Jenis Makanan Burung Jalak Suren Terbaik

Makanan Burung Jalak Suren – Sebagai salah satu burung Primadona di kalangan kicau mania, Jalak Suren memang begitu memikat dan dicintai karena memiliki suara kicauan yang merdu dan berkarakter. Keunggulan kicau ini tak hanya dimiliki oleh Jalak Suren pejantan saja, akan tetapi juga betina memiliki kemampuan yang sama baiknya.

Tentunya kemapuan gacor unik dan indah seperti ini tak didapat begitu saja. Diperlukan perawatan yang tepat, latihan yang cukup, serta pola makan burung Jalak Suren yang mendukung perkembangan fisik dan kesehatannya.

Oleh karena itulah, pemberian makanan pada burung satu ini tak bisa main-main dan sembarangan begitu saja. Anda perlu memperhatikan kombinasi makanan yang memang tepat agar burung ini mampu memiliki gacoran sesuai yang diharapkan.

Makanan Burung Jalak Suren
Makanan Burung Jalak Suren

Daftar Makanan Burung Jalak Suren

Nah, untuk memaksimalkan kemampuan gacoran tersebut, berikut beberapa rekomendasi makanan burung Jalak Suren yang bisa anda berikan:

Buah Segar

Buah-buahan

Jenis makanan pertama yang disukai oleh Jalak Suren yaitu buah-buahan. Pakan dari buah yang kaya vitamin ini sangat dianjurkan oleh berbagai kalangan pecinta burung karena dapat mempercepat proses gacor.

Beberapa pilihan buah yang dapat anda berikan untuk Jalak kesayangan anda yakni pisang, pepaya, apel, dan beberapa jenis buah lain. Selain mempercepat gacor, buah juga mengandung cukup serta yang bisa memastikan burung Jalak Suren anda tak rentan terkena gangguan pencernaan.

Untuk pemberian pisang, anda bisa memilih pisang kepok yang memiliki tekstur kesat dan mudah dicerna. Sedang untuk buah apel, pemilihan apel merah lebih disukai oleh burung ini dibandingkan dengan apel hijau yang pada umumnya memiliki tekstur lebih keras.

Usahakan untuk selalu memberikan buah dalam keadaan masih segar agar burung bersemangat makan. Jika tak habis dalam jangka waktu dua hari, sebaiknya anda mengganti dengan buah bariu. Pemberian pakan buah ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu dengan jenis buah yang selang-seling untuk menghindari kebosanan.

Cek juga yuk: Update! Harga Burung Jalak Putih Terbaru

Ekstra Fooding

Makanan Tambahan Pleci

Layaknya burung kicauan kebanyakan, Jalak Suren juga membutuhkan asupan protein yang cukup dengan cara meberikannya pakan berupa ekstra fooding.

Beberapa jenis pilihan makanan pelengkap ini diantaranya telur semut kroto, belalang, jangkrik, ulat Hongkong, dan juga cacing tanah. Dengan adanya kandungan prtotein yang tinggi dari makanan burung Jalak Suren tersebut, diharapkan perkembangannya bisa maksimal, sehat, dan memiliki umur yang lebih panjang.

Pemberian kroto pada Jalak Suren harus diperhatikan kesegarannya. Oleh karena itu, usahakan untuk membeli kroto secukupnya saja agar tak terlalu lama didiamkan di rumah yang bisa membuat kualitas kroto menurun. Selain itu, pemberian pakan cacing juga tak perlu dilakukan terlalu sering. Cukup berikan sekitar 2 kali dalam seminggu saat pagi hari.

Begitu juga dengan ulat Hongkong, anda hanya perlu memberikan porsi sejumlah 2 kali tiap minggunya. Dan terakhir untuk jangkrik, pakan ini masih terbilang baik diberikan tiap harinya dengan porsi 3 sampai 5 ekor per hari. Dan jangan lupa untuk mencabut kaki kasar jangkrik agar tak melukai atau mengganggu tenggorokan Jalak Suren anda.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Selain ekstra fooding, makanan lain yang kaya vitamin dan juga protein adalah voer. Makan olahan ini sangat disukai oleh Jalak Suren. Namun yang perlu diingat yakni untuk tak gonta-ganti merk voer yang diberikan karena tiap merk memiliki kandungan protein yang berbeda. Pemberian voer yang gonta-ganti dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan rontok dan berubahnya bulu burung Jalak Suren.

Pasir atau Kerikil Lembut

Makanan burung Jalak Suren terakhir ini memang sedikit aneh bagi orang awam karena bukan terbilang dalam kategori makanan. Meski begitu, pasir atau kerikil lembut ini memang menjadi asupan pendukung pada Jalak Suren untuk memperlancar proses pencernaanya. Anda dapat meberikan pasir atau kerikil ini dalam wadah agar sewaktu-waktu bisa dimakan oleh si burung.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung jalak suren yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan burung anda bisa tambah gacor lagi. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengan yang lainnya ya.

Simak juga: Jenis dan Harga Burung Jalak Suren Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *