Makanan Burung Decu untuk Dewasa Anakan

Makanan Burung Decu – Burung Decu merupakan spesies burung kicau paling umum yang bisa ditemukan di tempat atau daerah yang memiliki keadaan agak kering dan terbuka. Burung ini sendiri memiliki ciri penampilan fisik mungil dengan warna hitam legam yang dominan.

Selain terlihat eksotis dan cantik, burung ini memiliki suara kicauan yang lumayan variatif dengan nada yang cukup panjang. Selain keahlian kicaunya, burung ini lumayan ramah untuk dipelihara karena membutuhkan perawatan yang tak terlalu rumit dan makanan burung Decu juga tak terlalu muluk sehingga susah dicari.

Burung unik ini memiliki darah persebaran hampir di berbagai kawasan Asia seperti India, Pakistan, Iran, Afganistan, Cina, Vietnam, Filipina dan beberapa kawasan lainnya.

Artikel terkait: Jenis dan Makanan Burung Mantenan

Dengan persebaran yang luas tersebut, burung Decu memang terbukti memiliki kemampuan adaptasi luar biasa dan cukup mudah untuk dipelihara.

Makanan Burung Decu via Youtube
Makanan Burung Decu via Youtube.com

Makanan Burung Decu untuk Dewasa dan Anakan

Berikut ini jenis makanan burung decu untuk anakan dan yang sudah dewasa:

#Pakan Decu Dewasa

Burung Decu dikenal sebagai burung pemakan serangga oleh banyak kalangan karena penampakan paruh yang dimilikinya. Oleh karena itulah, anda bisa memberikan beberapa jenis pakan berupa jangkrik, kroto, dan tak ketinggalan beberapa varian ulat. Pakan ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa menunjang keaktifan si burung.

Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang
Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang

Jika belum terbiasa memberikan pakan serangga, ada baiknya secara perlahan burung diperkenalkan dengan pakan ini agar dia mau memakannya. Burung yang belum terbiasa, akan cenderung tidak suka dan hanya membuang-buang makanannya. Pemberian pakan hewani ini tepat diberikan pada burung Decu sesuai burung dimandikan atau sebelum mereka mula dijemur dan diangin-anginkan.

Selain serangga atau extra fooding, anda juga bisa memberikan pakan pelet atau voer pada burung Decu kesayangan. Pakan ini merupakan pakan yang paling praktis untuk diberikan dan memiliki kandungan yang lumayan lengkap pula. Pemberian pakan voer ini harus diimbangi dengan ketersediaan air yang cukup di dalam sangkarnya.

Voer Burung
Voer Burung

Hal lain yang perlu diingat yakni untuk secara rutin mengganti makanan burung Decu berupa voer ini agar tidak lengket dan nutrisi yang didapat selalu dalam keadaan fresh. Voer sendiri memiliki kandungan protein dan berbagai jenis vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan keaktifan burung dalam menghasilkan kicauan yang bervariasi.

#Pakan Burung Decu Anakan

Bagi anda yang memelihara burung Decu masih dalam anakan atau memang sedang menangkarkan burung ini, pakan yang banyak direkomendasikan berupa pakan lunak yang mudah ditelan dan dicerna. Burung Decu piyik hasil penangkaran sudah bisa dipisah dari burung indukannya ketika sudah berumur 10 hari. Setelah usia ini, anda bisa meracik pakan lembutnya sendiri dan memberikannya pada anak burung.

Makanan burung Decu untuk pakan lunak ini didapat dengan cara mencampurkan voer dengan air hangat. Setelah itu lumatkan voer hingga menjadi bubur atau adonan halus. Anda bisa memberikan pakan ini dengan cara dilolohkan pada piyik yang lapar saat membuka mulutnya lebar-lebar. Untuk frekuensi pemberian pakannya sendiri, anda bisa melakukan pelolohan 1 hingga 2 jam sekali agar perkembangan burung pesat.

Selang minggu berikutnya, secara bertahap anda bisa mengurangi frekuensi terhadap pelolohan menjadi lebih jarang. Saat piyik sudah mencapai usia muda, ada baiknya diperkenalkan dengan berbagai macam pakan yang baru seperti telur kroto dari semut rangrang.

Pastikan untuk memberikan makanan burung Decu dari kroto ini saat masih dalam keadaan segar. Pemberian kroto tersebut bisa dilakukan dengan menempatkannya di wadah terpisah atau bisa juga dicampurkan dengan voer yang dilumatkan dalam air hangat tadi.

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Tips Perawatan Burung Decu

Selain memberikan makanan, burung decu juga butuh perawatan tambahan. Berikut ini beberapa tips perawatan burung decu yang sebaiknya anda lakukan supaya makin gacor dan sehat tentunya:

Pengembunan

Tips perawatan burung decu yang pertama adalah pengembunan. Pengembunan  dirasa cukup penting agar burung bisa menghirup udara pagi yang masih segar. Pastikan pengembuan dilakukan pada waktu terbit fajar, juga masih terdengar suara alam, sehingga burung decu akan merasa seperti di habitatnya.

Dengan rutin mengembunkan burung decu ini akan memicu burung untuk rajin berkicau karena cuaca dingin akan memicu burung terus aktif bergerak dan bersuara agar tetap hangat. Selain itu, pengenbunan ini juga bisa cepat ngeplong suara kicauannya.

Pastikan juga ketika mengembunkan burung decu ini, burung sedang dalam keadaan sehat dan burung sudah beradaptasi dengan lingkungan skeitarnya ya.

Memandikan Burung

Perawatan burung decu berikutnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Memandikan burung decu ini bermanfaat untuk tetap menjaga keindahan bulunya serta kesehatannya. Selain itu, memandikan burung secara rutin juga dapat menghindari kutu yang dapat mengganggu kenyamanan burung dan kerontokan bulu-bulunya.

Anda bisa memandikan burung rutin 2 kali sehari atau sesempatnya disarankan juga dengan menggunakan shmapo khusus untuk burung.

Menjemur

Menjemur burung decu juga cukup penting untuk dilakukan. Lakukan sekitar 2 jam sehari saja setelah mandi. Setelah dijemur sekitar jam 10 atau 11 selanjutnya adalah meneduhkan burung di teras rumah ataupun di bawah pepohonan yang rimbun.

Kalau sore hari setelah anda memandikan burung tetapi tidak ada sinar matahari, maka cukup dengan mengangin-anginkan saja hingga bulu-bulunya menjadi kering.

Menjaga Kebersihan Sangkar

Tips perawatan burung decu yang terakhir adalah dengan rutin membersihkan sangkar burung. Selain untuk menghindari bau tentu juga dapat menjaga kesehatan burung agar tidak mudah terkena virus penyakit karena kotor.

Selain membersihkan kotoran burung, pastikan juga anda selalu mengganti pakan atau minuman sisa, jadi selalu berikan yang bersih dan segar ya.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung decu dan tips perawatan yang sebaiknya anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Makanan Burung Jalak Putih agar Lebih Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *