Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Makanan Burung Hantu – Dalam pemeliharaan berbagai jenis burung, khususnya burung Hantu, kita memang diharuskan untuk mengetahui dan memperhatikan segala kebutuhannya.

Tak hanya dari tempat tinggal dan kebersihan kadang, salah satu yang tak kalah penting yaitu makanan burung Hantu haruslah pas dan sesuai.

Bahkan untuk sebagian kalangan pecinta burung menganggap pengetahuan akan menu makanan burung peliharaanya merupakan prioritas utama, dan jangan sampai setelah memiliki burung Hantu, kita tak tahu bagaimana merawatnya dan tak menyediakan makanan yang layak dan tepat bagi mereka.

Makanan Burung Hantu via Cara-budidaya
Ilustrasi: Makanan Burung Hantu via Cara-budidaya

Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Nah untuk menghindari kesalahkaprahan yang mungkin saja terjadi dalam pemberian pakan burung Hantu yang bisa berakibat kurang baik bagi burung itu sendiri, berikut kita akan bahas menu makanan burung hantu yang pas sesuai dengan jenisnya masing-masing:

Burung Hantu Celepuk

Burung hantu celupuk
Burung hantu celupuk

Burung hantu yang paling sering dan umum dipelihara oleh banyak orang ini merupakan hewan pemakan berbagai macam jenis serangga dan juga burung-burung yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil. Jadi anda bisa memberi makan burung hantu Celepuk ini dengan jangkrik dan berbagai jenis anakan unggas, seperti anak ayam dan puyuh.

Untuk pemberian pakannya sendiri ada baiknya untuk dikombinasi dan tak terlalu sering memberikan pakan jangkrik karena akan berakibat kurang baik seperti mudah sakit.

Jadi anda bisa meberikan selingan berupa anak ayam dan puyuh tadi agar burung tak merasa bosan dan pemenuhan nutrisinya terpenuhi. Meski beberapa kalangan ada yang mencoba memberi makan ikan pada Celepuk, ada baiknya anda tidak meberikan pakan ikan pada Celepuk anda.

Burung Hantu Barn Owl

Burung hantu barn owl
Burung hantu barn owl

Burung Barn Owl atau yang juga dikenal dengan Tyto Alba ini merupakan jenis burung hantu yang jamak digunakan sebagai pengendali hama tikus di pertanian. Jika melihat fungsionalitas mereka sebagai pengendali hama, tentu banyak dari anda sudah tahu makanan burung hantu Barn Owl ini. Ya, benar sekali. Burung hantu jenis ini merupakan pemangsa mamalia kecil seperti tikus, tupai, dan beberapa jenis burung-burung kecil lain.

Bagi yang susah menemukan tikus atau hewan pengerat di sekitar, anda juga bisa memberi burung ini dengan anak ayam. Hanya saja karena ukuran burung Barn Owl lebih besar dibandingkan dengan Celepuk, ukuran anak ayam yang diberikan haruslah lebih besar pula agar mencukupi kebutuhan energinya.

Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung Hantu Buffy Fish Owl
Burung Hantu Buffy Fish Owl

Jenis burung hantu selanjutnya merupakan burung hantu yang kebanyakan hanya dipelihara oleh para pecinta burung yang telah berpengalaman. Jadi jika anda belum memiliki pengalaman seputar memelihara burung hantu dengan baik, disarankan untuk lebih memilih jenis lain.

Jika dari menu makanannya sendiri, kita pasti sudah tahu dari nama yang disematkan pada burung ini. Burung Buffy Fish Owl memang salah satu jenis burung hantu pemangsa ikan ketika berada di alam liar. Untuk jenis ikannya sendiri, anda bisa memberikan jenis ikan yang umum disukainya seperti ikan patin dan lele. Kombinasi pakan lain seperti hewan kecil pengerat dan burung kecil juga baik diberikan untuk melengkapi kebutuhan makannya.

Burung Hantu Bubo

Burung Hantu Bubo juga banyak dikenal dengan sebutan Eagle Owl karena penampakannya yang mirip elang putih. Burung jenis ini terkenal sulit untuk dipelihara bagi pemula karena memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dari jenis burung hantu lainnya.

Oleh karena itulah, pemilihan makanan burung hantu bubo tak bisa asal. Anda bisa memberikan pakan berupa tikus putih, burung kecil seperti burung pipit dan juga anakan unggas seperti anak ayam serta anak burung puyuh.

Makanan Burung Hantu Salju

Burung hantu salju
Burung hantu salju

Jenis burung hantu selanjutnya adalah burung hantu salju. Burung jenis ini memang cukup langka ditemui dikalangan pecinta burung hantu di Indonesia.

Langka memang dikarenakan perbedaan habitat asli nya kurang cocok bisa saja burung hantu salju hidup di Indonesia atau di pelihara oleh pecinta burung di Indonesia namun mungkin saja tidak bertahan lama karena burung hantu ini terbiasa dengan hawa dingin sedangkan di Indonesia memiliki iklim tropis dan jarang terjadi musim dingin.

Namun tidak ada salahnya juga kalau anda mengetahui jenis makanan burung hantu salju ini. Burung jenis ini memakan ikan, anakan burung lain juga kerap ia mangsa plus anakan tikus juga menjadi makanan favoritnya.

Makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl

Burung Hantu Spotted Wood Owl
Burung Hantu Spotted Wood Owl

Jenis burung hantu selanjutnya adalah burung hantu spotted wood owl. Jenis burung hantu ini sangat suka makanan berupa daging-dagingan bisa juga makanan pokoknya yaitu tikus putih yang merupakan makanan favorit dari semua jenis burung hantu.

Makanan Burung Oriental Bay Owl

Burung Oriental Bay Owl
Burung Oriental Bay Owl

Selanjutnya, burung hantu jenis oriental bay owl ini sangat suka makan serangga-serangga kecil seperti jangkrik dan tikus-tiku kecil atau anakan. Dari kenampakannya, burung hantu jenis ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki warna merah pada kelopak matanya. Burung hantu ini juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan.

Makanan Burung Hantu Javan Owlet

Burung hantu javan owlet
Burung hantu javan owlet

Burung hantu jenis Javan owlet ini makanannya sama dengan hantu oriental bay owl.

Tipe makanan jenis burung hantu brown hawk owl

Burung hantu brown hawk owl
Burung hantu brown hawk owl

Terakhir, jenis burung hantu brown hawk owl suka makan anak ayam, jangkrik, tikus putih dan burung emprit.

Simak juga yuk: Makanan Burung Ciblek Agar Rajin Gacor

Fakta Seputar Burung Hantu

Selain makanan di atas, ada beberapa fakta seputar burung hantu yang mesti anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Burung Hantu Bisa Berenang

Jangan heran kalau anda menyaksikan burung hantu bisa berenang. Karena memang pada saat tertentu mereka bisa berenang, misal ketika sedang dalam bahaya atau sedang akan mengincar makanan.

2. Leher Burung Hantu Sangat Elastis

Burung hantu bisa memutar lehernya sehingga bisa melihat ke belakang, bahkan bisa memutar sampai hampir 360 derajat ini bisa menjadikan burung ini bisa menoleh kedepan dan belakang.

Kok bisa ya?

Leher burung hantu ini bisa berputar hampir 260 derajat karena burung ini memiliki 14 bagian vertebra leher yang elastis. Dengan susunan anatomi seperti itu burung hantu dapat memutar lehernya 270 derajat.

Meskipun memiliki kelebihan dapat memutar leher hampir 360 derajat, tetapi memiliki keterbatasan yang tidak bisa melihat secara sempurna, sehingga dia mengandalkan lehernya untuk melihat ke sekelilingnya.

3. Burung Hantu Memiliki Mata Palsu

Percaya atau tidak, tetapi inilah fakta bahwa burung hantu ini memiliki mata palsu. Namun, hanya burung hantu kerdil yang memiliki mata palsu.

Jenis burung hantu mempunyai siklus yang berbeda jika biasanya burung hantu beruburu makanan pada malam hari namun burung hantu jenis yang satu ini berburu pada waktu siang hari.

Tipuan ini sangat sempurna untuk perburuan, karena jika ia memejamkan matanya, burung ini terlihat seperti masih terbuka matanya.

4. Burung Hantu tidak Pernah Punya Sarang

Fakta seputar burung hantu selanjutnya adalah bahwa burung hantu ini tidak pernah punya sarang. Burung hantu ini hanya menempati suatu ruangan atau suatu bongkahan pohon dan bahkan sering nangkring di ranting-ranting pohon besar. Karena memang burung hantu ini tidak bisa membuat sarangnya sendiri.

5. Bulu Burung Hantu Tidak dapat Menyerap Air dengan Baik

Fakta terakhirnya yaitu bulu burung hantu ini tidak dapat menyerap air dengan baik. Sehingga ketika musim penghujan tiba biasanya burung hantu tidak terlalu aktif keluar.

Bisa dibayangkan kalau burung hantu kehujanan maka bisa basah kuyup dan mereka akan kesulitan untuk terbang.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung hantu berdasarkan jenisnya yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya.

Artikel terkait: Harga Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *