Makanan Burung Cililin Agar Sehat Rajin Gacor

Makanan Burung Cililin – Burung Cililin atau yang kerap disebut dengan Tangkar Ongklet ini merupakan jenis burung kicauan yang memiliki variasi lumayan bagus.

Selain itu, penampakan burung ini secara visual juga lumayan menarik karena adanya jambul tinggi besar yang menjulang di atas kepalanya.

Burung ini juga tak menuntut perawatan dan asupan yang terlalu sulit untuk pemiliknya sehingga anda tak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan makanan burung Cililin.

Memiliki burung Cililin yang pandai berbunyi serta sehat dengan umur yang panjang merupakan keinginan dari kebanyakan pencinta burung ini.

Untuk mendapatkan rentang masa hidup yang sesuai harapan dan performa kicau yang apik, treatment pada burung merupakan hal yang paling utama, salah satunya treatment pakan yang kita berikan.

Makanan Burung Cililin via Hewan
Makanan Burung Cililin via Hewan.id

Makanan Burung Cililin Biar Rajin Gacor

Untuk tahu makanan burung Cililin apa saja yang cocok sebagai pendukung perkembangan dan vitalitasnya, berikut kita kupas selengkapnya:

Ulat

Secara umum, pemberian pakan berupa ulat ini hanya digunakan sebagai pakan ekstra atau tambahan saja yang berfungsi sebagai peningkat birahi burung.

Pemberian pakan yang tak teratur atau tanpa pembatasan hanya akan menyebabkan suhu tubuh burung meningkat drastis dan over birahi yang mana tak baik untuk kesehatannya. Oleh karena itu anda cukup memberikan beberapa ekor saja dan tak setiap hari.

Untuk jenis ulatnya sendiri, ada beberapa jenis ulat yang bisa dijadikan pakan burung ini semisal ulat hongkong, ulat kandang, hingga ulat bambu. Pilihlah jenis ulat yang disukai oleh burung anda, karena biasanya burung tak menyukai ulat yang tak biasa mereka makan.

Kroto

Pakan berprotein lumayan tinggi lainnya yaitu telur dari semut rang-rang atau kroto. Sama dengan ulat, pemberian makanan burung Cililin dengan kroto akan membuat tingkat birahinya bertambah.

Selain memiliki protein yang baik, kroto juga mengandung karbohidrat dan lemak yang berguna sebagai asupan agar burung aktif. Anda bisa memberikan pakan ini pada siang dan sore hari sebagai menu tambahan yang dikombinasikan dengan voer.

Sementara untuk burung Cililin yang masih anakan, pemberian kroto kurang dianjurkan oleh banyak kalangan mengingat selain dapat meningkatkan birahi, rasanya juga sangat kuat untuk burung piyik.

Jangkrik, Orong-orong, dan Belalang

Selain dari dua menu protein di atas, sumber protein lain yang digemari oleh burung Cililin yaitu beberapa jenis serangga kecil seperti jangkrik, orong-orong, dan juga belalang. Jenis serangga ini memang termasuk salah satu makanan burung Cililin yang sulit mereka tolak.

Namun perlu diingat, kaki kasar atau tajam yang dimiliki serangga-serangga ini hendaknya dipotong atau dicabut terlebih dahulu sehingga tetap aman untuk tenggorokan burung, terutama burung yang masik dalam usia anakan. Setiap porsi makan di pagi hari, anda bisa memberikan 3 hingga 8 ekor jangkrik untuk tambahan nutrisi.

Voer

Pemilihan pakan voer memang dianjurkan karena jenis pakan praktis ini memiliki kandungan yang cukup lengkap sebagai penunjang kebutuhan Cililin. Voer halus sendiri banyak dianjurkan oleh para pemilik burung ini terutama saat burung masih piyik agar pertumbuhan yang didapat bisa pesat dan cepat.

Campuran Bijian, Sayur, dan Buah

Untuk mengimbangi kebutuhan vitamin dan berbagai nutrisi penting yang tak disediakan pakan hewani dari serangga, anda bisa memberikan berbagai jenis biji-bijian, sayur, ataupun buah untuk makanannya.

Pemberian buah ini ditujukan agar burung Cililin tak gampang sakit dan bisa juga menggantikan cairan ditubunya ketika nampak lesu.

Beberapa jenis buah yang banyak dijadikan sebagai menu makanan burung Cililin diantaranya buah pepaya, pisang, dan juga apel. Sedang untuk pakan biji-bijian ini anda bisa diberikan berupa millet, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Artikel terkait: Kombinasi Makanan Burung Serindit Untuk Gacor yang Optimal

Cara Merawat Burung Cililin

Berikut ini beberapa tips perawatan burung cililin yang mesti anda perhatikan:

Memandikan

Tips perawatan yang pertama adalah menjaga kebersihan burung dan sangkar. Selagi anda memandikan burug di karamba tiap paginya, ada baiknya kalau anda sembari membersihkan kandang dari kotoran dan sisa pakan. Selain itu, usahakan seminggu sekali, sangkar disucihamakan dengan menggunakan desinfektan khusus burung seperti FreshAves.

 

Penjemuran

Setelah kita memperhatikan pakan dan memandikan, maka hal lain yang juga tidak kalah penting untuk kita perhatikan adalah proses penjemuran.

Usahakan untuk menjemurkan sekitar 10 menit atau paling lama 15 menit. Jangan dijemur lebih dan itu tak dilakukan pada tiap hari, bisa dilakukan 1 pekan 2- 3 kali saja. Berbeda dengan jenis burung lainnya, burung cililin ini jika jarang di jemur justru semakin berkukuh hidup dari pada yang kerap dijemur.

***

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung cililin yang direkomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Cililin Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *