Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat

Makanan Burung Macaw – Burung macaw merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok yang memiliki ukuran bervariatif, dari kecil hingga besar, tergantung dari spesiesnya sendiri. Daya tarik burung jenis ini sendiri hadir dari warna-warna bulu tubuhnya yang cenderung tegas dengan berbagai kombinasi warna yang indah.

Selain itu kecerdasan yang dimiliki burung macaw juga kumayan sehingga mereka bisa dijinakkan dan dilatih untuk melakukan berbagai jenis trik menghibur. Namun untuk mendapatkan burung Macaw yang sehat dan cerdas ini, faktor pemeliharaan seperti kandang dan asupan nutrisi dari makanan burung macaw perlu diperhatikan.

Agar mendapatkan macaw berbulu sehat yang gesit dan lincah tersebut, sebaiknya anda memberikan beragam kombinasi makanan untuk asupan hariannya.

Makanan Burung Macaw via Jalaksuren
Makanan Burung Macaw via Jalaksuren

Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat

Hal ini dilakukan agar nutrisi yang didapat bisa secara lengkap terpenuhi dan burung tidak bosan sehingga tetap memiliki nafsu makan yang baik. Nah, apa saja kombinasi makanan burung Macaw yang tepat, berikut bahasan selengkapnya:

Variasi Buah dan Sayuran Segar

Buah-buahan

Makanan pokok pertama dari burung Macaw ini berasal dari beragam jenis sayuran dan buah-buahan segar. Jenis makanan ini perlu diberikan setiap harinya agar kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi dengan baik karena tak ada jenis makanan burung Macaw lainnya yang mampu memberikan nutrisi dan gizi seimbang layaknya buah dan sayur.

Meski begitu, tak semua jenis buah baik dan cocok diberikan untuk burung Macaw. Buah jenis tertentu seperti anggur kurang bagus meski sangat digemari oleh burung jenis ini karena rasanya yang manis sehingga memiliki kadar gula lumayan tinggi. Sedang, untuk beberapa jenis sayuran yang baik semisal kacang hijau, brokoli, lobak, kentang, wortel, ubi jalar, baik untuk diberikan setiap harinya.

Untuk selingan agar kebosanan tak melanda burung anda, pemberian pakan jagung dan kacang polong bisa diberikan. Akan tetapi jangan terlalu sering karena kadar gula yang dimiliki kedua bahan makanan tersebut juga lumayan tinggi.

Pellet Burung

Voer Burung
Voer Burung

Pellet bisa dibilang makanan praktis untuk burung dengan kandungan nutrisi dan gizi yang lumayan lengkap, terlebih jika burung Macaw yang anda miliki tidak begitu menyukai jenis pakan sayuran.

Untuk pemilihan jenis peletnya sendiri, lebih baik pilih pelet yang tidak memiliki warna tambahan mengingat pelet dengan warna kemungkinan menggunakan pewarna kimia yang kurang baik bagi burung. Warna alami pellet ini biasanya coklat muda hingga coklat tua.

Campuran Bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Meski burung Macaw termasuk burung berparuh bengkok yang menandakan bahwa mereka jenis burung pemakan biji, tapi bukan berati mereka semua menyukai biji-bijian sebagai makanan hariannya.

Bahkan bagi sebagian burung macaw yang jarang dan tak terbiasa makan biji-bijian akan sangat susah mengonsumsi makanan jenis ini dan sebaiknya dihindari. Tapi untuk burung yang telah terbiasa pemberian makanan burung Macaw berupa campuran biiji-bijian bisa diberikan sebagai selingan buah dan sayur segar.

Bubur dan Snack

Gabah Beras Merah
Beras Merah

Pakan selingan terakhir yang baik untuk diberikan pada burung Macaw yakni bubur dan juga snack burung. Kedua jenis pakan ini bisa anda olah sendiri di rumah. Untuk bubur, anda bisa mencampurkan beberapa jenis biji dan sayur seperti gandum, beras merah, jewawut, beberapa jenis sayur yang disukai, dan juga millet. Masak semua bahan menjadi bubur dan sajikan saat masih hangat.

Sementara untuk snack atau camilan burung, pada dasarnya bahan yang digunakan dan cara memasaknya sama, hanya saja setelah jadi bubur, bahan tersebut lalu dioven sehingga jadi snack kering. Pemberian makanan burung Macaw untuk kedua jenis pakan ini bisa diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu guna variasi.

Cek juga yuk: Jenis Makanan Burung Jalak Suren Terbaik

Cara Merawat Burung Macaw yang Benar

Oh ya sob, selain memberikan rutin memberikan makanan, ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan agar burung macaw anda tetap sehat. Berikut ini beberapa tips perawatan burung macaw yang mesti anda lakukan:

Perhatikan Kandang Burung Macaw

Kandang burung menjadi salah satu faktor yang harus menjadi perhatian saat anda memelihara burung macaw. Ukuran kandang burung macaw harus anda sesuaikan, paling tidak burung ini harus memiliki lebar kurang lebih 1,5 meter. Sementara untuk tingginya harus mencapai 2 meter.

Ukuran kandang burung macaw tersebut adalah ukuran minimal agar burung tetap sehat dan bugar. Kandang bisa anda buat dari kawat halus atau juga besi.

Pastikan kandang burung juga memiliki tangkringan dari batang kayu yang sudah kering, jangan kasih tangkringan dari kayu yang bergetah karena burung macaw ini akan mematuk tangkringan tersebut sehingga dapat menyebabkan keracunan burung.

Sebaiknya anda merantai kaki burung macaw atau memotong bulu sayapnya sedikit agar dia tidak terbang jauh.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan sebaiknya dua kali sehari yaitu pada saat pagi dan sore. Anda juga bisa memberikan air minum yang juga dalam keadaan baru setiap kali memberi makanan. Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan makanan dan minuman agar kesehatan burung selalu terjga.

Berikan Mainan untuk Burung Macaw

Burung macaw bisa stres lo, jadi bukan hanya kita yang bisa stres. Stres biasanya terjadi karena burung macaw tidak memiliki teman.

Nah, anda bisa menyiasati hal ini dengan cara memberikan mainan yang dapat digigit. Ciri burung macaw yang stres biasanya susah makan, kerap teriak dengan suara keras dan bahkan burung Macaw bisa mencabuti bulunya sendiri.

Perilaku buruk akibat stres ini jangan dibiarkan berlarut-larut, harus segera ditangani agar burung bisa normal kembali.  Ajak interaksi burung macaw anda.

Rutin Memandikan Burung Macaw

Memandikan burung macaw ini cukup penting, usahakan breeder untuk memandikan burung macaw minimal seminggu 3 x atau 2 hari sekali.

Anda bisa memandikan burung macaw ini dengan cara menyemprotkannya dengan sprayer dengan air tanpa sabun atau sampho.

Nah, setelah selesai memandikan burung, selanjutnya anda harus menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari kemudian anginkan di tempat sejuk.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung macaw dan tips perawatannya dari kami yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Macaw Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *