Kombinasi Makanan Burung Betet yang Baik

Makanan Burung Betet – Burung Betet merupakan salah satu burung yang tak asing di kalangan pecinta burung hingga orang awam sekalipun. Meski begitu, tak banyak yang tahu jika burung dengan warna-warni indah ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia yang berasal dari wilayah Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua.

Burung berwarna cantik yang memiliki kecerdasan sehingga mampu menirukan berbagai suara hingga suara manusia sekalipun. Kelebihan lain yang membuat banyak penggemar kicau tertarik yakni makanan burung Betet cenderung mudah untuk disediakan dan tak terlalu pilih-pilih.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk memelihara burung cerdas nan cantik ini tentu tak bisa memberikan pakan sembarangan agar burung memiliki bulu indah dan kemampuan peniruan suara yang mengesankan.

Makanan Burung Betet Foto Koleksi Ragunan Zoo
Makanan Burung Betet Foto Koleksi Ragunan Zoo

Kombinasi Makanan Burung Betet yang Baik

Untuk itu anda perlu mengetahui jenis dan kombinasi makanan burung Betet apa saja yang pas diberikan pada burung satu ini. Untuk tahu lebih lengkapnya, simak pilihan pakannya berikut ini.

Biji-bijian

Jika melihat penampakan fisiknya, burung ini termasuk ke dalam kategori burung berparuh bengkok yang memiliki jenis makanan biji-bijian di alam bebas. Oleh sebab itu, pemilihan pakan berupa biji-bijian ini merupakan salah satu pakan wajib yang perlu diberikan pada burung Betet.

Burung ini hampir menyukai berbagai jenis biji-bijian, mulai dari millet, biji gandum, hingga biji bunga matahari. Tak perlu takut memberikan bijian karena kulitnya keras karena kemampuan paruh burung ini cukup baik dalam memecahkan bijian keras sekalipun.

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis bijian ini di toko burung terdekat dengan harga yang lumayan terjangkau atau bisa juga dipilih sesuai dengan ketersediaan dana.

Buah-buahan

Selain biji-bijian, makanan burung Betet lain yang lumayan digemari yakni buah-buahan. Buah yang kaya akan vitamin ini bisa berfungsi untuk membuat vitalitas tubuh terjaga sehingga burung tak cepat lelah dan letih.

Selain itu, kadar air yang lumayan dalam buah menjaga burung terhindar dari dehidrasi. Anda juga bisa membuat bulu burung Betet menjadi lebih cerah dan tak kusam dengan pemberian pakan buah yang berkesinambungan.

Sayuran

Selai buah, pakan burung Betet alami lain yang baik untuk pertumbuhannya adalah sayuran. Beberapa jenis sayur yang disukai oleh burung ini diantaranya sawi, jagung, wortel, dan lain sebagainya. Nutrisi yang lengkap serta dengan kandungan serta yang cukup akan menjaga organ pencernaan burung tetap sehat dan terhindar dari sakit.

Untuk pemberian pakan sayur ini, usahakan untuk selalu mencuci bersih sayur terlebih dahulu karena ditakutkan kulit dari sayuran mengandung pestisida yang bisa membahayakan kesehatan si burung.

Mineral Tambahan

Selain memberikan beberapa jenis pakan di atas, anda juga bisa memaksimalkan kualitas telur yang dihasilkan serta menjaga kesehatannya dengan cara meracik sendiri suplemen berupa mineral tambahan ini. Pakan ini biasanya terbuat dari bahan cangkang telur rebus yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Selain cangkang telur, pasir pantai juga dikenal baik untuk suplai kebutuhan mineral burung ini.

Untuk membuat suplemen tambahan dari cangkang telur ini, anda bisa mengambil cangkang telur lalu jemur di bawah terik matahari hingga mengering dan lumayan rapuh. Kemudian kaitkan pada seutas kawat atau pengait apapun pada sisi kandang yang dekat tempat pakan si burung.

Makanan burung Betet berupa suplemen ini bisa digantikan dengan tulang sotong yang telah dikeringkan. Sementara itu, untuk pasir pantainya, anda bisa meletakkannya di dalam wadah yang cukup lebar dan letakkan pada lantai dari kandang burung tersebut.

Tips Perawatan Burung Betet

Berikut ini rangkaian tips perawatan burung betet yang sebaiknya anda lakukan:

  • Perawatan yang sangat penting adalah mengenai sangkar burung. Usahakan untuk menggunakan sangkar yang terbut dari besi atau kawat baja. Hal ini dikarenakan burung betet mempunyai paruh tajam berbentuk bengkok yang bisa mematahkan sangkar kayu.
  • Mandikan burung betet jam 7 pagi. Jangan lupa juga untuk membersihkan sangkar. Cara memandikan burung betet bisa dengan menyemprot ringan dengan sprayer.
  • Setelah mandi, berikan burung makanan seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Perawatan burung betet selanjutnya adalah dengan membawanya keluar rumah. Jika anda memiliki waktu luang, usahakan setiap hari, sekitar jam 9-10, dan dijemur di matahari pagi.
  • Setelah selesai dijemur burung ditaruh di teras, selanjutnya burung bisa diperdengarkan suara-suara masteran agar burung bisa menirukan suara burung yang lain. karena burung ini termasuk burung yang cerdas. adapun masteran yang bisa di tirukan burung ini dan bagus adalah suara burung cililin, tengkek buto dan suara lovebird.
  • Perawatan yang terakhir adalah ketika sore hari, silahkan bersihkan sisa makanan. Lalu burung dimasukkan ke dalam rumah, boleh dikerodong boleh juga tidak tergantung kebiasaan.

****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung betet dan tips perawatan yang mesti anda lakukan. Semoga bermanfaat untuk anda semua ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya.

Artikel terkait: Daftar Harga Burung Betet Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *