Makanan Burung Ciblek Agar Rajin Gacor

Makanan Burung Ciblek – Berbicara burung kicau, para kicau mania di tanah air tentu sudah tak asing lagi dengan burung Ciblek. Meski kecil, burung yang notabene memiliki tubuh dengan perawakan mirip burung Pleci ini memiliki kemampuan berkicau yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Ciri khas suara burung Ciblek ini banyak dikenal dengan sebutan ngebren. Dengan kemampuan seperti itu, burung ini sudah mumpuni dalam bersaing di ajang kompetisi gantangan. Demi mendapatkan bunyi ngebren dan gacor tersebut, pemeliharaan burung Ciblek tak bisa sembarangan. Selain memeri perawatan yang tepat, pemberian makanan burung Ciblek juga perlu disesuaikan.

Makanan Burung Ciblek Agar Gacor Ngebren

Guna meningkatkan potensi burung dan mempercepat kemampuan gacor yang dimiliki, ada beberapa pola kombinasi makanan yang bisa diberikan pada burung Ciblek, sebagai berikut ini:

Serangga

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Tak selayaknya burung kicau lain seperti burung Pleci, Makanan Cucak Ijo, burung Trucukan, atau burung Kutilang yang memiliki pakan utama buah-buahan dan hanya menjadikan serangga sebagai ekstra fooding (makanan tambahan), burung Ciblek menjadikan pakan yang kaya akan protein ini sebagai sember utama asupannya. Sehingga, pemberian pakan berupa serangga ini bisa diberikan sebagai pakan harian pada burung ini.

Jenis serangga kecil yang umum diberikan pada burung Ciblek antara lain belalang, jangkrik, dan juga orong-orong. Khusus untuk jenis serangga yang memiliki kaki belakang yang berduri dan keras, pemotongan kaki keras, kepala, dan bagian sayap tersebut perlu dilakukan untuk menghindari cedera pada tenggorokan burung dan juga memudahkan burung untuk menelannya.

Ulat

Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang
Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang

Hampir sama dengan jenis pakan yang pertama di atas, kandungan pakan ulat juga memiliki protein yang cukup tinggi sehingga bisa membuat burung Ciblek terjaga kesehatannya dan lebih rajin dalam ngebren. Jenis ulat yang paling umum disajikan oleh pecinta burung Ciblek pada burung satu ini yakni ulat kandang.

Pemilihan ulat kandang sebagai makanan burung Ciblek dilakukan karena ukurannya yang tak terlalu besar dan sesuai sehingga memudahkan burung untuk memakannya. Sebelum diberikan pada burung, akan lebih baik jika kepala ulat dibuang saja dan dianjurkan untuk memilih ulat kandang yang masih muda.

Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Telur semut rang-rang atau yang akrab dikenal dengan kroto juga merupakan salah satu makanan favorit burung Ciblek yang berkhasiat bagus. Dengan kandungan protein yang hampir sama tinggi dengan ulat kandang, penyajian kroto sebagai pakan dianjurkan untuk tak terlalu sering atau sekitar 3 kali saja dalam tiap minggunya.

Jika pemberian dengan takaran yang tepat tersebut, burung ciblek akan memiliki birahi yang cuckup untuk mebuatnya lebih getol gacor. Sedangkan jika terlalu berlebihan atau over, efek buruknya akan menyebabkan waktu mabung yang tak tepat pada burung satu ini.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Pakan olahan satu ini memang hampir digemari oleh berbagai jenis burung kicau, tak terkecuali dengan burung Ciblek. Bagi anda yang memiliki burung Ciblek muda dan belum terbiasa memakan pakan buatan ini, anda bisa coba melatihnya agar lambat laun terbiasa.

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan selalu menyediakan poor dalam wadah yang diletakkan di dalam sangkar. Pemberian jenis poor sebagai makanan burung Ciblek dianjurkan dengan kadar protein antara 12-18% saja atau berkadar sedang.

Telur Burung Puyuh

Telur Rebus via dagelan
Telur Rebus via dagelan

Terakhir, sebagai asupan tambahan bagi burung Ciblek, anda bisa meberinya telur burung puyuh yang dikenal memiliki kandungan protein lebih tinggi dibanding telur itik ataupun ayam. Untuk penyajian telur puyuh sebagai makanan burung Ciblek dilakukan dengan cara direbus terlebih dahulu. Pemberian secara teratur akan memperkuat memori burung dan lebih mudah mengingat suara masteran sehingga gampang dilatih.

Baca juga yuk: Kombinasi Makanan Burung Pleci Agar Gacor dan Ngalas

Cara Merawat Burung Ciblek Biar Sehat dan Gacor

Agar burung tetap sehat dan gacor ngebren, breeder harus melakukan perawatan khusus. Diantaranya adalah:

#Makanan yang Bernutrisi

Pemberian makanan yang bernutrisi sangat penting untuk menjaga kualitas burung yang sehat dan rajin gacor. Untuk jenis makanannya sudah diulas di atas.

#Bersihkan Kandang Secara Rutin

Perawatan burung ciblek selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan kandang. Bersihkan kandang secara teratur agar tidak terkontaminasi bakteri dan kuman sehingga kesehatan burung tetap terjaga.

Sikat bersih alas bawah kandang dan jangan letakan kembali pada kandang apabila alas tersebut masih dalam keadaan basah, karena akan menumbuhkan juga jamur-jamur parasit.

Selain kandangnya, bersihkan juga tempat makanan dan minuman burung, jangan biarkan berlumut atau kotor kemasukan pakan.

Artikel terkait: Makanan Burung Kenari Terbaik Agar Gacor

#Pemasteran Burung Ciblek

Anda bisa memasterkan burung ciblek dengan cara memperdengarkan kicauan burung dengan MP3 pada siang atau malam hari, lebih baik lagi kalau malam hari.

Jika anda ingin mendapatkan burung ciblek yang gacor dengan nada tinggi maka anda sebaiknya memperdengarkan burung lain yang memiliki suara yang berbeda, metode ini terbukti sangat ampuh untuk menjadikan burung ciblek anda rajin gacor.

#Proses Memandian Burung Ciblek

Bukan hanya manusia yang gerah kalau tidak mandi, burung juga gerah kalau tidak mandi lho. Selain agar tetap segar, memandikan burung ciblek ini juga agar tetap sehat dan terhindar dari bibit penyakit yang bisa menyerang jika burung kotor

Anda bisa memandikan burung dengan menggunakan semprotan, yang jelas supaya seluruh tubuh burung ciblek basah dan bersih.

Waktu memandikan burung yang terbaik yakni pada pukul 7 hingga 10 pagi , kalau sore hari bisa pada jam 3 hingga jam 5 sore.

#Proses Penjemuran Burung Ciblek

Selain memandikan burung, anda juga sebaiknya menjemurnya. Proses penjemuran burung ciblek ini penting untuk menyegarkan kembali burung yang sudah di mandikan agar tidak kedinginan.

Proses penejmuran bisa dilakukan pada pagi hari pada jam 7 hingga jam 10 , apabila ingin menjemur sore hari anda bisa menjemur pada jam 3 hingga jam 5 sore untuk durasi cukup 1 hingga 2 jam saja sehari. Tergantung waktu anda memandikannya.

#Pemberian Minuman dan Multivitamin

Selain memberikan makanan yang bernutrisi, sebaiknya anda juga memberikan minuman dan dan multivitamin yang berkualitas agar burung rajin gacor ngebren.

Anda bisa memberikan minuman berupa madu dan air hangat serta di tambah multivitamin khusus burung yang banyak dijual di toko-toko penjual aneka peralatan dan keperluan burung.

Pemberian minuman dan multivitamin ini sebaiknya dilakukan di pagi hari saat akan dimandikan tujuan nya agar dapat menyerap nutrisi dari vitamin dan madu tersebut juga baik dimakan sebelum burung ciblek memakan makanan yang berat .

#Pengerodongan Burung Ciblek

Perawatan burung ciblek yang terakhir adalah pengerodongan. Proses yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup panjang, tujuan pengerodongan ini adalah agar burung lebih tenang saat istirahat dan tidak terganggu oleh aktivitas yang dapat membuat nya stress .

Manfaat lain memberikan kerodong atau kain penutup sangkar ini yaitu agar suhu di dalam sangkar tetap stabil, melindungi burung dari pemangsa dan lain sebagainya.

Pemberian kerodong ini dilakukan pada waktu malam hari saat akan tidur , bisa juga di gunakan pada saat akan di bawa pergi burung ciblek harus di beri kerodong.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung ciblek dan tips perawatan yang sebaiknya anda lakukan agar burung anda gacor ngebren. Semoga bermanfaat untuk breeder semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya.

Artikel terkait: Harga Burung Ciblek Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *