Jenis Makanan Burung Branjangan & Tips Perawatan

Makanan Burung Branjangan – Burung Branjangan menjadi salah satu burung yang banyak dijadikan sebagai jagoan oleh banyak kicau mania di berbagai ajang. Selain pandai ngoceh, burung berukuran mungil dengan warna bulu eksotis kecoklatan ini memang memiliki penampilan yang menarik, terlebih dengan hadirnya jambul tipis yang berada di atas kepalanya.

Hal lain yang menjadikan burung ini banyak digandrungi adalah cara merawat dan makanan burung Branjangan yang tak terlampau sulit.

Meski dari perawatan tak sulit, namun untuk menjadikan burung Branjangan menjadi burung jagoan yang siap berduel, bukanlah perkara gampang. Baiknya untuk mendapatkan kemampuan kicau yang bagus, pastikan burung Branjangan yang anda miliki merupakan jenis pejantan.

Setelah itu, hal yang perlu dilakukan selanjutnya yakni latihan yang berkesinambungan dan pemberian pakan yang pas sehingga meningkatkan kemampuan kicau burung ini.

Untuk jenis pakan yang meningkatkan kemampuan kicaunya, banyak pemelihara yang merekomendasikan makanan alami burung ini ketika hidup di alam bebas.

Makanan Burung Branjangan
Makanan Burung Branjangan via Youtube.com

Makanan Burung Branjangan

Nah, penasaran dengan kombinasi makanan burung Branjangan alami yang bagus seperti apa? Simak semuanya berikut ini.

Biji Padi Muda

Padi via Kompas
Padi via Kompas.com

Burung Branjangan biasanya memiliki habitat di daerah persawahan atau semak-semak sehingga mereka biasa mengonsumsi padi sebagai sumber makanannya, terutama biji padi yang masih berusia muda. Pakan biji padi muda ini memiliki manfaat yang bagus bagi si burung karena memiliki kandungan pati yang kaya akan vitamin dan karbohidrat lumayan besar.

Ciri-ciri padi yang masih muda ini memiliki tekstur yang masih lembek jika coba dipijat dengan tengan. Anda bisa menaruh tangkai yang berisi padi muda di dalam kandang burung.

Kacang Hijau

Kacang Hijau via Tribunnews
Kacang Hijau via Tribunnews

Pakan selanjutnya yang bagus untuk makanan burung Branjangan adalah kacang hijau. Jenis bijian ini memiliki kandungan yang kaya akan mineral, protein, kalsium dan asam lemak tak jenuh.

Pemberian pakan berupa kacang hijau ini baik untuk dijadikan sebagai makanan utama untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Pemberian bisa dilakukan dengan cara ditumbuk terlebih dahulu atau bisa langsung diberikan secara utuh.

Kombinasi Biji-bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Selain dua jenis bijian di atas, anda dapat menggunakan berbagai jenis biji-bijan yang sering digunakan sebagai pakan burung kicau, misalnya saja biji millet yang dicampurkan dengan kuning telur, jahe serta madu.

Pakan ini hanya digunakan sebagai asupan tambahan alias jamu agar burung tetap sehat meski dalam berbagai cuaca buruk atau pergantian musim sekalipun.

Belalang

Belalang via fahyuatar
Belalang via fahyuatar

Untuk mengimbangi kebutuhan protein dan pola makanan agar tak bosan, burung Branjangan bisa diberikan belalang. Namun perlu diperhatikan, pemberian hanya dilakukan untuk jenis belalang hijau saja karena kandungan asam aminonya baik untuk Branjangan. Pemberian bisa dilakukan sebanyak 3 hingga 5 ekor dalam sehari, di pagi dan sore hari.

Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Kroto sudah menjadi pakan yang paling umum diketahui oleh para pecinta burung kicau. Anda bisa meberikan kroto atau telur semut ini pada burung Branjangan setiap pagi harinya dengan dosis sedikit saja atau sekitar 1 sendok makan. Pemberian yang berkesinambungan ini dapat merangsang burung agar lebih cepat bunyi.

Undur-undur

Undur-undur via Youtube
Undur-undur via Youtube

Jenis makanan burung Branjangan yang terakhir ini berperan untuk mengurangi tingkat stress yang dialami oleh Branjangan karena memiliki kandungan EPA serta DHA yang lumayan tinggi. Untuk pemberian pakannya sendiri, anda dapat meberikannya sebanyak sekali dalam satu minggu.

Jumlahnya sendiri sekitar 3 hingga 5 ekor dalam sekali pemberian pakan. Pemberian yang rutin akan membuat burung lebih lincah dan aktif sehingga tingkat aktifitas burung berbunyi menjadi lebih sering.

Cara Merawat Burung Branjangan Cepat Gacor

Selain memberikan pakan yang tepat, burung branjangan juga butuh perawatan. Perawatan burung branjangan meliputi:

Perawatan Sangkar Burung Branjangan

Perawatan burung brangjangan yang pertama adalah perawatan sangkar. Burung branjangan ini secara alaminya adalah burung yang bergerak lincah dan terbang kesana kemari. Sehingga anda harus menempatkan burung branjangan ini di dalam sangkar burung yang besar serta berikan juga pohon-pohon kecil dan kerikil dibagian bawah.

Makanan

Pemberian pakan juga menjadi kunci keberhasilan memelihara burung branjangan agar rajin berbunyi. Pakan yang diberikan harus secara bervariasi.

Anda bisa menggantungkan seikat padi merah atau padi padi biasa di dalam sangkar burung. Selain memberikan seikat padi anda juga bisa memberikan pakan dari bijian dengan komposisi seperti milet putih, beras merah, jewawut, ketan hitam, godem, dan juga gabah.

Dengan memberikan kombinasi biji-bijian tersebut maka burung branjangan akan tambah aktif dan rajin berbunyi. Anda juga bisa memberikan serang-serangga seperti yang sudah saya sebutkan di antara jenis makan di atas.

Perawatan Harian

Untuk perawatan harian burung branjangan, berikut ini step by step yang bisa anda terapkan:

  • Pagi hari dari jam 06.30 hingga pukul 07.00 silahkan angin-anginkan dengan menggantungkan sarang burung dimana saja.
  • Setelah itu, mandikan burung dengan menyemprotkan dengan spyayer secara halus. Gunakan shampo khusus burung. Secara nalurian, burung ini sangat suka mandi pasir lho, sehingga bulunya sering kotor.
  • Setelah mandi, jemur burung sekitar 1 – 2 jam saja sembari memberikan makanan ekstra yang berupa jangkrik 2 / 3 ekor Atau kroto sebanyak 1 sendok teh saja.
  • Berikutnya, angin-anginkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  • Begitu selesai di jemur, selanjutnya adalah kembali dianginkan ditempat yang teduh, setelah itu gantungkan di dalam rumah.
  • Pada jam 12.00 sampai am 15.00 sore anda bisa memperdengarkan burung suara master.
  • Anda bisa memperdengarkan burung branjangan dengan suara masteran burung kenari, suara burung prenjak, suara burung gereja, suara jangkrik, serta suara burung tengkek.
  • Begitu jam 16.00 silahkan anda anginkan kembali di teras maupun di tempat lain. Sembari dianginkan anda bisa memberikan jangkrik 2 ekor.
  • Menjelang magrib burung branjangan bisa kembali diperdengarkan suara master.
  • Terakhir pada malam hari, anda bisa meletakkan burung di tempat yang aman tanpa dikerodong, tapi jika suhu udara dingin serta banyak burung / binatang pengganggu lebih baik dikerodong.

*****

Demikianlah ulasan dari kami mengenai jenis makanan burung branjangan dan tips perawatan harian yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Branjangan Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *