Kombinasi Makanan Burung Wambi Seimbang

Makanan Burung Wambi – Burung Wambi atau juga dikenal dengan nama lain HwaMei merupakan satu dari sekian banyak burung kicauan yang banyak diminati dan populer.

Burung yang masih berkerabat dengan Poksay ini merupakan salah satu burung mancanegara yang sudah tergolong burung langka, sehingga banyak jadi incaran para kolektor burung untuk menambah daftar jagoan kicanya.

Namun, bukan sebuah perkara yang mudah dalam menjadikan burung pengicau ini bisa menghasilkan bunyi-bunyian indah yang variatif. Anda perlu memberikan memberikan makanan burung Wambi bernutrisi dan mencukupi kebutuhannya serta memberikan perlakuan yang tepat.

Makanan Burung Wambi
Ilustrasi: Makanan Burung Wambi

Jenis Makanan Burung Wambi

Agar impian anda memiliki burung Wambi pengicau yang lihai menjadi kenyataan, berikut ada beberapa kiat dalam pemberian makanan burung Wambi apa saja yang cocok dan disukainya untuk pendukung agar mampu gacor secara cepat.

Pemberian Asupan Protein yang Cukup

Kandungan protein yang terdapat dalam makanan burung Wambi bisa membantunya dalam mempercepat perkembangan, terutama saat masih anakan.

Selain untuk pertumbuhannya, asupan protein yang mencukupi juga akan menjaga  kebugaran dan stamina yang dimiliki si burung agar bertahan lebih lama dalam mengeluarkan bunyi yang variatif. Dengan begitu, burung bisa dilatih secara optimal karena tak gampang lelah.

Asupan protein dengan kadar melimpah ini bisa didapatkan dari beberapa jenis sumber makanan seperti ulat hongkong, jangkrik, dan berbagai jenis serangga kecil lainnya.

Untuk porsi pemberiannya sendiri, ulat hongkong bisa diberikan sebanyak 2 ekor saja dalam sekali jadwal makan, sedang untuk jangkrik bisa anda berikan sebanyak 3 ekor. Kedua pakan yang tinggi protein ini akan dengan baik merangsang burung Wambi untuk cepat bisa gacor, terutama saat masih muda.

Tak Cuma dua jenis serangga tersebut, kroto juga memiliki kandungan protein dan lemak yang lumayan banyak. Anda bisa memberikan pakan kroto ini sebagai pakan tambahan saja bukannya pakan utama. Jumlah yang baik untuk diberikan sekitar 1 sendok makan saja dan bisa diberikan sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Untuk alternatif pakan dengan kandungan protein yang memadai agar burung tak dilanda kebosanan dengan menu jangkrik serta ulat, anda bisa memberikan pakan racikan yang terbuat dari bahan dasar voer.

Untuk membuatnya, persiapkan ½ kg voer dengan kadar protein tinggi, jika tak ada, anda bisa menggunakan voer untuk anak ayam. Selanjutnya, siapkan juga 3 kuning telur ayam.

Campurkan kedua bahan yang telah kita persiapkan tersebut hingga merata dan jadi adonan dan keringkan. Setelah kering, anda bisa meremukkan pakan ini jadi ukuran kecil agar lebih mudah dikonsumsi burung.

Asupan Vitamin yang Cukup

Untuk mengimbangi pakan yang mengandung kadar protein tinggi, burung Wambi juga memerlukan asupan dari berbagai jenis vitamin dan mineral yang bisa menunjang keaktifannya.

Untuk mendapatkan kandungan yang diperlukan semacam ini, anda bisa meberikan pakan burah-buahan untuk burung Wambi anda. Burung ini sendiri suka dengan jenis buah yang memiliki tekstur lembut berair serta dengan daging buah yang cukup tebal layaknya beragam jenis pepaya dan berbagai jenis pisang.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian makanan burung Wambi berupa buah-buahan ini yaitu kebersihannya. Pastikan bersihkan kulit buah agar bebas pestisida atau bisa juga dengan mengupas bagian kulitnya sebelum diberikan.

Perhatikan juga sisa-sisa pakan buah yang ada di dalam sangkar. Ada baiknya untuk selalu mengganti buah sebelum buah membusuk karena selain burung tak suka, buah busuk ini akan menimbulkan berbagai penyakit yang bisa memicu stress pada burung.

****

demikianlah ulasan mengenai kombinasi makanan burung wambi yang seimbang dari kami. Semoga bermanfaat untuk para breeder mania semua. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Wambi Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *