Makanan Burung Kenari Terbaik Agar Gacor

Makanan Burung Kenari – Jika diminta menyebutkan jenis burung yang paling diincar dan diminati, pasti hampir bisa dipastikan banyak penghobi yang akan menaruh burung Kenari dalam daftar tersebut.

Hal ini memanglah wajar mengingat burung jenis satu ini tergolong burung yang mudah dikembangbiakkan dan jarang terhindar dari stres, terlebih jika perawatan dan makanan burung Kenari memang dijaga dengan baik.

Selain dua aspek di atas, ketertarikan para penghobi burung datang karena jenis burung kicau ini memiliki suara merdu dengan variasi warna yang kaya.

Jadi, tak heran banyak yang terhipnotis dengan hasil gacor dan ngerol burung mungil satu ini. Meski begitu, untuk dapat menghasilkan kualitas gacoran yang baik dan variatif, latihan intensif saja tak cukup. Perlu adanya dukungan lain, terutama dari menu makanan yang diberikan.

Makanan Burung Kenari via Facilisimo
Makanan Burung Kenari via Facilisimo

Simak juga yuk: Panduan Cara Ternak Kenari untuk Pemula

Makanan Burung Kenari Terbaik Agar Jago Gacor

Bagi anda yang menginginkan burung Kenari anda memiliki karakter suara merdu dan nyaring, berikut beberapa menu makanan burung kenari yang dipercaya mampu meningkatkan dan mendukung daya gacornya dengan maksimal:

1. Telur Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Bagi pecinta burung tentu sudah tak asing lagi dengan telur semut kroto. Pakan satu ini biasanya didapat dengan cara mencarinya langsung di alam atau dihutan, namun sebagian ada yang telah membudidayakannya. Kandungan protein yang lumayan tinggi dari telur semut kroto ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan stamina burung kenari, memaksimalkan pertumbuhannya, dan juga meperbaiki pita suara agar mendapatkan hasil gacoran sesuai dengan keinginan.

2. Campuran Biji-Bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Campuran bijian atau yang juga sering disebut dengan bijian mix merupakan kombinasi berbagai bijian mulai dari canary seed, milet merah dan putih, dan egg food.

Untuk mengetahui apakah bijian memiliki kualitas bagus atau tidak, anda dapat melakukannya dengan cara merendamnya. Jika tenggelam dengan kulit mengelupas dan warna berubah keabu-abuan maka bisa dipastikan bijian memiliki kualitas bagus.

Pemberian berupa campuran bijian ini dilakukan untuk menjaga vitalitas burung kicauan agar tak cepat lelah, memperbaiki sistem pencernaan pada burung kenari, serta mampu mengingkatkan volume suara yang dihasilkan agar lebih nyaring.

3. Telur Puyuh

Makanan burung kenari selanjutnya yang lumayan kaya dengan asupan nutrisi yakni telur puyuh yang telah direbus. Bagi anda yang memiliki kenari petarung untuk kontes dan latihan intensif, pemberian pakan telur yang kaya asupan kalori ini mampu menunjang aktivitas berat yang dilakukan agar burung tak gampang sakit. Selain itu, pemberian telur putuh ini juga bermanfaat untuk merangsang birahi burung untuk berkicau.

4. Ulat Hongkong

Dengan total kandungan protein sebesar 48%, ulat Hongkong belakangan ini banyak dipilih oleh para penghobi burung kicau untuk menambah asupan nutrisi burung peliharaanya. Meski baik, pemberian yang berlebihan akan memicu burung menjadi terlalu gemuk dan kurang lincah. Jadi harus diberikan dengan kadar yang tepat.

Untuk menyajikan pakan ulat ini sendiri tak sembarangan, yakni ulat dalam keadaan sudah mati dengan cara mencelupkan terlebih dahulu ke air hangat. Hal ini dimaksudkan agar kandungan zat kimia larut dalam air dan tak mengganggu performa burung.

5. Daun Mengkudu Muda

Daun Mengkudu Muda via Ilmuhewan
Daun Mengkudu Muda via Ilmuhewan

Terakhir, pemberian daun mengkudu muda untuk makanan burung Kenari juga memiliki berbagai manfaat. Daun ini memiliki senyawa yang mampu mengatasi serak tenggorokan sehingga suara kicauan burung kenari bisa lebih jernih dan juga lantang didengar.

Untuk pemberian pakannya cukup mudah, tinggal cuci bersih daung mengkudu dan taruh di dalam kandang layaknya pemberian pakan sayuran. Pemilihan daun mengkudu muda ini dilakukan agar daun mudah dicerna karena bertekstur lebih halus dibandingkan yang sudah tua.

6. Buah Apel

Buah Apel Merah
Buah Apel Merah

Buah apel mungkin termasuk makanan eksklusif burung kenari. Bagaimana tidak, breeder sendiri mungkin jarang makan buah yang satu ini, tho. Hehehe

Tapi demi engkau kenari, apa sih yang tidak.

Sobat bisa memberikan apel segar untuk makan kenari kesayangan sobat. Selain buah apel itu menyehatkan, juga dapat menyegarkan tenggorokan si kenari.

7. Sayuran Segar

Selain buah apel segar, anda juga bisa memberikan sayuran segara sebagai pakan tambahan kenari. Sayuran segar ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran si kenari agar cepat gacor.

Beberapa jenis sayuran yang bisa anda berikan seperti kobis, wortel, kol, sawi dan biji-bijian yang lainnya. Untuk penyajiannya seperti kobis misalnya bisa di rebus terlebih dahulu agar lebih lunak namun jangan terlalu lama direbus karena bisa menghilangkan zat yang terkandung dalam sayuran itu sendiri.

8. Biji Hitam

Biji Hitam via Pricearea
Biji Hitam via Pricearea

Terakhir, anda juga bisa memberikan pakan tambahan berupa biji hitam dan fumayin agar si kenari makin rajin berkicau. Pastikan anda memberikan tidak dalam porsi yang terlalu banyak karena dapat meningkatkan suhu tubuh si kenari nantinya.

***

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung kenari yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Harga Burung Kenari Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *