Makanan Burung Gelatik Biar Sehat dan Gacor

Makanan Burung Gelatik – Jika berbicara mengenai burung kicau yang banyak memiliki peminat, burung Gelatik tentu salah satu yang tak bisa dilewatkan dalam daftar. Burung ini terbilang memiliki kemampuan kicauan yang bervariasi dan juga indah.

Oleh karena daya tarik tersebut, banyak kalangan yang ingin memelihara burung ini sebagai burung kicau di rumahnya. Terlebih, untuk pemula sekalipun burung ini tetap ramah karena makanan burung gelatik dan perawatannya tidak terlalu muluk atau butuh perlakuan khusus lebih.

Bagi anda  yang kebetulan seorang pemula dalam dunia kicau dan ingin atau sedang memelihara burung ini, pengetahuan tentang perawatan dan pakan tentulah hal yang utama agar burung tumbuh dengan sehat dan memiliki suara kicauan yang indah.

Makanan Burung Gelatik via Youtube
Makanan Burung Gelatik via Youtube.com

Makanan Burung Gelatik

Untuk itulah, berikut kita akan bahas kombinasi makanan burung Gelatik yang pas.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Voer atau pur merupakan pakan yang lazim diberikan oleh berbagai kalangan pecinta burung terutama kepada burung kicauan. Untuk burung Gelatik sendiri, usahakan memilih jenis voer yang memiliki ukuran dan tekstur yang lembut atau tak terlalu kasar sehingga menyesuaikan ukuran mulut agar burung mudah mengonsumsinya.

Namun jika burung tak terbiasa makan voer sebelumnya, anda bisa memberikan campuran berupa telur kroto untuk meningkatkan nafsu makannya.

Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Sebagai makanan alami untuk berbagai jenis burung, kroto menjadi makanan yang sangat digemari oleh burung Gelatik. Hal yang perlu diingat adalah untuk selalu memberikan kroto dalam keadaan segar. Jadi belilah kroto secukupnya saja sehingga tidak menyimpan kroto sisa dalam jangka waktu yang panjang atau lebih dari 3 hari.

Ulat

Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang
Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang

Pakan tambahan atau ekstra fooding lain yang layak diberikan selain kroto adalah ulat. Burung Gelatik biasanya diberikan ulat hongkong atau ulat kandang yang memiliki ukuran lebih kecil. Pemberian pakan berupa ulat ini bisa anda lakukan tiap pagi dan sore hari sejumlah beberapa ekor saja atau kurang lebih 3-4 ekor.

Perlu diingat juga untuk tak memberikan ulat, terutama ulat hongkong secara berlebihan karena akan memicu suhu tubuh burung yang meningkat.

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Jangkrik juga termasuk pakan tambahan yang bisa diberikan untuk kombinasi pakan utama burung gelatik.  Untuk lebih aman dan menghindari resiko cedera tenggorokan, sebelum pemberian makanan burung Gelatik berupa jangkrik ini haruslah dilakukan pemotongan pada kaki-kaki kasar pada bagian belakang.

Kacang Tanah

Bagi sebagian pecinta burung Gelatik, pemberian kacang tanah ini mungkin masih terdengar asing di telinga mereka. Meski begitu, sebenarnya jenis pakan ini sangat baik dan juga disukai oleh burung ini. Untuk cara penyajian pakannya, oseng tanpa minyak atau jemur terlebih dahulu kacang tanah yang akan diberikan.

Setelah kering, haluskan kacang tanah tersebut dan campurkan pada pakan utamanya yang berupa voer. Pemberian pakan kacang tanah pada burung ini akan membantunya terhindar dari stress, menambah tingkat kesuburan gelatik indukan, dan juga meningkatkan daya ingat gelatik yang dilatih agar bisa cepat menirukan suara burung masterannya.

Pakan Racikan

Terakhir, anda bisa membuat pakan racikan sendiri untuk burung Gelatik kesayangan yang bisa meningkatkan intensitas kicauannya menjadi lebih rajin.

Adapaun bahan yang diperlukan untuk membuat racikan makanan burung Gelatik ini yaitu 2 bungkus voer halus, 2 bungkus susu bubuk atau bisa diganti dengan 1 sachet bubur bayi, 2 butir telur bebek, dan juga ¼ sendok teh tepung jangkrik.

Campurkan semua bahan yang telah disediakan tadi dan aduk hingga merata menjadi adonan. Jemur hingga kering dan jadi gumpalan lalu berikan pada burung dengan meremasnya jadi bagian-bagian kecil.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan Burung Gelatik yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga burung gelatik anda tambah sehat dan rajin gacor ya. Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Gelatik Terbaru Lengkap!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *