Makanan Burung Jalak Putih agar Lebih Gacor

Makanan Burung Jalak Putih – Nama Jalak Putih mungkin sudah bukan sesuatu yang asing lagi di dunia perkicauan, mengingat burung ini masih menjadi salah satu burung jenis Jalak primadona. Selaras dengan nama yang dimilikinya, burung Jalak ini memiliki warna bulu putih dominan yang cantik dan bersih sehingga elok untuk dipandang mata.

Burung ini termasuk burung yang lumayan aktif jika dilakukan perawatan yang cukup baik dari hal makanan burung Jalak Putih dan juga pemeliharaan kandangnya.

Untuk menghindari burung ini menjadi burung yang kadang pendiam, kurang aktif, dan jarang sekali berbunyi, anda perlu memberikan perawatan yang cermat dan tepat. Salah satu cara untuk menghindarkan hal tersebut adalah dengan memberikan makanan burung Jalak Putih yang memiliki nutrisi cukup dan seimbang.

Makanan Burung Jalak Putih via Youtube
Makanan Burung Jalak Putih via Youtube.com

Makanan Burung Jalak Putih

Jika penasaran dengan menu makanannya, berikut beberapa kombinasi pakan yang bisa membuat burung berbulu putih indah ini makin terlihat lincah dan rajin gacor.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Pemberian voer ini dilakukan jika anda lebih menginginkan pakan praktis dengan kandungan nutrisi seimbang, terlebih bagi anda yang hidup di kawasan perkotaan pakan alami mungkin saja agak sedikit sulit didapatkan.

Makanan burung Jalak Putih yang serupa dengan pelet ini mengandung berbagai nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan juga lemak yang berperan penting dalam terpenuhinya suplai kebutuhan energi si burung.

Ada baiknya anda selalu memilih pakan voer yang memiliki kualitas jelas dengan adanya kandungan bahan yang jelas pada kemasan. Karena ditakutkan jika pemilihan sembarangan akan berdampak burung kurang sehat karena adanya zat seperti pengawet dan pewarna kimia yang berbahaya.

Buah

Buah Apel Merah
Buah Apel Merah

Setelah pelet, anda bisa memberikan aneka jenis buah matang yang segar dan berdaging untuk kebutuhan makan burung Jalak Putih.

Buah-buahan seperti pepaya, apel, dan juga pir mengandung vitamin dengan jumlah yang memadai untuk memperlancar sistem matabolismenya dan juga pencernaan sehingga burung tak rentan sakit dan terhindar dari gangguan pencernaan yang bisa membuat burung terlihat malas bunyi.

Telur Semut Rangrang

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Rahasia lain untuk mendapatkan burung kicauan dengan suara yang nyaring dan variatif saat perlombaan adalah pemberian pakan telur semut rangrang atau biasa disebut kroto ini secara cukup. Kroto memang sudah menjadi pakan yang lumrah dan banyak dikenal oleh para pemelihara burung sebagai menu andalan agar burung jagoan mereka makin intensif gacorannya.

Kandungan protein yang tinggi mebuat burung ini akan memiliki stamina lebih dan juga meningkatkan suhu secara tepat agar kicauan yang dihasilkan lebih sering dengan volume yang lebih tinggi tentunya.

Meski berfungsi sebagai peningkat stamina yang baik, pemberian kroto ini sebaiknya perlu diberlakukan batasan dan tak berlebihan. Pemberian yang berlebih justru akan mengakibatkan burung malas bunyi karena kekenyangan dan over birahi. Selain itu, perlu diperhatikan agar memberikan kroto dalam keadaan yang masih segar karena telur yang sudah lama malah akan berdampak buruk bagi burung.

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Jangkrik merupakan makanan burung Jalak Putih lainnya yang kaya dengan kandungan protein. Pakan ini paling umum digunakan oleh banyak pecinta burung untuk meningkatkan tenaga burung dalam berkicau agar tak mudah lelah. Berikan saja bagian badan jangkrik dengan mencopot kaki belakang kasar dan kepalanya terlebih dahulu.

Ulat Hongkong

Ulat Hongkong via Youtube
Ulat Hongkong via Youtube

Sama halnya dengan jangkrik pemberian ulat hongkong dalam jumlah yang tepat akan berdampak pada durasi kicau burung yang bertambah dan semakin bertenaga. Meski begitu, pemberian ulat hongkong sebagai makanan burung Jalak Putih harus sangat hati-hati dan cermat agar tak mengakibatkan kegemukan karena kadar lemak dalam ulat ini cukup banyak.

Cara Merawat Anakan Burung Jalak Putih

Anda bisa memiliki burung jalak putih ini ketika mereka sudah dewasa dengan membeli yang sudah jadi atau merawatnya dari kecil.

Nah, buat anda yang ingin merawat burung jalak putih ini sejak kecil tentu dibutuhkan ketelatenan dan perawatan ekstra. Ada banyak hal yang mesti kita perhatikan dan kita lakukan.

Sebagai contoh, burung jalak putih yang masih bayi membutuhkan kestabilan suhu ruangan sehingga anda harus melakukan treatment khusus agar anakan burung jalak putih ini tetap terjaga.

Anda bisa menggunakan kardus atau karton yang dilengkapi dengan lampu bohlam 5 watt untuk menghangatkan burung.

Selain kehangatan ruangan, anda juga harus hati-hati dalam memberikan pakan. Pemberian pakan anakan jalak putih ini dengan cara diloloh. Anda bisa memberikan kroto segar yang sudah dicuci air. Berikan kroto setiap 1-2 jam sekali setiap harinya.

Begitu usia anakan sudah lebih dari 1 minggu anda bisa mulai mengenalkan voer. Berikan voer yang sudah dibasahkan agar lebih memudahkan burung mencernanya.

campurkan voer dan kroto segar, lalu berikan kepada anakan jalak putih dengan bantuan pinset. Berikutnya anda juga bisa memberikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa potongan tubuh jangkrik yang telah dibuang bagian kepala dan kaki-kakinya.

Begitu anakan sudah hampir berusia 1 bulan, mulai ajari anakan untuk makan dengan cara mengambilnya dari tangan kita.

Setelah lebih dari 1 bulan maka perawatan burung akan lebih mudah, karena burung sudah mulai menginjak usia remaja.

Artikel terkait: Jenis Makanan Burung Jalak Suren Terbaik

Cara Membedakan Burung Jantan dan Betina

Sobat gacor mania, berikut ini cara membedakan antara burung jalak putih jantan dan betina:

  • Pertama, jikan dilihat dari ukuran tubuh, burung jalak putih jantan memiliki ukuran tubuh dan kepala lebih besar dengan postur tubuh lebih panjang dan berdiri tegak.
  • Burung jalak putih jantan jika dipegang cenderung mengeluarkan suara mengekek.
  • Jalak putih memiliki warna kuning pada kulit sekitar matanya lebih pekat dan tegas. Burung betina memiliki warna kuning yang lebih pudar.
  • Terakhir, jika anda lihat di area kulit di sekitar kloaka burung jantan terlihat biru-keunguan ketika berumur 1-1,5 tahun, atau berada dalam kondisi siap kawin. Pada burung betina, area tersebut terlihat putih-kemerahan dan akan lebih jelas jika burung dalam kondisi siap kawin.

Tips Menjodohkan Burung Jalak Putih

Buat anda yang akan mengawinkan burung jalak putih ini, sebaiknya anda mulai ketika usia mereka sudah menginjak 1,5 tahun untuk si jantan dan 1 tahun untuk si betina.

Caranya yaitu dengan mendekatkan kedua sangkar antara betina dan jantan untuk melihat respon, setelah dirasa cocok baru gabungkan menjadi satu dalam sangkar dan biarkan selama beberapa hari.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung jalak putih serta tips perawatannya yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat buat sobat gacor mania semua ya. Jangan lewatkan juga: Update! Harga Burung Jalak Putih Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *