Makanan Burung Cendet agar Rajin Gacor dan Aktif

Makanan Burung Cendet – Bagi pecinta burung yang masih baru atau pemula, nama Cendet atau Pentet  atau bentet mungkin terdengar sedikit asing di telinga. Wajar memang, mengingat burung ini sendiri memiliki kepopuleran yang kalah mentereng jika dibandingkan dengan burung sejenis Lovebird belakangan ini.

Meski begitu, burung Cendet, tetaplah memiliki banyak peminat utamanya bagi pecinta burung yang telah lama menggeluti dunia kicau. Selain karena suara yang menawan dan indah, pemeliharaan dan makanan burung Cendet tergolong lumayan mudah dan tak terlalu muluk.

Bagi yang ingin mendapat kicauan yang indah dan gacor dari burung Cendet, hal pertama yang harus anda pastikan adalah burung yang anda pelihara merupakan Cendet pejantan. Meski beberapa Cendet betina ada yang bisa berkicau namun hal ini sangat jarang dan kebanyakan tak lebih mengungguli kemampuan dari pejantan.

Burung Cendet pejantan bisa dilihat dari ciri-cirinya yakni berwarna hitam legam dan lumayan aktif, berbeda jauh dengan Cendet betina yang lebih pasif dalam berbunyi.

Jenis Makanan Burung Cendet via Jalaksuren
Jenis Makanan Burung Cendet via Jalaksuren

Makanan Burung Cendet Biar Rajin Gacor

Setelah anda pastikan Cendet yang dimiliki jantan, ada beberapa kiat yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan gacorannya sehingga bisa jadi burung jagoan, salah satunya dengan dukungan kombinasi makanan burung Cendet yang pas dan tepat. Untuk tahu seperti apa kombinasi pakan yang bagus untuk burung Cendet, berikut selengkapnya:

Buah

Buah-buahan

Untuk menjaga vitalitas dan kesehatan burung Cendet anda, pemberian pakan buah sangat diperlukan karena kandungan berbagai vitamin dan nutrisinya yang lengkap.

Kadar serat yang tercukupi juga akan menjauhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan burung yang bisa membuatnya kurang rajin gacor. Selain itu, pemberian pakan buah yang mencukupi membuat bulu-bulu dari Cendet peliharaan terlihat tak kusam ataupun lusuh.

Serangga

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Makanan burung Cendet dari varian serangga-serangga kecil ini biasanya hanya diberikan sebagai pakan tambahan saja dan bukan sebagai pakan pokok. Beberapa jenis serangga yang baik untuk dijadikan pakan burung mungil ini yaitu telur kroto, cacing, ulat bambu, belalang, orong-orong, dan juga jangkrik.

Oleh karenanya, anda perlu memberlakukan pembatasan dan berikan porsi secukupnya saja sebagai selingan, jika tidak burung akan over birahi karena kandungan protein yang lumayan tinggi dalam pakan serangga.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Kalau anda lumayan sibuk untuk mengurus pakan burung Cendet kesayangan, anda bisa menggunakan voer atau poor yang lebih praktis namun tetap dengan kandungan gizi dan nutrisi memadai untuk burung. Pakan jenis ini bisa anda berikan sebagai pakan pokok untuk suplai energi harian si burung.

Namun perlu diingat, tak semua jenis voer pas untuk diberikan pada burung Cendet. Sebagian pemilik menyarankan hanya voer yang berkadar protein sebanyak 12 hingga 18 persen saja. Kadar yang tepat inilah yang bisa membuat burung aktif namun tidak sampai kelelahan atau stress.

Pakan Racikan

Sobat kicau mania, anda juga bisa memberikan burung cendet anda pakan racikan. Pakan racikan ini juga penting diberikan guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung cendet anda.

Pakan racikan bisa anda buat dari 3 – 10 butir telur ayam, tahu, ikan segar berukuran sedang sebanyak 1 – 3 kg, 3kg tepung jagung, dan 2 – 3 tomat segar.

Adapun cara membuat pakan racikan burung cendet ini yaitu, pertama silahkan bersihkan sisik ikan lalu digiling hingga lembut.

Setelah ikan benar-benar lembut lalu tambahkan potongan tahu dan tomat, telur yang telah dikupas (cangkang jangan dibuang), dan tepung jagung. Aduk rata.

Cangkang telur yang sudah anda pisahkan tadi kemudian tumbuk halus, untuk kemudian anda campurkan dengan adonan dan terus diaduk hingga merata.

Keringkan adonan, bisa dengan menggunakan alat bantu oven, oven sekitar 20 hingga 30 menit. Jika anda tidak memiliki oven, anda bisa mengeringkan adonan ini dengan menjemurnya.

Setelah proses di atas selesai anda bisa memberikan pakan yang sudah menjadi gumpalan ini dengan cara dilembutkan lebih dulu.

Setelah itu makanan sudah bisa untuk segera disajikan. Disamping itu, untuk pemberian-nya sangat baik jika divariasi atau dijadikan sebagai pengganti  ketika voer sudah habis.

Tips Perawatan Burung Cendet Atau Pentet

Oh ya sob, agar burung cendet kamu tetap sehat dan gacor kamu harus memperhatikan perawatannya ya. Berikut ini beberapa tips perawatan burung cendet yang harus anda lakukan:

1. Perhatikan Kebersihan Kandang Burung Pentet

Tips perawatan yang pertama adalah memperhatikan kebersihan kandang burung. Anda harus rutin membersihkan kandang agar burung terhidar dari berbagai penyakit yang timbul.

Selain agar terhindar dari penyakit, rutin membersihkan kandang ini juga tentu akan menjaga keindahan sangkar burung itu sendiri. Masak iya burungnya cantik kok tinggalnya di tempat yang kumuh, kan jadi kurang enak di pandang.

2. Berikan Makanan Terbaik Untuk Burung Pentet

Pastikan anda memberikan pakan terbaik untuk burung pentet milik anda. Jenis pakan yang dibutuhkan juga sudah kita bahas panjang lebar di atas. Jadi silahkan anda kombinasikan atau variasikan pakan agar burung sehat dan tidak bosan dengan menu itu-itu saja.

3. Perhatikan Jenis Kelamin Burung Pentet

Kalau anda mau punya burung cendet yang gacor yang anda mesti memelihara yang berjenis kelamin jantan. Karena memang burung cendet jenis kelamin betina sangat jarang gacor.

Adapun ciri-ciri burung cendet kelamin jantan yaitu – ciri warna nya hitam gelap dan sangat aktif berbeda dengan burung pentet betina yang cenderung masive dan jarang sekali berkicau.

4. Menjemur Burung Pentet Secara Rutin

Sebaiknya breeeder juga rutin menjemur burung pada jam 7 pagi hingga jam 9 pagi . Atau pada sore hari pada jam 3 hingga jam 5 sore penjemuran dapat dilakukan cukup 2 jam sehari saja.

Sebisa mungkin, jemurlah burung cendet ini di area yang banyak pohon sehingga ia merasa seperti sedang berada di habitat aslinya.

5. Memasterkan Burung Pentet

Jika anda ingin mendapatkan burung pentet yang gacor tentu anda harus memasterkannya. Rajinlah melatih burung cendet anda dengan burung lainnya yang memiliki suara berbeda agar dapat bervariasi jenis kicauannya.

6. Pengasingan Burung Pentet

Treatment mengasingkan burung cendet ini dilakukan apabila burung anda berhenti berkicau sewaktu-waktu padahal biasanya rajin gacor.

Fenomena ini terjadi biasanya karena burung cendet ini merasa tersaingi oleh burung lainnya. Sehingga kita perlu menjauhkan burung kita dari burung lainnya. Tujuannya adalah agar menambah kepercayaan diri burung pentet tersebut.

******

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung cendet serta tips perawatan yang sebaiknya anda lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan burung cendet anda semakin sehat dan gacor lagi yag sob. Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Cendet Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *