Makanan Burung Merpati Agar Sehat dan Berstamina

Makanan Burung Merpati – Burung merpati tergolong burung yang banyak dipelihara baik oleh pecinta burung di pedesaan ataupun perkotaan. Burung ini juga dikenal telah lama memiliki ingatan dan navigasi yang baik karena dulu sempat dilatih untuk menjalankan tugas seperti menyampaikan surat, contohnya merpati pos.

Mereka cenderung hidup berkelompok dan mudah dilatih, jadi tak heran banyak merpati yang dipelihara secara lepas atau di luar kandang.

Selain itu, merpati juga tak pilih-pilih soal makanan. Jadi anda tak harus direpotkan dengan pemilihan makanan burung Merpati karena mereka hampir menyukai beragam jenis biji-bijian yang diberikan.

Makanan Burung Merpati via Merdeka
Makanan Burung Merpati via Merdeka.com

Jenis Makanan Burung Merpati

Nah, untuk mengetahui lebih lagi terhadap pakan jenis biji-bijian yang disukai oleh burung ini serta memuat pertumbuhannya menjadi sehat, berikut beberapa jenis kombinasi biji yang bisa diberikan sebagai makanan burung Merpati.

Jagung

Jenis bijian pertama yang jadi favorit dan hampir setiap pemelihara merpati berikan adalah biji jagung. Hampir semua jenis biji jagung disukai oleh burung ini, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan pas dengan ukuran mulut merpati, pemberian jagung Madura sangat dianjurkan.

Jagung jenis ini sepintas memang tak berbeda dengan jagung kebanyakan, namun jika dilihat dengan seksama akan terlihat jika buliran biji yang dimiliki lebih kecil. Ukuran kecil inilah yang membuat burung akan lebih mudah mengonsumsinya.

Untuk jumlah pemberian pakannya sendiri, burung merpati dewasa memerlukan pakan hingga mencapai 37 gram per ekornya, sedangkan untuk merpati muda sebanayak 25 gram dan anakan hanya 5 sampai 10 gram saja. waktu pemberian yang tepat yakni 2 kali dalam sehari yakni pagi sekitar jam 7 pagi sore harinya sekitar  jam 4 sore.

Kacang Hijau

Selain jagung, kombinasi pakan dengan penambahan kacang hijau juga akan menunjang pertumbuhan burung dengan baik.

Bijian ini memiliki berbagai kandungan bermanfaat seperti protein, serat, mineral, dan juga omega. Karena kandungan yang lebih baik tersebut, tak heran jika kacang hijau memiliki harga lebih mahal. Jadi anda cukup gunakan pakan jenis ini sebagai selingan saja yang diberikan setiap dua hari sekali atau semampu anda.

Kacang Kedelai

Sama baiknya dengan kacang hijau, jenis bijan ini juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk burung merpati mulai dari protein yang cukup, vitamin C, vitamin A, Vitamin E, dan berbagai jenis vitamin lainnya.

Pemberian kedelai sebagai makanan burung Merpati juga berperan sebagai tambahan dan tak harus menjadi makanan pokok utamanya untuk asupan harian.

Kacang Tanah

Untuk asupan selanjutnya yang pas untuk diberikan pada Merpati adalah kacang tanah. Karena ukurannya yang cenderung lebih besar dari bijian lainnya, sebaiknya dipecahkan terlebih dahulu menjadi potongan lebih kecil sehingga tak hanya mudah dimakan namun juga menjadi lebih babar.

Banyak kandungan bermanfaat yang dimiliki oleh kacang tanah, seperti halnya protein, lemak, zat besi, serta beberapa kandungan vitamin lainnya. Karena kandungan lemak padan kacang tanah ini lumayan tinggi, pemberian yang berlebihan akan memicu burung kegemukan. Jika anda memiliki merpati balap, sebaiknya batasi dengan cermat pemberian kacang tanah.

Beras Merah

Pakan terakhir yang lumayan banyak direkomendasikan adalah beras merah. Pakan ini memang cukup populer di kalangan pecinta burung karena memiliki harga terjangkau dan kandungan yang pas sehingga jarang membuat burung menjadi kegemukan.

Pemberian makanan burung Merpati dengan beras merah ini akan meningkatkan stamina burung dan juga memperkuat organ tubuhnya agar tak cepat mengalami kelelahan. Jadi jika merpati anda termasuk merpati balap, pakan ini sangat pas diberikan.

Trik Mengatur Makanan Burung Merpati

Berikut ini beberapa catatan untuk anda mengenai trik untuk mengatur makanan burung merpati:

  1. Buatkan tempat tempat yang besar jika burung dalam 1 kandang, jika terpisah bisa dibuatkan tempat pakan yang agak kecil
  2. Selalu sediakan air minum setiap saat, dan pastikan bersih.
  3. Pakan hanya disediakan pada saat yang sudah ditentukan, jadi jangan sediakan terus.
  4. Berikan jenis makanan yang bervariasi.
  5. Jika ada burung yang buat keributan saat makan, pisahkan dengan yang lainnya.
  6. Jika anda burung yang lambat sehingga saat makan tidak kebagian, berikan khusus.
  7. Pastikan setelah makan, burung minum
  8. Tips selanjutnya adalah dengan memberikan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

***

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung merpati dan tips pemberiannya yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Artikel terkait: Makanan Burung Anis yang Disukai agar Cepat Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *