Makanan Burung Jalak Biar Rajin Gacor

Makanan Burung Jalak – Burung Jalak telah banyak dikenal sebagai salah satu burung yang diminati dan populer di kalangan para penghobi burung.  Bukan hanya hadir dengan daya tarik suara yang unik dan berkarakter, burung Jalak juga memiliki magnet lain berupa tampilan bulu indahnya yang mampu menghipnotis dan memikat perhatian banyak orang dengan begitu baik.

Perawatan burung Jalak juga bisa dibilang susah-susah gampang untuk sekelas pemula sekalipun. Salah satu hal yang penting untuk selalu diperhatikan adalah pola makan burung Jalak. Jika kurang selektif dan tepat, perkembangan burung juga dirasa akan kurang maksimal.

Makanan Burung Jalak via Hewan
Makanan Burung Jalak via Hewan

Makanan Burung Jalak

Nah, untuk mendukung perkembangan burung Jalak ini baik dari segi keindahan bulu, gacoran, dan vitalitas tubuhnya, makan anda bisa memberikan beberapa rekomendasi pakan berikut sebagai makanan burung Jalak untuk asupan hariannya:

Buah Segar, Terutama Pisang Kepok

Pisang Kepok via Olx
Pisang Kepok via Olx

Burung Jalak hampir menyukai semua jenis buah-buahan, terutama pisang. Selain untuk mengatasi lapar burung, asupan vitamin dari pisang dan berbagai buah segar bagus untuk menjaga daya burung agar tak cepat kelelahan dalam berkicau.

Salah satu jenis pisang andalan yang banyak diberikan oleh para pecinta burung Jalak adalah jenis pisang kepok. Kandungan vitamin yang lengkap seperti vit. A, vit. C, potasium, dan zat besi bermanfaat untuk menghindarkan burung ini dari berbagai gangguan penyakit dan juga meningkatkan kecerdasan dalam menghasilkan suara-suara kicau unik.

Tahukah sobat kicau mania, dalam satu buah pisang itu mengandung paling tidak 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 206 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C.

Jadi memang, pisang kepok ini sangat baik untuk diberikan kepada burung jalak kita supaya tetap sehat dan rajin berkicau.

Pisang juga kaya akan karbohidrat. Pisang kepok yang akan diberikan pastikan sudah benar-benar matang dan lembut, yang berwarna putih.

Agar lebih bervariasi, anda bisa memberikan jenis buah lainnya sebagai pakan. Jenis buah selain pisang kepok yang bisa anda berikan yaitu berupa pepaya atau apel yang dipotong kecil-kecil untuk memudahkan burung memakannya.

Meskipun demikian memang, pemberian pakan berupa pisang masih menjadi pilihan utamanya. Pisang kepok ini akan menunjang agar burung jalak lebih aktif, cerdas, dan rajin bunyi.

Oh ya sob, repot juga kalau mesti beli pisang kepok terus. Nah, anda bisa menyimpan pisang kepok yang lainnya di dalam lemari pendingin. Cara menyimpannya yaitu dengan membungkusnya terlebih dahulu dengan kertas koran.

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Sebagai salah satu pakan pelengkap, Jangkrik merupakan salah satu sumber protein yang jamak diberikan oleh para pecinta burung kicau kebanyakan. Rasa jangkrik sebagai serangga yang kaya akan protein merupakan rasa kegemaran burung ini.

Meski sangat disukai dan memiliki manfaat yang bagus, pemberian Jangkrik pada burung Jalak juga perlu dibatasi. Pada keadaan normal, pakan selingan jangkrik hanya diberikan beberapa ekor saja mengingat efeknya bisa meningkatkan birahi si burung. Dan dianjurkan juga memberikan pakan jenis ini menjelang lomba dilangsungkan agar lebih semangat dalam berkicau.

Perlu diperhatikan tiap kali ingin memberikan pakan jangkrik pada burung, anda wajib untuk mencabut kaki belakang jangkrik yang memiliki duri tajam dan tekstur keras. Hal yang ditakutkan jika kaki belakang jangkrik bisa melukai bagian dalam tenggorokan sehingga burung enggan berkicau.

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong via Youtube
Ulat Hongkong via Youtube

Selain Jangkrik, ulat Hongkong menjadi makanan burung Jalak yang sangat disukai. Dengan kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis sumber protein lain, pembatasan pakan tambahan jenis ini wajib dibatasi. Pemberian 3 hingga 4 ekor tiap kali makan akan cukup memenuhi kebutuhannya.

Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Sumber protein alami terakhir yang bagus untuk burung Jalak yaitu telur dan juga larva dari semut kroto. Pemberian kroto pada burung biasanya dicampurkan pada pakan tambahan seperti jangkrik dan ulat, dan waktu yang paling pas yakni pada pagi hari. Kroto juga diyakini baik untuk menunjang stamina dan mendongkrak semangat kicau saat mereka sedang malas.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Bagi pemilik burung Jalak yang sibuk dengan aktifitas lain, pemberian makanan burung Jalak berupa voer atau pellet sangat disarankan karena kandungan vitamin, serat, karbohidrat, serta proteinnya bisa menunjang kebutuhan stamina burung sepanjang harinya.

Meski bisa dijadikan pakan utama, kombinasi dengan ekstra fooding lain tetap perlu dilakukan. Untuk jenis yang bagus diberikan pada burung Jalak, anda bisa memilih voer dengan kandungan protein dengan kadar 12% hingga 18%. Pakan voer memiliki fungsi penting dalam menjaga burung tetap prima dan lincah dalam bergerak.

Pastikan voer yang anda berikan adalah voer yang berkualitas yang memiliki kandungan berupa lemak, karbohidrat, energi metabolis, serat kasar, vitamin, dan mineral.

Sama seperti manusia, nutrisi tersebut juga diperlukan oleh burung agar tetap sehat dan aktif sepanjang hari.

Disarankan juga kepada para breeder untuk tidak sering mengganti jenis voer yang diberikan, karena memang banyak pada pemelihara burung menggota-ganti jenis voer supaya mencari yang cocok biar burung rajin gacor.

Padahal kebiasaan mengganti jenis voer ini justru dapat memberi pengaruh buruk terhadap penampilannya, misalnya warna bulu berubah kusam dan mudah rontok.

******

Itulah beberapa jenis makanan burung jalak yang dianjurkan untuk anda berikan agar burung jalak semakin aktif dan lebih rajin berkicau.

Oh ya sob, selain memperhatikan pakan, anda juga mesti memperhatikan pola perawatan lainnya ya, mulai dari memandikan, menjemur, menjaga kebersihan sangkar, pemasteran, dan rutin memberikan multivitamin seperti BirdVit setiap 2-3 hari sekali.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Jalak Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *