Kombinasi Makanan Burung Pleci Agar Gacor dan Ngalas

Makanan Burung Pleci – Dari sekian banyak burung kicau yang memiliki ukuran mungil, burung Pleci merupakan salah satu yang luamayan digemari oleh para kicau mania. Burung yang memiliki ukuran semungil burung ciblek ini memiliki kemampuan suara yang tak perlu diragukan lagi.

Gacoran yang dihasilkan Pleci bisa sangat lantang, bervariasi, dan tentu tetap merdu. Selaindaya tarik dari variasi suara yang disebut ngalas, burung ini digemari juga karena memiliki perawatan dan makanan burung Pleci yang terbilang tak sulit.

Karena kemampuan kicauan yang lumayan memukau, burung Pleci menjadi salah satu jagoan yang sering dipertandingkan di berbagai kompetisi burung kicau, layaknya burung lain seperti kacer, anis, ataupun cucak. Akan tetapi, tak semua jenis burung Pleci memiliki kemampuan dan potensi yang sama bagus dalam berkicau. Hanya burung pejantan yang dinilai memiliki kemampuan gacoran mumpuni untuk bertanding di dalam kompetisi.

Selain faktor jenis pejantan, kemampuan kicau yang gacor dan ngalas burung Pleci juga dipengaruhi beberapa hal semisal perawatan, kebersihan kandang, efektifitas latihan, hingga yang dianggap paling penting yakni asupan atau menu makanan burung Pleci yang diberikan.

Kualitas makanan ini besar pengaruhnya terhadap kesehatan dan juga performa burung ini untuk tetap prima saat berkicau. Oleh karena itulah, anda sebagai pemilik burung ini harus mengerti asupan yang diberikan memang bagus dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Daftar Makanan Burung Pleci

Nah, untuk itulah kali ini Sentrabudidaya akan membahas pakan yang bagus dalam melejitkan kemampuan kicau dan menjaga ketahanan burung ini sebagai berikut:

  • Buah segar

Makanan Burung Pleci via Tokyobling
Makanan Burung Pleci via Tokyobling

Buah-buahan segar memiliki kandungan vitamin dan berbagai nutrisi baik yang dibutuhkan oleh burung Pleci dalam menunjang perkembangannya. Pemberian buah ini bisa dilakukan tiap harinya, namun jika lebih dari beberapa hari tak habis, ada baiknya untuk cepat diganti sebelm membusuk dan membawa efek buruk bagi burung.

Sebelum penyajian usahakan untuk selalu mebersihkan buah-buahan segar dengan cara membilasnya menggunakan air mengalir agar bekas-bekas zat kimia yang mungkin saja tertinggal bisa hilang. Hal ini dilakukan agar kemungkinan Pleci sakit karena zat kimia kurang baik tersebut bisa diminimalisir. Untuk pilihannya, anda bisa meberikan beberapa buah diantaranya pisang, jeruk, kelengkeng, apel, dan juga pepaya masak.

  • Sayur segar

Selanjutnya, untuk membuat tampilan bulu burung Pleci, banyak para penggemar yang meyakini pemberian sayur lumayan efektif. Selain membuat bulu menjadi terlihat lebih menarik dan segar, pemberian makanan berupa sayur-mayur juga akan mempercepat pertumbuhan bulu saat burung Pleci memasuki masa mabung.

Beberapa sayur yang memiliki khasiat tersebut yakni timun, tomat, dan gambas. Sedang untuk yang ingin mengatasi bulu kusam dan warna terlihat pudar, pemberian wortel bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Makanan Tambahan atau Ekstra Food

Makanan Tambahan Pleci
Makanan Tambahan Pleci

Jika pada kedua jenis makanan burung Pleci di atas kaya akan kandungan vitamin yang baik, makanan tambahan berfungsi untuk melengkapi nutrisi sebagai sumber protein. Asupan makanan tambahan ini biasanya terdiri dari ulat kandang ataupun cacing.

Meski baik untuk mencukupi kebutuhan proteinnya, pemberian ekstra fooding ini haruslah tetap diperhatikan dan tidak boleh over atau berlebihan. Hal ini malah akan berakibat burung mabung pada saat yang kurang tepat atau susah buka paruh dan malas berkicau.

Berikan ini adalah beberapa EF yang bagus untuk Pleci:

  • Ulat kandang (UK)
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat hongkong (UH)

Burung pleci yang anda rawat ada baiknya diberian pakan tambahan berupa ulat kandang yang berukuran lebih kecil ketimbang ulat hongkong, tapi kandungan protein ulang kandang ini justru lebih besar lo.

Pemberian ulat kandang ini sesuai prosi saja ya, jangan sampai berlebihan, kalau sampai kelebihan bisa dapat mengakibatkan burung pleci menjadi over birahi.

Selain ulat, berikan juga jangkrik ke burung pleci anda. Pemberian jangkrik ini bertujuan untuk meningkatkan stamina Pleci kamu. Dengan begitu Pleci bisa gacor ngalas lebih lama.
Kroto juga mesti masuk dalam daftar menu hidangan pleci anda. Kroto ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pleci.

Burung pleci yang diberikan kroto aan sering bunyi dan gacor seharian. Tapi tetap diingat, jangan memberikan kroto yang berlebihan karena bisa berbahaya juga untuk Pleci.

Untuk ulat hongkong, baiknya berikan 1-2 kali saja sehari. Pagi hari 1, dan sore hari 1. UH berfungsi agar Pleci mau membuka paruh lebih lebar ketika berkicau.

  • Voer

Bagi anda yang ingin memberikan vitamin yang lengkap dengan asupan protein yang cukup, makanan burung Pleci berupa Voer akan jadi pilihan yang tepat. Meski praktis dan memiliki kandungan nutrisi lengkap, pemberian voer pada burung Pleci jangan sampai berganti-ganti merek.

Hal ini akan membawa efek kurang baik seperti munculnya bulu yang kusam dan kurang menarik. Untuk itulah para penggemar Pleci menyarankan voer berkadar sedang yakni 18% hingga 20%.

Minuman Pleci Biar Cepat Gacor Ngalas

Selain memberikan nutrisi berupa pakan yang mengandung nutrisi yang baik untuk pleci, anda sebaiknya jgua memberikan minuman yang sehat untuk si kicau.

Berikut ini beberapa minuman yang bisa anda berikan ke burung pleci anda supaya gacor ngalas:

1. Tambahkan Multimineral Pada Air Minumnya

Selain memberikan air minum biasa, ada baiknya juga anda memberikan multimineral pada air minumnya. Pemberian minuman bermineral pada pleci ini juga akan menguatkan daya tahan tubu burung anda.

Nah, tips untuk mengatasi tingkat keasaman air tawar yang berubah-ubah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan asam sitrat (juga dikenal dengan cuka apel).

Teteskan sedikit cuka apel ke air tawar yang akan diberikan kepada Pleci kesayangan.

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan beberapa tetes Bird Mineral pada air minum Pleci.

2. Buat Minuman Racikan Khusus Dengan Bawang Putih

Anda juga bisa memberikan racikan khusus bawang putih agar burung pleci anda gacor ngalas. Apa saja bahan yang dibutuhkan? Berikut ini silahkan anda siapkan bahan-bahan untuk meraciknya:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 potong kecil bawang merah
  • 3 sendok teh madu alami

Cara membuat:

  • Pertama silahkan anda kupas bawang putih, cuci bersih lalu geprek dan haluskan.
  • Kemudian rebus bawang putih yang sudah halus tadi ke dalam dalam panci berisi 2 gelas air bersih.
  • Tambahkan gula merah kedalam panci tersebut. Aduk sampai tercampur.
  • Begitu sudah mendidih silahkan angkat.
  • tambahkan juga perasan jeruk nipis. Jangan lupa juga masukkan 4 sendok teh madu alami yang sudah kamu siapkan tadi. Aduk rata.
  • Biarkan racikan dingin kemudian saring dengan menggunakan penyaring teh. Lalu berikan ke wadah tempat minum agar Pleci bisa meminumnya.
  • Sisanya bisa kamu simpan di botol dan taruh di kulkas sebagai stok.

3. Berikan Larutan Penyegar

Larutan penyegar juga bisa anda jadikan sebagai minuman suplemen burung pleci milik anda. Pemberian larutan penyegar untuk burung pleci ini juga bisa mengatasi suara serak. Sehingga si pleci akan gacor lancar dan ngalas. Berikan larutan penyegar ke Pleci sebanyak 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Perawatan Tambahan

Jangan lupa sob untuk membersihkan kandang secara teratur (2-4 hari sekali). Mengganti air minum. Mengganti pakan jika tidak habis. Dan memandikannya secara rutin.

***

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung pleci agar gacor ngalas dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semua para kicau mania. Artikel terkait: Daftar Harga Burung Pleci Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *