Makanan Burung Kutilang Anakan Dewasa Agar Gacor

Makanan Burung Kutilang – Burung Kutilang memang sejak lama dan hingga kini masih menjadi burung yang lumayan banyak diminati oleh para pecinta burung. Alasan mengapa burung ini begitu memikat dan digemari yakni karena suara kicauan yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri dengan karakter yang nyaring.

Bukan hanya itu saja, tampilan burung ini juga identik dengan jambul yang berada di atas kepalanya. Jadi, tak hanya bagus untuk kicau namun juga hiasan.

Meski begitu mendapatkan burung kutilang yang berbulu sehat dan rajin gacor bukan perkara mudah, banyak faktor yang berpengaruh salah satunya makanan burung Kutilang yang diberikan.

Bagi anda yang tertarik memelihara burung ini untuk dijadikan pengisi suasana di rumah ataupun jagoan lomba kicau, beberapa asupan yang baik bagi burung Kutilang berikut perlu anda ketahui untuk mendapatkan burung dengan perkembangan tubuh dan kemampuan kicau maksimal.

Makanan Burung Kutilang Anakan

Makanan Burung Kutilang Anakan
Makanan Burung Kutilang Anakan

Burung Kutilang yang masih anakan ini memiliki jenis makanan yang berbeda dengan burung muda ataupun dewasa. Pemberian pakan yang tidak cocok bisa berakibat pada munculnya penyakit yang cukup serius pada burung. Oleh karena itulah, pemilihan pakan lunak yang mudah dicerna jadi pilihan utama.

Mengingat burung Kutilang anakan belum mampu untuk memakan sendiri makanannya, anda perlu memberikan perawatan ekstra dengan menyuapinya atau dikenal dengan istilah meloloh. Untuk bahan pakannya, anda bisa menggunakan voer ayam atau burung dan campur air dengan perbandingan 1:1 sehingga voer cukup lumat, tak terlalu encer ataupun padat.

Gunakan lidi atau sedotan untuk mengambil gumpalan voer secukupnya saja dan jangan terlalu banyak, lalu berikan saat mulut anakan Kutilang terbuka lebar pertanda lapar. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya luka pada mulut burung Kutilang anakan.

Oh ya sob, kalau anakan burung kutilang ini sudah menelan makannya, maka anda harus memberikan minuman atau air yang sudah anda siapkan agar makanan yang tadi anda berikan akan mudah di cerna oleh pencernaan.

Makanan Burung Kutilang Muda dan Dewasa

Makanan Burung Kutilang Agar Gacor
Makanan Burung Kutilang Agar Gacor

Setelah melewati masa anakan dan mulai merbung atau sudah mampu diberikan asupan tambahan, pemberian pakan pada burung ini haruslah yang mendukung pertumbuhannya agar rajin berbunyi.

Jenis pakan utama yang wajib anda berikan yakni buah-buahan segar. Selain mengandung banyak vitamin yang bisa mendongkrak vitalitasnya, pakan buah ini bisa membuat burung Kutilang memiliki bulu sehat dan tak kusam.

Beberapa jenis buah yang digemari oleh burung ini yaitu buah pisang dan pepaya. Anda bisa meberikan pakan buah ini dengan menggantungkannya di sisi sangkar dan ganti dengan buah segar jika tak habis dan mulai membusuk.

Selain buah, pakan yang baik untuk pertumbuhan kutilang muda dan dewasa yakni berbagai macam serangga kecil mulai dari jangkrik, ulat Hongkong, kupu-kupu, capung, ataupun ulat kandang. Pemberian makanan tersebut dapat dilakukan setiap beberapa hari sekali saja dan bukan menjadi pakan utama. Agar tak monoton dan bosan, usahakan serangga yang dipilih berganti-ganti.

Pemberian makanan burung Kutilang yang kaya akan protein ini selain berguna untuk memaksimalkan cepatnya pertumbuhan, namun juga bisa membuat suara kicauan yang dihasilkan lebih gacor dan bersemangat sehingga bisa mengatasi Kutilang yang malas atau enggan bunyi.

Selain ketersediaan makanan burung Kutilang, hal penting lain yang wajib selalu disediakan dalam kandang yakni wadah air untuk kebutuhan minum si burung. Ibarat manusia, tubuh burung Kutilang juga memerlukan cairan yang cukup agar kesehatannya terjaga. Meski suplai cairan juga bisa didapat dari buah segar, namun kandungannya belum maksimal untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh burung berjambul dengan karakter khas ini.

Jangan lewatkan juga: Daftar Makanan Burung Lovebird Biar Sehat dan Gacor

Jangan Lupa!!!

Oh ya sob, berikut ini ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan ya, agar burung yang anda pelihara nyaman dan sehat:

1. Bersihkan Kandang & Jemur

Hal pertama yang sebaiknya anda lakukan agar burung kutilang tetap sehat adalah dengan cara rutin membersihkan kandang dari kotoran, makanan sisa atau minuman yang sudah kotor.

Jika anda membiarkan sisa pakan atau kotorannya tetap di dalam kandang, maka burung kutilang rentan akan terkena penyakit, sama kayak kitalah, kalau kita jorok maka penyakit akan lebih mudah hinggap.

Selain membersihkan, sebaiknya anda juga menjemur burung kutilang, bisa mulai jam 7 sampai jam 9 pagi. 2 jam saja cukup.

2. Memberikan Makanan Ekstra

Memang, pakan utama burung kutilang adalah buah-buahan kemudian ditambah dengan serangga beberapa ekor perminggunya, namun anda juga bisa memberikan pakan ekstra untuk burung kutilang anda.

Berikan pakan yang memiliki gizi atau protein melebihi dari makanan utama tujuan dari pemberian makanan tambahan untuk kutilang yaitu voer burung khusus untuk burung kicauan atau vitamin dan jamu. Anda bisa mencari di toko yang menyediakan vitamin

3. Rutin Memberikan Air Minum

Pastikan anda tidak lupa memberikan minuman ke burung kutilang ya, lebih bagus lagi kalau yang kita berikan adalah air masak. Bersihkan juga tempat minumannya setiap kali kita memberikan minuman yang baru. Kalau sudah kotor air minumnya segera ganti.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung kutilang anakan dan dewasa biar rajin gacor yang bisa anda berikan. Jangan lupa Bahagia, salah satunya adalah dengan memelihara burung kesayangan.

Artikel terkait: Harga Burung Kutilang Terbaru Berbagai Jenis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *