongkong memiliki kadar lemak yang lebih tinggi sehingga pemberian pakan yang berlebih akan menimbulkan kegemukan pada burung kicau anda.

Sebaiknya, pemberian pakan ulat Hongkong ini hanya dibatasi sekitar 7 hingga 10 ekor saja tiap pagi dan sore harinya.

Untuk penyajiannya, anda bisa menyajikan ulat Hongkong dengan cara memotong bagian kepalanya atau juga bisa diberikan setelah direbus terlebih dahulu. Efeknya yang meberikan rasa hangat pada burung juga baik diberikan agar burung lebih semangat dalam berkicau khususnya sebelum mengikuti kompetisi.

#Jangkrik

Pakan lain yang sangat digemari oleh burung Murai adalah jangkrik. Untuk jangkrik yang biasa diberikan, biasanya ada tiga jenis yakni jangkrik hidup biasa, tepung kering, dan juga jangkrik beku.

Cara penyajian makanan burung Murai beurpa jangkrik ini harus mencopot terlebih dahulu bagian kaki atau tangan yang keras dan dapat mengganggu tenggorokan burung murai anda.

Untuk jumlahnya sendiri, dianjurkan meberikan 3 hingga 4 ekor dalam sekali pemberian makan. Anda bisa memberikannya sebagai pakan di pagi dan sore hari untuk menunjang kebutuhan nutrisi dan energi si burung kicau.

#Cacing Tanah

Cacing Tanah via tipsehatcantikalami
Cacing Tanah via tipsehatcantikalami

Cacing tanah juga bisa menjadi pilihan makanan burung murai anda. Selama ini cacing mungkin sering digunakan sebagai bahan dasar pembuat kosmetik karena memang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Bahkan menurut hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan protein pada cacing cukup tinggi yakni sekitar 72 persen, sehingga sangat baik untuk Murai Batu. Nah, protein tersebut dapat dikategorikan sebagai protein murni.

Cacing tanah ini ternyata juga mempunyai kandungan nutrisi lain yaitu berupa susunan asam amino yang sangat penting bagi Murai Batu.

Lalu, kira-kira apa saja sih manfaat cacing tanah untuk burung murai? Berikut ini beberapa diantaranya yaitu:

  • Manfaat yang pertama adalah dapat mengoptimalkan sistem metabolisme Murai Batu
  • Cacing tanah juga dapat meningkatkan sistem imun burung murai
  • Pemberian cacing tanah ini jgua dapat menstabilkan birahi Murai Batu
  • Ternyata mengkonsumsi cacing tanah ini juga dapat membuat produksi telur menjadi lancar sehingga dapat mencegah kemandulan Murai Batu
  • Karena protein yang tinggi akan bermanfaat untuk proses pertumbuhan Murai Batu
  • Terakhir, manfaat cacing untuk burung murai batu ini yaitu dapat mengilapkan bulu Murai Batu

#Lava Tawon atau Lebah

Selain telur kroto, anda juga bisa memberikan lava tawon atau lebah. Lawa tawon atau lebah ini bisa menjadi pakan alternatif namun memang untuk mendapatkanya butuh perjuangan. Ngerinya kalau sedang mengambil lava tawon atau lebah ini malah kita disengat ya. Hehehe.

BTW, apa saja sih manfaat lava tawon ini untuk burung murai? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Manfaat lava tawon atau lebah yang pertama adalah dapat mencegah burung terkena virus
  • Kedua, mengkonsumsi lava lebah ini juga dapat meningkatkan sistem imun biar ga gampang skait
  • Lava ini juga bermanfaat untuk menjadikan memori dan sistem saraf bekerja lebih optimal
  • Dapat merangsang nafsu makan Murai Batu
  • Juga bisa meningkatkan massa otot dan energi Murai Batu
  • Lava tawon ini juga dapat mempercepat perkembangan Murai Batu bakalan, anakan, hingga
  • yang terakhir, untuk murai batu yang sedang mabung

#Ikan Guppy

Ikan Guppy via jualguppy
Ikan Guppy via jualguppy

Ikan guppy? Ya, ternyata ikan guppy ini juga bagus jika kita berikan untuk pakan burung murai. Tapi kok kedengaran agak ekstrim ya? Yang jelas kita harus membiakkan ikan guppy sebagai suplai makanan kalau kita mau memberikan burung murai kita pakan ikan guppy.

Kenapa memberikan burung murai pakan ikan guppy? Berikut ini beberapa manfaat burung murai mengkonsumsi ikan guppy:

  • Pertama, kandungan Omega 3 pada ikan guppy ini bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi syaraf dan penglihatan
  • Selain omega 3, kandungan asam amino taurin pada ikan guppy ini dapat merangsang pertumbuhan sel otak
  • Mengkonsumsi ikan guppy yang mengandung vitamin A dapat mencegah penyakit mata
  • Selain vitamin A, ikan guppy ini juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk mendukung proses pertumbuhan dan kekuatan tulang
  • Selanjutnya, ikan guppy juga bermanfaat untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta kerusakan syaraf karena mengandung vitamin B6
  • Selain vitamin B6, ikan guppy ini juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sel darah merah, metabolisme lemak, dan melindungi kerusakan syaraf
  • Terakhir, kandungan selenium pada ikan guppy bermanfaatuntuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan

#Belalang Hijau

Belalang via fahyuatar
Belalang via fahyuatar

Selain jangkring, sobat kicau mania juga bisa memberikan belalang hijau sebagai pakan burung murai anda. Kandungan nutrisi pada belalang hijau berupa protein juga cukup tinggi lo, hampir-hmapir samalah dengan kroto.

Protein sendiri sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan burung murai. Sama seperti jangkrik, pastikan sebelum memberikan belalang hijau ini anda sudah membuang bagian kepala, kaki, dan bulunya. Sebab, bagian-bagian tubuh tersebut akan membuat Murai Batu sulit mencernanya.

#Telur Rebus

Telur Rebus via dagelan
Telur Rebus via dagelan

Ternyata bukan cuma kita yang doyan makan telur rebus, burung murai juga suka lo. Anda bisa memberikan bagian putih atau kuning telur. Anda bisa memberikan telur telur ayam, telur itik atau bebek, dan telur puyuh.

Sebaiknya anda memberikan telur rebus ini dengan mengkombinasikan dengan pakan lain, misal telur rebus dicampur dulu dengan Extra Fooding lainnya. Sebagai contoh, telur rebus dicampur dengan kroto.

Anda bisa menggunakan perbandingan 1 : 3. Jadi, 25 persen telur rebus, dan 75 persen kroto. Setelah Murai Batu terbiasa, ganti takarannya menjadi 3 : 1 dan berlanjut ke telur rebus seutuhnya.

Seperti yang disadur dari Omkicau, resep pakan dari telur rebus berikutnya yaitu telur rebus dikombinasikan dengan jangkrik dan ulat Hong Kong.

Pemberian pakan berupa telur rebus dan jangkrik ini bisa dilakukan dengan cara disuntikkan ke tubuh jangkrik. Caranya, kuning telur yang masih mentah (belum direbus) disuntikkan atau dispet ke tubuh jangkrik.

Jumlah jangkrik yang dispet cukup 2–3 ekor saja. Misalnya, burung Murai Batu Anda terbiasa diberi jangkrik dengan porsi 5 ekor, maka cukup 2–3 ekor jangkrik saja yang dispet kuning telur pada pagi hari.

Teknik pengambilan kuning telur bebas, boleh dipecah dan isinya dimasukkan dalam cawan kecil, lalu dipisahkan antara kuning dan putih telur. Selanjutnya, kuning telur disedot dengan spet, dan disuntikkan ke tubuh jangkrik.

Telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk burung murai, protein pada telur mendapat 15-19 %, tergantung jenis telurnya, juga mengandung vitamin yang lengkap seperti vitamin A, D, E, K, B2, B5, B9, dan B12), asam amino yang bagus untuk pembentukan hormon dan pertumbuhan bulu-bulu Murai Batu.

#Udang Kecil

Udang Kecil via Carigold
Udang Kecil via Carigold

Pakan burung murai berikutnya yaitu udang-udang kecil yang bisa dengan mudah kita seser di rawa-rawa. Sebagaimana udang bermanfaat untuk manusia, udang kecil ini juga memiliki banyak manfaat untuk burung murai.

Nutrisi di dalam udang kecil ini sangat tinggi, seperti kandungan energi sebesar 81 kilokalori, protein 16,2 gram, karbohidrat 0,7 gram, lemak 1,2 gram, kalsium 757 miligram, fosfor 292 miligram, dan zat besi 2 miligram.

Untuk rebon udang kecil juga bernutrisi tinggi, rebon udang segar mengandung vitamin A sebanyak 60 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 0 miligram per 100 gramnya.

Oh ya sob, pakan udang kecil ini bukan dijadikan sebagai pakan utama ya, karena sifatnya panas. Pemberian hanya dilakukan pada saat akan lomba, sekitar H-2 sampai H-1 lomba.

Udang kecil yang akan kita berikan ini dikupas dulu kulitnya, lalu diberikan ke Murai Batu. Nah, untuk burung murai yang diberikan udang kecil ini biasanya tingkat birahinya akan langsung meningkat.

#Orong-orong

orong-orong
Orong-orong

Makanan burung murai selanjutnya adalah orong-orong. Orong-orong biasanya hidup di tanah, di bawah tumpukan kayu, plastik, atau sampah.

Orong-orong ini mirip sekali dengan jangkrik alau dilihat sekilas, tapi tigak loncat-loncat, melainkan dengan berjalan cepat.

Orang-orang dijadikan pilihan sebagai pakan burung murai karena kandungan proteinnya cukup tinggi juga, hampir sama dengan kandungan protein pada jangkrik.

Pemberian pakan berupa orong-orong ini juga dengan cara melepas bagian kepalanya, kaki, tangan dan lain-lain.

#Voer

Voer Burung
Voer Burung

Selain jenis pakan alami di atar, burung murai anda juga bisa diberikan pakan buatan, berupa voer. Voer dijadikan sebagai pakan utama dari berbagai jenis burung karena mudah di dapat, tidak mudah busuk, dan kandungan nutrisinya sudah cukup lengkap.

Namun pastikan voer yang anda pilih memang diperuntukan bagi murai batu. Kenapa? Karena kandungan protein di dalamnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa merk voer Murai Batu yang bisa anda jadikan pilihan:

  • Supervit Gold
  • Supervit Red
  • Dan lain-lain

Tips Perawatan Burung Murai Supaya Jadi Jawara

Perawatan burung murai tidak hanya pada pakannya saja, melainkan pada aspek lain juga harus diperhatikan.

Burung cantik yang memiliki warna kuning , hijau , biru dan karena berwarna – warni ini juga menjadi alasan bagi para pecinta burung memilih burung Murai sebagai burung peliharaan nya.

Selain dipelihara sebagai sarana hiburan semata, burung ini juga bisa dijadikan sebagai burung kontes. Kalau burung yang kita miliki bisa memenangkan lomba, maka nilai jualnya bisa tinggi lo. Bisa mencapat puluhan bahkan ratusan juta rupiah ya memang karena sudah memiliki prestasi .

Cara Merawat Burung Murai Untuk Lomba

Maka dari itu, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips perawatan burung murai berikut ini:

1. Perawatan Kesehatan

Faktor kesehatan burung menjadi hal yang pokok dan harus menjadi perhatian. Sebaiknya anda memberikan pakan tidak berlebihan karena bisa membuat burung menjadi terlalu gemuk, juga tidak boleh terlalu sedikit karena bisa terlalu kurus.

Perhatikan pola makan burung murai anda agar tetap ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Anda sebaiknya juga memperhatikan tempat minum di kandang, usahakan untuk memberikan air matang ya.

2. Berikan Makanan yang Tepat

Selain porsinya, anda juga mesti memperhatikan pakan yang tepat untuk burung murai anda. Berikan pakan yang bernutrisi agar burung tetap bugar. Misal pakan burung yang tepat untuk murai yaitu 5 ekor jangkrik dan beberapa makanan serangga seperti kroto dan serangga kecil lain nya.

3. Penjemuran Rutin

Burung murai juga sebaiknya mendapatkan porsi sinar matahari. Jemurlah burung murai anda secara rutin mulai pukul 7 sampai 10, cukup 2 jam saja. Penjemuran burung murai ini dapat membuat burung murai lebih leluasa dengan alam sekitar. Oh ya sob, sebaiknya saat burung dijemur sebaiknya burung murai tidak boleh melihat burung murai lainnya karena bisa menghilangkan fokus.

4. Beri Lingkungan yang Nyaman

Pastikan juga anda memberikan lingkungan yang nyaman bagi burung murai yang anda pelihara. Kalau bisa, taruh kandang burung murai pada tempat yang nyaman yang hampir sama dengan habitat asli nya tidak usah bingung membuat kandang burung murai dengan yang sama seperti habitat asli nya cukup menambah beberapa ranting pohon di taruh dalam kandang.

Anda juga harus rutin membersihkan kandang burung ya, jangan biarkan kotoran terlalu lama di dalam kandang.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung murai dan tips perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat sehingga burung murai anda cepat gacor dan menjadi Sang Jawara!

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Murai Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *