Makanan Burung Manyar yang Tepat agar Gacor dan Sehat

Makanan Burung Manyar – Manyar merupakan satu dari sekian jenis burung pemakan biji yang memiliki suara kicau yang lumayan variatif dan merdu didengar. Secara umum, ada tiga jenis Manyar yang paling diminati untuk masteran dengan kualitas suara yang bagus diantaranya Manyar Tempua, Manyar Emas, dan juga Manyar pejantan.

Bukan hanya pemilihan jenis kualitas suara pada burung satu ini juga tergantung dari segi perawatan dan pemilihan makanan burung Manyar yang tepat guna sebagai suplai nutrisi dan energi yang dibutuhkan.

Makanan Burung Manyar via Youtube
Makanan Burung Manyar via Youtube

Makanan Burung Manyar yang Tepat agar Gacor dan Sehat

Nah, untuk lebih mengetahui apa saja jenis makanan yang disukai oleh burung ini dan sekaligus memberikan efek yang lumayan dalam peningkatan performa kicaunya agar burung lebih memiliki kualitas, berikut selengkapnya.

Beras Merah

Gabah Beras Merah
Beras Merah

Jenis makanan burung Manyar pertama yang lumayan disukainya adalah beras merah. Beras ini pada dasarnya mirip dengan beras biasa yang berwarna putih, hanya saja untuk varietas beras ini memiliki warna sedikit mengkilap agak merah tua. Pakan jenis ini baik diberikan untuk burung Manyar yang masih dalam usia anakan karena kandungan fosfor dan Se bisa membantu pertumbuhan tulang dengan bagus.

Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai zat bermanfaat lain seperti karbohidrat yang hampir mencapai 85%, lemak, protein, serat, dan berbagai vitamin serta mineral bagus lainnya. Beras ini juga bagus diberikan sebagai pakan pokok karena berperan penting dalam metabolisme. Burung juga tak akan terlalu gemuk dengan pemberian yang rutin karena kandungan kalori beras ini cukup rendah.

Millet

Milet Putih dan Merah
Milet Putih dan Merah

Pakan dari bijian selanjutnya yang baik untuk menunjang perkembangan burung Manyar adalah millet. Tanaman serealia yang memiliki bulir biji kecil ini baik diberikan agar burung tetap sehat, rajin berbunyi dan tentunya lebih aktif atau menghilangkan rasa malas pada burung. Pemberian pakan millet ini bisa dicampurkan dengan adonan telur agar lebuh mendapatkan nutrisi seimbang.

Artikel terkait: Tips Perawatan & Makanan Burung Sikatan Londo Lebih Gacor

Gabah

Gabah via Ngambarsari
Gabah via Ngambarsari

Makanan burung Manyar ketiga ini sebenarnya memiliki kandungan yang sama baiknya dengan millet dan beras merah untuk menunjang pertumbuhan yang cepat pada si burung. Gabah sendiri juga cocok diberikan sebagai pakan utama harian namun tetap membuat burung tak kelebihan berat badan.

Selain itu, gabah juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, magnesium, dan berbagai kandungan lain yang akan menjadikan burung cenderung aktif. Anda bisa memberikan pakan gabah ini berupa masih dalam tangkai yang digantungkan dalam sangkar ataupun ditempatkan dalam wadah untuk biji gabah yang sudah dipetik.

Pakan Hewani Tambahan

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Ekstra fooding atau pakan tambahan pada burung Manyar ini berfungsi menjaga asupan protein agar tercukupi dengan sempurna untuk si burung. Beberapa jenis hewan kecil atau serangga yang banyak dijadikan sebagai pakan tambahan untuk burung ini diantaranya jangkrik, kroto, belalang, dan juga ulat hongkong.

Kandungan protein yang ada dalam pakan-pakan jenis ini membantu meningkatkan birahi pada burung dengan takaran yang pas agar burung lebih berstamina dan aktif dalam hal gacoran.

Untuk pemberian makanan burung Manyar berupa serangga ini perlu dilakukan pembatasan agar burung tak mengalami kelebihan birahi yang bisa membuatnya malah tampak tak aktif. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu dalam cara penyajian.

Untuk belalang dan jangkrik, sebaiknya selalu copot bagian kaki pelontar yang tajam dan kepala yang keras agar memudahkan burung manyar untuk menelannya. Hal ini juga dilakukan untuk menghindarkan cidera pada mulut dan tenggorokan burung ini karena kaki tajam serangga.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung manyar yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa membuat burung anda lebih gacor dan sehat lagi ya sob. Jangan lewatkan juga:  Tips Perawatan dan Makanan Burung Robin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *