Kombinasi Makanan Burung Jalak Nias

Makanan Burung Jalak Nias – Bicara tentang Jalak, pasti sudah banyak yang tak asing dengan nama burung ini. Jalak sendiri memiliki beragam spesies yang berbeda dengan keunikan bulu dan suara kicau tersendiri pada tiap spesiesnya.

Jalak Nias merupakan salah satu jenis dari burung Jalak yang lumayan populer untuk dijadikan burung peliharaan. Burung Jalak jenis ini juga terbilang burung yang relatif mudah berkicau jika perawatan yang diberikan memadai.

Semua aspek perlu diperhatikan mulai dari memandikan, menjemur, hingga memberikan makanan burung Jalak Nias yang kaya nutrisi untuk perkembangan bunyi dan keaktifannya.

Kemampuan kicau burung ini memang tak tanggung-tanggung, selain bisa menirukan suara manusia dan burung lain, burung ini juga kerap menjadi burung masteran untuk jenis Jalak lainnya seperti Jalak Suren dan Jalak Kebo.

Makanan Burung Jalak Nias via Ocehan-kenari.blogspot
Makanan Burung Jalak Nias via Ocehan-kenari.blogspot.com

Makanan Burung Jalak Nias

Untuk mendapatkan kemampuan yang banyak diidam-idamkan oleh para pecinta burung ini, suplai nutrisi dari makanan burung Jalak Nias yang diberikan mestilah tepat dan bergizi tinggi, contohnya seperti beberapa pilihan pakan berikut:

Voer

Pemberian pakan berupa voer ini pada umumnya banyak diberikan untuk berbagai jenis burung peliharaan yang suka makan serangga. Pakan ini sengaja diberikan sebagai makanan pokok harian yang bernutrisi lengkap bagi mereka yang mencari jenis pakan praktis karena terlalu sibuk.

Voer sendiri terdiri dari beragam varian yang memiliki kandungan protein berbeda-beda. Untuk makanan burung Jalak Nias sendiri, sebaiknya pilih voer yang memiliki kandungan protein sekitar 12% hingga 18%.

Selain kadar protein yang tepat, anda juga perlu memastikan jika boer yang dipilih mengandung beberapa kandungan bermanfaat lain seperti lemak, serat kasar, vitamin dan mineral, serta energi metabolis yang tertera pada kemasan voer. Kelengkapan nutrisi ini akan menjaga kondisi burung tetap prima dan terlihat aktif.

Pisang Kepok

Pakan favorit pertama yang hampir disukai oleh berbagai jenis burung Jalak adalah pisang, terutama pisang kepok. Kandungannya yang lengkap seperti karbohidrat, kalori, lemak, asam fola, fosfor, ptasium, kalsium dan zat besi meberi berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan burung dan keaktifan mereka dalam berbunyi. Kandungan karbohidrat yang cukup juga bisa menjadi suplai agar berat badan burung konstan.

Tak hanya memiliki rasa yang menurut burung Jalak enak, pakan ini bisa secara cepat membantu pemulihan stamina si burung usai berbunyi seharian. Pisang kepok yang diberikan hendaknya pisang yang sudah matang, dengan ciri-ciri berwarna daging putih dan tekstur daging buah yang lembut dan empuk. Selain pisang kepok, alternatif pemilihan buah lain bisa diberikan semisal pepaya atau apel yang dipotong kecil-kecil terlebih dahulu.

Untuk menghindari tingkat kematangan yang berlebih pada pisang kepok yang masih disimpan, anda bisa melakukan pembungkusan pisang kepok dengan koran sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Hal ini ditujukan agar pisang lebih awet dan tak cepat matang sehingga bertekstur terlalu lembek ketika diberikan pada burung Jalak nantinya.

Jangkrik dan Kroto

Pakan terakhir untuk burung jalak ini merupakan pakan tambahan yang berguna untuk mencukupi asupan protein hewaninya. Protein dari jangkrik dan kroto ini baik sebagai sumber stamina sehingga mental burung akan membaik dan tingkat bunyinya akan jadi lebih rajin.

Untuk pemberian jangkrik sebagai makanan burung Jalak Nias sendiri sebaiknya diberikan dalam jumlah sekitar 5 ekor dalam sekali pemberian pakan tiap pagi dan sore harinya. Perlu diingat juga untuk selalu mencopot kaki belakang jangkrik yang notabene tajam dan bisa melukai.  Selai jangkrik, kroto juga bisa diberikan dengan menempatkannya dalam wadah sendiri.

Ciri-ciri Burung Jalak Nias

Burung jalak nias sendiri memiliki ciri-ciri yang mudah dilihat berupa dominasi bulu dengan warna coklat hampir di sekujur tubuhnya.

Selain itu, burung ini juga memiliki warna hitam, putih, dan juga kuning gading pada bagian tubuh lainnya. Sementara untuk paruh serta kulit mata burung jalak nias ini tanpa bulu dengan warna kuning gading, begitu pula dengan bagian kaki-kakinya.

Sementara untuk kepada sampai tenggorokan dan ujung sayap serta ekor burung yang cantik ini didominasi oleh warna hitam agak keabu-abuan.

Burung ini juga memiliki warna putih pada bagian perut, pantai sampai ekor. Jia kita ukur, tubuh jalak nias ini memiliki panjang sekitar 23 sampai 25 cm.

Cara Membedakan Jalak Nias jantan Dan Betina

Sebagai breeder kita perlu mengetahui perbedaan antara jalak nias jantan dan betina. Berikut ini beberapa perbedaan antara jalak nias jantan dan betina yang mesti anda perhatikan:

  • Ciri nias jantan yang pertama adalah suara gacornya lebih lantang serta lebih variasinya dengan begitu beragam. Sementara untuk jalak nias betina biasanya suaranya cenderung lebih halus dengan sedikit variasi. Dan bahkan sampai ada yang punya suara monoton.
  • Nias jantan memiliki kepala yang terlihat sedikit pipih berbentuk persegi serta ada sedikit jambul.
  • Burung jalak nias jantan saat berkicau biasanya akan mengangguk-anggukan kepala serta jambulnya terlihat sedikit mengembang. Warna bulu di sekujur tubuh tampak dengan mengkilap. Sementara yang betina biasanya betina bentuk kepala cenderung lebih lonjong membundar, dan umumnya tidak sering mengangguk-anggukan kepala serta jambul tidak mengembang. Burung betina punya buluh tubuh yang cenderung tampak agak kusam.

Perawatan Burung Jalak Nias Supaya Cepat Gacor

Siapa sih yang tidak ingin burung jalak niasnya gacor? Berikut ini beberapa perawatan burung jala nias agar gacor yang sebaiknya anda lakukan:

Berikan Pakan Secara Teratur

Tips perawatan yang pertama adalah dengan memberikan pakan burung secara teratur serta mengganti air minum secara rutin.

Burung ini sendiri memiliki sifat omnivora sehingga anda sebaiknya menyediakan pakan dari jangkrik udan atau biji-bijian juga. Anda sebaiknya memberikan burung ini jangkrik atau belalang 3 – 4 ekor perhatinya.

Jalak nias punya sifatnya yang gemar mandi, maka sediakanlah tempat khusus supaya burung jalak nias bisa mandi dengan puas.

Sebagai burung yang juga pemakan serangga, burung jalak nias lebih menyukai diberi jangkrik ataupun belalang sebanyak 3-4 ekor tiap harinya.

Selain memberikan pakan, anda sebaiknya juga memberikan multivitamin agar burung memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Jagalah Kebersihan Kandang Burung

Selain memperhatikan pakan, anda juga sebaiknya menjaga kebersihan kandang burung baik dari kotoran maupun dari sisa pakan yang terjatuh. Masukkan burung ini ke dalam sangkar yang besara agar bisa bebas bergerak.

Sebaiknya anda membersihkan kandangnya minimal sekali sehari atau kalau bisa 2 kali sehari agar kandang tetap bersih. Burung ini juga suka mandi, sehingga kandang burung akan cepat sekali kotor dan lembab, maka dari itu kita harus rutin membersihkan kandang.

Mandikan Terlebih Dahulu sebelum Memberi Makan

Sebagaimana yang sudah disebutkan bahwa burung ini suka main air. Nah, anda sebaiknya memandikan burung ini secara rutin, 2 kali sehari.

Jika anda baru membeli burung ini sehingga masih liar, untuk menjinakkannnya anda bisa membiarkan sampai burung tersebut berteriak karena kelaparan.

Jika burung ini sudah jinak maka sebaiknya anda mandikan terlebih dahulu sebelum diberi makan. Berikan pakan sebelum jam 11 siang dan 17.00 sore. Namun sebaiknya anda mandikan terlebih dahulu. Memandikan burung sebelum makan juga menghindari kembung.

Anda bisa memandikan burung ini dengan cara menyemprotkan dengan halus sampai bulu-bulunya terlihat basah kuyup.

*****

Demikianlah ulasan mengenai tips perawatan dan jenis makanan burung Jalak Nias yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Artikel terkait: Update!! Harga Burung Jalak Nias Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *