Makanan Burung Mozambik Rajin Gacor dan Tips Perawatan

Makanan Burung Mozambik – Burung Mozambik merupakan salah satu burung yang masih tergolong dalam keluarga finch atau burung Kenari.

Dengan penampakan yang memiliki warna kuning cerah di beberapa bagian tubuhnya, burung ini kerap disebut dengan yellow fronted Canary.

Mozambik juga dikenal sebagai burung kicau yang lumayan menarik untuk dipelihara. Mereka lumayan aktif dan dari segi makanan burung Mozambik sendiri lumayan mudah disediakan.

Tak semua jenis burung Mozambik memiliki suara kicauan yang bagus dan bisa ngerol. Hanya burung dengan jenis pejantan saja yang bisa melakukan variasi suara yang banyak dan juga irama yang enak didengar di telinga.

Jika telah handal, burung ini kerap dijadikan sebagai burung masteran untuk burung jenis lain seperti anis merah, cucak, kacer, murai batu, jalak, dan berbagai burung kicau lainnya.

Untuk mendapatkan burung Mozambik yang berkemampuan kicau handal tersebut tentu bukanlah perkara yang gampang dan datang begitu saja. Diperlukan adanya perawatan dan pelatihan yang baik agar burung cepat menguasai kicauan dengan baik.

Artikel terkait: Kombinasi Makanan Burung Macaw

Daftar Makanan Burung Mozambik

Makanan Burung Mozambik via Hobiburungkicaumania
Makanan Burung Mozambik via Hobiburungkicaumania

Selain itu, makanan burung Mozambik yang anda berikan juga tak kalah penting dalam mempengaruhi perkembangan kicaunya.

Sayuran Hijau

Sawi vai Istimewa
Sawi vai Istimewa

Sebagaimana layaknya jenis finch kebanyakan, burung Mozambik juga memiliki selera yang tak jauh berbeda yakni menyukai jenis pakan sayuran.

Oleh karena itulah, sebagai pemilik yang cermat, anda bisa memberikan berbagai jenis sayuran hijau pada burung ini dengan cara dimasukkan dalam wadah pakan terutama saat sedang dilakukan penjemuran.

Beberapa jenis daun hijau yang bisa diberikan diantaranya krokot, sawi, dan juga buah-buahan yang mengandung banyak air seperti potongan apel dan juga jeruk.

Konsumsi sayur yang disukai Mozambik ini merupakan salah satu cara adaptasinya dalam menghadapi iklim dan cuaca di wilayah asalnya, Afrika. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, mereka mendapatkan cukup pasokan air dari daun segar sehingga bisa menghindarkan burung dari dehidrasi.

Biji-bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Selain dari jenis pakan sayuran, burung Mozambik juga sangat menggemari beberapa jenis biji-bijian. Meski begitu mereka cenderung burung yang pemilih untuk soal pakan dari biji-bijian ini.

Jika saat diberikan mixed seed burung ini hanya mengais-ngais dan mencari jenis bijian tertentu saja untuk di makan, ada baiknya anda hanya memberikan pakan millet dan niger seed sebagai makanan burung Mozambik ini. Kedua biji-bijian tersebut merupakan jenis bijian yang paling digemari oleh mereka.

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong via Youtube
Ulat Hongkong via Youtube

Sob, anda juga bisa memberikan makanan burung mozambik berupa ulat. Pemberian pakan ini dalam kondisi tertentu saja, misalnya fase breeding maupun untuk membuatnya lebih aktif dan rajin bunyi, burung mozambik dewasa bisa diberi pakan tambahan ulat hongkong, baik yang masih hidup maupun dalam kondisi dikeringkan.

Pakan Tembahan

Selain jenis pakan di atas, anda juga bisa menambahkan jenis makanan lain untuk melengkapi kebutuhan gizinya, berikut ini resep makanannya:

  • 1 butir telur rebus
  • 1 sendok teh beras merah yang sudah matang
  • 1 sendok teh milet
  • 1 sendok teh parutan apel.

Campur lalu aduk semua bahan dalam satu wadah, kemudian siapkan dalam cepuk terpisah dan diberikan setiap dua hari sekali.

Tips Perawatan Burung Mozambik

Tak hanya pemberian kombinasi kedua pakan di atas, anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek dalam perawatan burung ini. Pertama, pastikan untuk rutin melakukan penjemuran saat pagi ketika matahari belum terik untuk menghangatkan tubuh burung.

Selain itu, burung Mozambik juga senang dimandikan dengan cara menyemprotkan spray air pada tubuh burung ini. Jangan lupa tutup sangkar untuk membiarkan burung beristirahat dengan tenang mulai dari sore hari.

Untuk mengoptimalkan performa dan menjaga kesehatannya saat kondisi cuaca yang sedang buruk seperti saat musim penghujan, anda bisa memberikan multivitamin. Selain itu, solusi untuk cuaca dingin seperti ini juga bisa diakali dengan memasang lampu full spektrum dalam ruangan penyimpanan burung agar dia terasa hangat.

Selain itu, untuk mengatasi burung yang kadang malas berbunyi atau sering disebut nglamak, anda bisa menggunakan telur puyuh yang diolah dengan cara direbus. Setelah matang, kupas dan berikan telur puyuh ini sebagai makanan burung Mozambik. Pemberian yang rutin akan membuat burung ini bersemangat kembali untuk berkicau karena kandungan protein yang dimiliki telur burung puyuh lumayan tinggi.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung mozambik dan tips perawatannya dari kami. Semoga bermanfaat, jangan lewatkan juga: Harga Burung Mozambik Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *