Makanan Burung Kakatua Agar Bulu Indah dan Pintar

Makanan Burung Kakatua – Sebagai salah satu burung yang memiliki kepopuleran tak hanya di kalangan pecinta burung namun juga orang awam, burung Kakaktua memang dianggap menarik karena kemampuan imitasi suara dan tampilannya yang anggun.

Selain itu, burung ini juga dikenal sebagai satwa yang memiliki rasa ingin tahu besar, cerdas, dan aktif, sehingga tak jarang mereka kerap muncul di berbagai pertunjukan binatang. Mendapatkan kemampuan dan penampilan semacam itu bukanlah hal yang mudah.

Pemilik memang harus melakukan perawatan dan latihan dengan benar, serta suplai nutrisi dari makanan burung Kakatua harus pas dan seimbang.

Burung Kakatua
Burung Kakatua

Nah, untuk itulah bagi anda yang tertarik memelihara burung dengan tampilan putih anggun yang memiliki kemampuan imitasi suara dan kecerdasan di atas burung rata-rata ini, maka anda harus bisa menyajikan pakan yang memiliki kandungan yang baik untuk pertumbuhan bulu dan perkembangan kicauannya.

Daftar Makanan Burung Kakatua

Guna lebih jelas mengenai menu makanan burung Kakatua apa saja yang bermanfaat dan cocok untuk burung satu ini, berikut selengkapnya:

Buah-buahan

Buah-buahan

Untuk menu pertama, anda bisa memberikan makanan berupa buah-buahan segar yang notabene sangat disukai oleh burung Kakatua. Selain memiliki rasa yang enak, pakan buah ini memiliki beragam manfaat untuk mereka yakni bisa membuat burung lebih segar, menstabilkan kesehatan, dan yang paling penting dapat membuat bulu-bulu indah dari burung Kakatua anda tetap terjaga.

Jenis buah yang baik untuk diberikan yakni beragam buah yang mengandung multivitamin mulai dari vitamin A, vitamin B+, Vitamin C, dan beragam kandungan baik lain. Kandungan-kandungan vitamin seperti itu biasanya banyak ditemukan pada buah pisang, pepaya, apel, pear, dan beberapa jenis buah segar lain. Namun sedikit catatan saja, sebaiknya anda tidak memberikan buah alpukat pada Kakatua kesayangan akan memberikan efek kurang baik pada pertumbuhan burung tersebut.

Selain itu, buah juga memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan jenis pakan lain sehingga anda sebagai pemilik harus lebih selektif dalam memberikan buah. Contohnya saja buah anggur yang memang sangat disukai Kakatua namun memiliki kandungan gizi lebih sedikit sehingga kurang memberikan manfaat yang maksimal.

Simak juga yuk: Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat

Sayur-mayur segar

Selain buah, beragam kandungan gizi yang baik juga bisa disediakan oleh beragam jenis sayuran segar. Oleh karenanya, pemberian sayuran segar setiap hari pada burung Kakatua sangat dianjurkan. Tak ada bahan pakan lain yang dapat menjamin keseimbangan vitamin serta nutrisi sebaik sayuran.

Beberapa jenis sayur yang banyak disarankan oleh pecinta burung untuk Kakatua antara lain brokoli, lobak, wortel, ubi jalar, kentang, dan beberapa jenis lainnya. Pemberian makanan burung Kakatua berupa sayur ini perlu disediakan tiap harinya untuk mencukupi kebutuhan serat burung ini.

Biji-bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Biji-bijian hampir menjadi pakan berbagai burung tak hanya Kakatua saja. Kebanyakan burung menyukai biji-bijian ini sebagai bahan pakan tambahan atau selingan saja. Oleh karena itu, jika burung Kakatua anda tidak terbiasa makan biji-bijan dalam waktu yang lama sebaiknya tidak dipaksakan.

Biji-bijan sendiri merupakan makanan Kakatua ketika hidup di alam bebas selain buah. Jadi, pemberian pakan biji-bijian ini akan baik dilakukan jika diberikan secara rutin.

Beberapa jenis makanan burung Kakatua dari ragam bijian misalnya kwaci atau biji bunga matahari, kacang hijau, dan juga kacang tanah. Sebagai selingan, anda juga bisa memberikan kacang polong dan jagung namun jangan terlalu sering karena memiliki kadar gula yang lebih tinggi dengan bijian lainnya.

Cara Merawat Burung Kakatua

Selain memberikan makanan yang bernutrisi, anda juga harus merawat burung kakatua dengan benar. Berikut ini beberapa cara merawat burung kakatua yang sebaiknya anda lakukan:

Penempatan Burung Kakatua

Cara Merawat Burung Kakatua
Cara Merawat Burung Kakatua

Jika anda sudah memiliki burung kakatua, anda bisa menempatkan burung di dalam sangkar besi, kayu atau bambu. Tergantung yang anda miliki.

Selain memiliki sangkar tersebut, anda sebaiknya juga memiliki khusus burung paruh bengkok. Penempatan burung kakatua pada tenggeran khusus ini sebaiknya dilakukan setiap akhir pekan, pokoknya kalau bisa seminggu sekali.

Tujuannya agar burung kakatua ini bisa berinteraksi langsung dengan si empunya, supaya tercipta ikatan yang dapat menjadikan burung kakatus semakin setia kepada pemiliknya atau pemeliharanya dan orang yang ada di sekitarnya.

Mandikan

Burung kakatua sebaiknya juga dimandikan secara rutin. Secara rutin seminggu sekali dengan pancuran atau berendam.

Selain agar bersih dan sehat, memandikan burung kakatua ini bertujuan untuk mengumpulkan debu pada bagian sayap dan supaya bulu burung punya bentuk yang bagus.

Memandikan burung kakatua dengan pancuran atau semprotan, bisa lebih bagus jika dibantu dengan tangan yang menahan semprotan air., akan lebih bagus lagi kalau menggunakan air yang hangat kuku.

Jaga Kebersihan Kandangnya

Selain kebersihan burung, sebaiknya anda juga menjaga kebersihan kandang burung. Jangan biarkan kotoran burung kakatua berlama-lama di dalam kandang.

Selain agar tidak menjadi sarang bibit penyakit, burung kakatua juga kurang suka dengan kandang yang jorok.

Beri Kakak Tua Teman

Kamu pasti kalau sendirian terus, ya kan? Sama juga halnya dengan kita, burung kakatua juga akan rapuh kalau sendirian terus.

Kalau anda sibuk dan tidak bisa berinteraksi dengan burung kakatua, sebaiknya anda memiliki 2 ekor burung kakatua agar mereka bisa berinteraksi atau minimal memberikan mainan, bisa boneka misalnyaa.

Jangan sampai burung kakatua anda merasa bosan, karena kalau sudah bosan, burung akan melakukan hal-hal yang kurang baik.

Burung kakatua membutuhkan kasih sayang dan perhatian khusus dari pemiliknya, karena memang merawat burung kakatua membutuhkan ketelatenan.

Tempatkan Kandang di Tempat yang Ramai

Burung kakatua ini suka dengan keramaian, serta rasa ingin tahunya tinggi. Jadi, salah kalau anda menempatkan burung ini di tempat yang jarang orang berlalu lalang.

Anda bisa menempatkan burung ini di dekat pintu ruang tamu, atau di teras samping rumah dekat ruang keluarga. Pokoknya usahakan agar burung bisa berinteraksi dengan orang-orang.

Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Sob, burung kakatuamu jangan terkena sinar matahari langsung ya. Letakkan burung kakatua anda di tempat yang lebih terlindung namun tetap hangat.

****

Bagaimana sob? Sudah tidak sabar lagi mau punya burung kakatua yang cantik di rumah? Tunggu apalagi, yuk rawat burung kakatua-mu biar bisa jadi penghilang suntuk dan stres karena s bos yang ngomel terus, hehehe, peace!!!

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung kakatua dan cara merawatnya agar cantik dan dan imut kayak si doi. Semoga bermanfaat ya.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Kakatua Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *